Meskipun mungkin berlibur di Jawa Barat sudah tampak biasa, tapi bukan berarti menjelajah berbagai destinasi di sini menjadi hal yang pantas untuk dilewatkan loh. Di Jawa Barat sendiri ada banyak destinasi wisata yang seru banget dan yang paling penting adalah destinasi-destinasi tersebut bisa dinikmati dengan budget minim.

Green Canyon, Pantai Pangandaran, atau Pantai Batu Karas adalah sebagian kecil contoh dari objek wisata keren yang terletak di Jawa Barat. Objek-objek wisata tersebut bisa menjadi alternatif menarik ketika kamu ingin berlibur di daerah Jawa Barat. Menariknya lagi untuk menikmati berbagai keindahan Green Canyon, Pantai Pangandaran, dan Pantai Batu Karas kamu gak perlu mengeluarkan budget sampai jutaan rupiah. Cukup dengan uang kurang dari sejuta kamu sudah bisa menjelajah ketiga objek wisata ciamik yang terletak di Jawa Barat itu.

1. Di antara sekian banyak opsi transportasi, pilih alternatif yang termurah.

Cari alternatif kendaraan termurah

Cari alternatif kendaraan termurah via arlindaa.files.wordpress.com

Advertisement

Oh ya Fyi jarak antara Green Canyon, Pantai Pangandaran, dan Pantai Batu Karas ini tidak terlalu jauh. Jadi bagi kamu yang ingin mengunjungi Green Canyon, gak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Pangandaran dan Pantai Batu Karas juga. Ada banyak alternatif transpotasi untuk bisa sampai ke berbagai objek wisata tersebut. Namun dalam artikel kali ini asumsi perjalanan di mulai dari Yogyakarta. Perjalanan ke Green Canyon bisa kamu tempuh menggunakan Bus Budiman tujuan Pangandaran dengan harga tiket Rp.75.000 dalam waktu tempuh sekitar 8-9 jam tergantung dari kondisi jalan. Setiap harinya ada 6 kali jam keberangkatan untuk rute Yogyakarta-Pangandaran dengan jam keberangkatan terpagi pukul 06.00 WIB (Lengkapnya lihat di sini).

Sesampainya di Terminal Pangandaran kamu bisa menggunakan bus umum tujuan Tasikmalaya-Pangandaran-Cijulang dengan perkiraan harga tiket Rp.30.000 baru setelahnya naik ojeg dari terminal Cijulang ke gerbang Green Canyon dengan perkiraan harga Rp.15.000-Rp20.000 tergantung dari kemampuan kamu melakukan nego.

Selain menggunakan kendaraan umum, trip ke Green Canyon juga bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Untuk alternatif yang satu ini kamu baru bisa menekan biaya jika pergi bersama-sama. Misalnya saja untuk perjalanan selama 3 hari ke sana total biaya sewa kendaraan termasuk bensin sebesar Rp.1.500.000. Jika kamu pergi ber-8 misalnya kamu hanya perlu patungan Rp.187.500 per orang. Dana ini bisa ditekan jika seandainya kamu tidak perlu menyewa kendaraan alias meminjam teman yang punya mobil. Gunakan juga kemampuan teman yang bisa menyetir sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membayar supir.

2. Pemandangan menuju Pangandaran itu indah. Saran Hipwee sih, manfaatkan sebaik mungkin dengan melakukan perjalanan di siang hari.

Perjalanan siang hari lebih aman

Perjalanan siang hari lebih aman via azizyhoree.files.wordpress.com

Advertisement

Untuk saran yang satu ini sebenarnya lebih bersifat selera sih. Tapi memang ada baiknya kamu melakukan perjalanan saat siang hari. Alasannya adalah karena pada siang hari kamu bisa menikmati pemandangan yang ada sehingga tidak akan merasa bosan. Selama perjalanan Yogyakarta ke Pangandaran kamu akan disajikan pemandangan hijau persawahan menyejukkan mata yang gak akan bisa kamu nikmati seandainya kamu melakukan perjalanan di malam hari.

Selain itu buat kamu yang menggunakan kendaraan pribadi perjalanan siang relatif lebih aman karena jalanan relatif lebih ramai dan seandainya kamu kesasar pun kemungkinan untuk bertemu orang yang dijadikan tempat bertanya lebih besar.

3. Pintar-pintarlah mencari alternatif penginapan demi menekan biaya.

Hotel murah saat liburan

Hotel murah saat liburan via 4.bp.blogspot.com

Penginapan adalah salah satu sumber pengeluaran terbesar ketika kita sedang berlibur. Makanya itu untuk bisa menekan biaya ini kamu harus pintar-pintar mencari penginapan dengan harga murah atau kalau bisa gratis. Untuk harga penginapan di sekitar Pantai Pangandaran harga dibuka mulai dari Rp.150.000-Rp.200.000 dengan fasilitas standar seperti fan dan kamar mandi dalam. Sementara itu untuk kamar tidur dengan fasilitas AC dan kamar mandi dalam harga berkisar Rp.200.000-Rp.250.000.

Terus gimana caranya kalau danamu benar-benar mepet dan butuh tempat bernaung gratis? Manfaatkanlah jaringan pertemanan atau kenalan jika memungkinkan. Atau bisa juga loh mencari tumpangan melalui fasilitas couchsurfing siapa tahu ada yang bersedia menampung kamu di rumahnya. Nah bagi kamu yang pergi rombongan ada juga kok sejenis guest house dengan rate sekitar Rp.600.000-Rp.700.000 sehingga jika kamu perginya ber-8, kamu cuma perlu patungan Rp.75.000 untuk satu malam menginap.

4. Soal makanan? Tenaaaaang! Ada seafood, makanan nikmat berharga memikat.

Seafood enak di Pangandaran

Seafood enak di Pangandaran via 1.bp.blogspot.com

Berhubung dekat dengan pantai sudah pasti harga seafood di Pangandaran dan sekitarnya lebih murah dong. Jadi bagi kamu yang termasuk golongan turis pengiritan makan seafood adalah makanan murah dengan rasa berkah. Untuk harga cumi-cumi misalnya dibanderol Rp. 50.000/kg; udang dogol isi 35-38 ekor seharga Rp.65.000/kg ; rajungan Rp.50.000/kg; ikan bawal Rp.65.000/kg dan masih banyak lagi pilihan seafood berharga murah lainnya.

Oh ya harga-harga yang disebutkan di atas sudah termasuk ongkos memasak dan berlaku pada saat peak season datang. Jadi kalau kamu berlibur di luar peak season harga yang ditawarkan bisa berada di bawah itu dan untuk memakannya ‘kan kamu bisa patungan karena memang porsinya cukup besar. Nah bagi kamu yang mau lebih irit lagi kamu bisa pesan cah kangkung yang per porsinya dihargai Rp.10.ooo atau nasi goreng seafood dengan harga Rp.15.000. Gimana? Cukup irit ‘kan?

5. Udah tahu cara-cara irit ke Green Canyon, Pangandaran, dan Pantai Batu Karas terus ke sana ngapain aja dong?

Kita sudah ngomongin cara-cara supaya kamu bisa sampai ke berbagai objek wisata di Jawa Barat tersebut dengan budget minim, nah terus sekarang di sana ngapain aja dan apa yang seru? Cek ya daftarnya!

a. Menjajal sepeda tandem dan mengunjungi Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran

Menjajal sepeda tandem bareng teman

Menjajal sepeda tandem bareng teman via ubermoon.blogspot.com

Sebenarnya sih gak ada aturan apa yang harus kamu lakukan di Pangandaran karena asyiknya kamu bisa melakukan apapun di sini. Buat yang yang doyan selancaran bisa, buat yang doyan berenang juga bisa, lari-lari ala bintang India juga gak ada yang ngelarang kok. Tapi biasanya sih mereka yang berkunjung ke Pangandaran menjajal sepedaan tandem. Sepeda tandem adalah sepeda panjang yang bia di gowes bareng-bareng Harga sewa sepeda tandem ini sekitar Rp.25.000-Rp.30.000/jam.

Salah satu koleksi di Taman Wisata Pangandaran

Salah satu koleksi di Taman Wisata Pangandaran via www.mypangandaran.com

Selain sepedaan kamu juga harus nyobain yang namanya Taman Wisata Alam (TWA) yang berada di Pangandaran, Di taman ini kamu bisa melihat berbagai flora seperti laban, kisegel, merong dan sebagainya. Karena keanekaragaman flora di sana taman ini juga menjadi habitat yang menyenangkan bagi beberapa jenis fauna seperti tando, monyet ekor panjang, burung tlungtumpuk, cipeuw, dan berbagai jenis fauna lainnya. Nah untuk bisa menikmati keindahan taman wisata ini penumpang hanya perlu membayar Rp.7000 jika masuk dari pintu darat dan Rp.10.000 jika melalui pintu air.

b. Adu nyali dengan body rafting di Green Canyon

Body rafting di Green Canyon

Body rafting di Green Canyon via hobbyadventure.blogspot.com

Sudah puas sepedaan atau jalan-jalan di Taman Wisata Pangandaran? Jangan lupa kalau kita masih punya beberapa tempat asyik seperti di Green Canyon. Oh ya sebelumnya kalian tahu gak sih Green Canyon itu apa? Kalau belum atau sudah ada yang tahu Hipwee bakal tetap kasih tahu apa sih Green Canyon itu sebenarnya.

Green Canyon adalah semacam aliran sungai yang terletak diapit tebing-tebing tinggi. Kalau bahasa sundanya sih disebut “Cukang Taneuh”. Namun pada tahun 1993 ada turis Perancis yang memberi nama “Green-Canyon” kepada tempat ini. Katanya sih Green Canyon yang terletak di Jawa Barat tersebut mirip sama yang di Amerika loh. Cuma bedanya kalau yang di Amerika di kasih nama Grand Canyon. Keren ya Indonesia?

Untuk bisa sampai ke sini seperti yang sudah dijelaskan di atas, turis yang gak membawa kendaraan pribadi bisa menaiki bus umum dengan tujuan Pangandaran-Cijulang dengan perkiraan harga tiket Rp.30.000 Setelah sampai di Terminal Cijulang silahkan naik ojek sampai ke gerbang Green Canyon.

Oh ya jarak antara Pangandaran dan Green Canyon 35 KM dengan perkiraan waktu tempuh 1-2 jam jika menggunakan kendaraan bermotor. Perkiraan ini bisa jadi lebih cepat dan lambat. Tergantung kamu pakai apa dan dengan kecepatan berapa. Setelah sampai di sana, kamu akan melihat loket pembelian tiket untuk bisa melakukan body rafting. Harga paketnya Rp.200.00/orang dengan fasilitas helm, life jacket, dan juga snack.

Loncat bebas seperti ini juga bisa

Loncat bebas seperti ini juga bisa via www.greencanyonbodyrafting.com

Setelah membayar harga tiket masuk dan pemandu, kamu akan diajak menaiki kapal untuk diantar ke tempat “uji-nyali”. Apa sih maksudnya tempat “uji-nyali” itu? Tempat “uji-nyali” adalah tempat kita melakukan kegiatan utama yakni body rafting. Terus kenapa dinamain uji nyali? Alasannya adalah karena selama kurang lebih 3 jam kamu akan diajak  mengarungi arus sungai yang deras tanpa perahu karet kayak yang biasa kamu lihat melakinkan menggunakan tubuh kamu.

Tapi jangan khawatir meskipun terkesan seram tapi kamu kan pakai life jacket jadi pasti aman. Apalagi selama “uji-nyali” ada juga pemandu yang akan menjaga kamu supaya kamu tetap aman. Nanti kamu juga akan ditawari melompat dari batu stalaktit dengan ketinggian 7 meter. Sifatnya gak memaksa kok sukarela aja. Akan tetapi sayang kan kalau sudah sampai di sana dan gak nyoba sensasi melompat dari puncak tebing?

c. Main banana boat di Pantai Batu Karas, Pantai Kuta-nya Jawa Barat

Main Banana Boat di Pantai Batu Karas juga layak dijajal

Main Banana Boat di Pantai Batu Karas juga layak dijajal via rimbaboyandgirl.wordpress.com

Selain Pantai Pangandaran objek wisata yang harus kamu datangi kalau sudah sampai di sekitar Green Canyon adalah Pantai Batu Karas. Pantai ini gak kalah istimewa dengan pantai-pantai di Bali. Malah bisa dibilang pantai ini adalah Kuta-nya Jawa Barat. Deburan ombak yang lumayan tinggi di Batu Karas dimanfaatkan oleh banyak peselancar dunia untuk berlatih. Bahkan setiap tahunnya ada event surfing tingkat internasional di sini.

Makanya jangan heran kalau kamu melihat banyak bule pada nongkrong di daerah ini. Selain surfing hal lainnya yang bisa lakukan saat mengunjungi Batu Karas adalah main banana boat. Kalau kamu tertarik untuk masuk bermain di sini biayanya juga gak mahal-mahal banget kok yakni Rp.35.000-Rp 45.000/permainan, plus tiket masuk ke area Batu Karas yang hanya sekitar Rp.3.000.

Bagi kamu yang masih bingung menyusun itinerary untuk berpetualang ke Pangandaran, Green Canyon, dan Batu Karas berikut ini Hipwee kasih bocoran contoh itenirary dan rincian biaya yang bisa kamu contoh:

Hari   1                          

09.00 WIB-17.00 WIB

Perjalanan dari   Yogyakarta melalui terminal   Giwangan. Dari rumah/kost kamu bisa pakai Trans Yogyakarta, naik motor, atau minta antar teman kamu. Oh ya harga tiket bus sudah termasuk makan siang juga ya

17.00 WIB-17.15 WIB

Sampai di Terminal Pangandaran. Untuk mencari htel kamu bisa memanfaatkan kendaraan umum seperti ojeg atau becak. Namun kalau mau gak keluar uang ya jalan kaki aja.

17.15 WIB-18.00 WIB

Check in di hotel, taro tas, mandi, atau istirahat boleh  apa aja.

19.30 WIB-21.00 WIB

Makan malam sambil menikmati suasana Pantai Pangandaran pada malam hari.

21.00 WIB-

Tidur

 Hari 2      

04.30 WIB- 05.30  WIB

Bangun, menikmati sunrise di Pantai Pangandaran

05.30WIB-06.00 WIB

Balik ke hotel, cari sarapan kalau memang mau sarapan di luar. Tapi umumnya hotel menyediakan sih.

06.00WIB- 08.00 WIB

Main-main sepeda tandem, masuk Taman Wisata Alam.

09.00WIB- 11.00 WIB

Cabut dari hotel segera menuju ke Green Canyon naik bus dari Terminal Pangandaran ke Cijulang.

 11.00WIB- 11.15 WIB

Perjalanan dari Terminal Cijulang – Gerbang Green Canyon.

11.15WIB- 11.45 WIB

Makan siang

12.00WIB- 15.00 WIB

Body rafting di Green Canyon

15.00WIB- 15.15 WIB

Naik ojek ke Batu Karas

15.15 WIB-15.30 WIB

Hotel di sekitar Batu Karas

15.30 WIB-18.00 WIB

Mencoba banana boat (optional), main di pantai                                                                                                          \

18.30 WIB- 19.00 WIB

Pulang + mandi

19.00WIB-   21.00 WIB

Makan malam + menikmati suasana malam di Batu Karas

21.00-

Tidur

Hari 3

07.00WIB- 09.00 WIB

Bangun pagi, sarapan, siap-siap kembali ke Yogyakarta

09.00WIB- 10.00 WIB

Perjalanan dari Batu Karas ke Terminal Cijulang (25rb)

10.00WIB- 12.00 WIB

Dari Cijulang ke  terminal Pangandaran

12.00WIB- 14.30 WIB

Makan siang sambil menunggu bus ke Yogyakarta

 15.00 WIB

Bus kembali ke Yogyakarta

Estimasi Biaya

Hari 1

Tiket bus Yogyakarta-Pangandaran Rp.75.000

Becak/ojek Rp.10.000

Hotel di Pangandaran Rp.150.000: 2 orang = Rp.75.000

Makan malam Rp.30.000

Total: Rp.190.000

Hari 2

Sepeda tandem + tiket masuk TWA Rp.40.000

Terminal Pangandaran-Cijulang Rp.35.000

Terminal Cijulang-Green Canyon Rp.20.000

Makan siang Rp.30.000

Body rafting Rp.200.000

Green canyon-Batu Karas Rp.20.000

Hotel di Batu Karas Rp.300.000: 2 orang = Rp.150.000

Makan malam Rp.30.000

Total: Rp.525.000

Hari 3

Cijulang kembali ke Pangandaran Rp.35.000

Makan siang                                        Rp.30.000

Bus ke Yogyakarta                              Rp.75.000

Total                                                      Rp.140.000

TOTAL KESELURUHAN PENGELUARAN Rp.855.000

  • Tarif di atas bisa jadi lebih mahal dan juga lebih murah. Tergantung bagaimana kamu menyiasatinya. Misalnya saja jika memilih hotel dengan fasilitas minim, tentu pengeluaran bisa ditekan.
  • Harga yang dicantumkan adalah harga asumsi yang berlaku saat weekdays, bukan weekend. Pada saat akhir pekan diperkirakan harga bisa naik sampai dengan 50%.

Destinasi sudah ada, rincian perkiraan dana juga udah di tangan, sekarang tinggal nabung dan menyiapkan waktu untuk berpetualang menjelajah keindahan alam Jawa Barat. Selamat jalan-jalan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya