Mau Liburan ke Bandung? Coba deh Rute Jalan Kaki Ini, Jelajah Museum sampai Ngopi di Kafe Legendaris

Jalan kaki Bandung

Bandung punya segudang destinasi wisata dalam kota. Bahkan kebanyakan kamu nggak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk datang ke tempat-tempat Instagrammable yang ada di kota kembang. Nah spesialnya lagi, tempat-tempat wisata di dalam kota Bandung sebenarnya ada yang bisa diakses dengan berjalan kaki loh! Belum lagi pohon-pohon yang masih banyak bertebaran di dalam kota dan cuaca Bandung yang terkenal adem — cocok banget sih kalau keliling-keliling jalan kaki. 

Advertisement

Buat kamu yang pengen berwisata seharian di kota Bandung dengan jalan kaki, ini nih rekomendasi rute yang bisa kamu ikuti!

1. Dimulai dari Stasiun Bandung, kamu bisa jalan sejauh 1 km ke arah selatan menuju ke Balai Kota Bandung. Ada berbagai taman kota yang penuh spot Instagrammable 

Menikmati kesejukan kota Bandung, bisa foto-foto di taman-taman unik juga via www.instagram.com

Untuk para wisatawan luar kota yang kebanyakan sampai di Kota Bandung via stasiun, rute ini cocok banget buat kamu! Kita bakal mulai rute jalan kaki dari Stasiun Bandung. Dari stasiun, kamu cukup menyusuri jalan ke arah selatan sejauh 1 kilometer. Dengan berjalan kaki 13 menit saja,  kamu sudah sampai di Balai Kota Bandung.

Di Balai Kota Bandung, kamu bisa ngadem di sebuah pohon besar dan berfoto-foto di taman sekitar kawasan ini. Banyak pilihan taman yang dapat kamu datangi, dari mulai taman sejarah, taman labirin dan taman vanda. Yup ketiga tempat ini penuh spot Instagrammable dan menunjukan kalau kamu sedang berada di Kota Kembang.

Advertisement

2. Dari Balai Kota Bandung, kamu hanya butuh 6 menit untuk sampai ke destinasi selanjutnya. Berjalan lurus saja ke sekitar 500 meter ke arah Jalan Merdeka, sampai deh di kawasan legendaris Jalan Braga

Jalan Braga merupakan jalan legendaris di kota Bandung via www.instagram.com

Setelah cukup berfoto-foto ria di balai kota dan taman sekitarnya, kamu cukup berjalan 6 menit saja untuk sampai ke destinasi selanjutnya. Kamu hanya perlu berjalan lurus sekitar 500 meter ke arah Jalan Merdeka. Setelah itu belok kanan, memotong jalan ke arah Braga. Di sini, kamu bisa menikmati makanan khas Bandung untuk sarapan. Kamu juga bisa berfoto-foto ria karena tempat ini punya kesan vintage yang tentunya sangat Instagrammable. 

3. Setelah sarapan di Jalan Braga, kamu cuma perlu berjalan menyusuri jalan Braga selama 5 menit untuk sampai di Jalan Asia Afrika. Jalan bersejarah ini penuh bangunan peninggalan Belanda dan museum

Jalan Asia Afrika yang bersejarah via www.instagram.com

Dari Jalan Braga kamu cukup menyusuri jalan lurus selama 5 menit menuju pusat kota Bandung, Jalan Asia-Afrika. Sepanjang jalan bersejarah ini, kamu akan melihat bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik. Kamu juga bisa masuk ke Museum Asia Afrika secara gratis!! Di museum ini, kamu bisa mempelajari lebih jauh tentang Konferensi Asia Afrika yang membuat nama kota Bandung mendunia tahun 1955 dulu. Jalan ini pun akhirnya dinamai dengan nama Jalan Asia Afrika…

4.  Puas belajar sejarah di sepanjang jalan Asia-Afrika, kamu mesti berjalan ke arah timur sejauh 450 meter agar sampai di alun alun kota Bandung. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Alkateri dan makan siang di Warung Kopi Purnama

Advertisement

Alun-Alun kota Bandung dan kopi Purnama yang legendaris via www.instagram.com

Jika sudah puas berlama-lama di Jalan Asia-Afrika, jalan sekitar 450 meter ke arah timur untuk sampai di alun-alun kota Bandung. Kamu bisa beribadah dahulu di Masjid Raya Bandung atau  berfoto-foto ria di halaman masjid yang terbuat dari rumput sintetis.

Setelah dari alun-alun, kamu bisa makan siang dan menikmati kopi dan roti srikaya yang legendaris di kedai kopi legendaris bernama Purnama yang terletak di Jalan Alkateri. Selain makan dan ngopi,  kamu juga bisa beli jajanan khas Bandung seperti bandros, lumpia dan batagor.

5. Jika tenaga sudah pulih, kamu bisa berjalan sekitar 40 menit menuju Jalan Dago. Nah nggak jauh dari sana, kamu bisa menemukan Gedung Sate yang terkenal~

Nikmati Jalan dago dan foto-foto ceria di Gedung Sate via www.instagram.com

Sudah menikmati kopi soremu di Purnama? Kalau masih kuat jalan, kamu bisa berjalan 3 kilometer arah utara atau sekitar 40 menit untuk sampai di Jalan Dago. Kamu akan lebih merasakan sejuknya kota Bandung dengan pemandangan khas di jalan ini. Setelah itu, kamu  bisa berjalan selama 10 menit ke arah Jalan Diponogoro. Di sana terletak Gedung Sate yang jadi icon kota ini. Katanya, nggak afdol kalau ke Bandung nggak foto-foto di Gedung Sate~

Nah itu dia rute yang bisa kamu tuju jika berjalan-jalan di kota Bandung. Selain hemat ongkos, kamu bakal tahu detail-detail yang ada dalam kota jika kamu berjalan kaki. Nggak perlu takut kok, Bandung itu cukup ramah untuk pejalan kaki, lagian cuacanya juga jelas nggak sepanas Jakarta atau kota-kota besar lain di Indonesia. Hehe~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE