Pembukaan jalan tol Cipularang yang pada tahun 2005 disambut gembira para pengguna jalan, terutama bagi mereka yang sering mondar-mandir Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Selain mempersingkat waktu tempuh Bandung-Jakarta, jalan tol Cipularang juga jadi favorit banyak orang karena menyajikan pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan.

Di samping pemandangan yang indah, para pengguna jalan juga mengenal jalan tol Cipularang sebagai salah satu jalan paling angker di Indonesia. Ada banyak kisah mistis yang terjadi jalan tol tersebut. Nggak sedikit juga yang berujung maut. Nah, kali ini Hipwee Travel mengajakmu untuk menyelami sedikit kisah mistis yang sering dialami pengguna jalan tol Cipularang.

Kisah mistis di tol Cipularang bermacam-macam. Mulai dari mobil gaib di malam hari sampai radio yang tiba-tiba nyala sendiri.

Gimana rasanya lagi nyupir digangguin setan?

Gimana rasanya lagi nyupir digangguin setan? via id.walls321.com

Advertisement

Pengguna jalan tol Cipularang punya pengalaman mistis yang berbeda-beda. Salah satu yang paling fenomenal adalah kehadiran mobil gaib. Mobil itu sering mengganggu pengguna jalan dengan cara mengedipkan lampu dim berulang-ulang di malam hari. Tapi beberapa saat setelahnya, mobil itu menghilang tanpa jejak.

Ada lagi kisah mistis yang nggak kalah serem. Dalam keadaan sunyi senyap, tiba-tiba radio dalam sebuah mobil nyala sendiri. Setelah coba dimatikan, radio itu nyala lagi. Dan yang bikin tambah merinding, lagu yang berputar di radio itu adalah lagu sunda bernada horor. Mungkin kaya lagu Lingsir Wengi gitu kali ya.

KM 97 dikenal sebagai jalur tengkorak. Banyak pengguna jalan sering merasa ngantuk mendadak dan hilang kesadaran.

Inilah KM 97 yang fenomenal itu

Inilah KM 97 yang fenomenal itu via www.liputan6.com

Para pengguna setia tol Cipularang pasti paham banget kalau KM 97 adalah titik paling bahaya. Nggak heran kalau spot itu sering disebut sebagai jalur tengkorak. Kalau dari arah Jakarta, kontur jalan di KM 97 berupa turunan dan tikungan yang menukik tajam. Kalau dari arah Bandung, trek akan menanjak.

Advertisement

Banyak pengguna jalan mengalami fenomena aneh di titik itu. Kebanyakan dari mereka merasa tiba-tiba ngantuk sampai hilang kesadaran. Rasa ngantuk mendadak itu biasa mereka rasakan saat masuk di KM 90. Anehnya, setelah melewati KM 100 rasa ngantuk itu hilang. Mereka juga merasa segar-bugar.

Kisah mistis di tol Cipularang sering berujung tragis. Kecelakaan fatal menyebabkan korban luka-luka bahkan sampai meninggal dunia.

Cipularang sering memakan korban

Cipularang sering memakan korban via news.okezone.com

Percaya nggak percaya, fenomena mistis yang terjadi di tol Cipularang sering berujung tragis. Pengguna jalan yang meleng, entah itu karena memang mereka lalai atau karena pengaruh gaib, sering mengalami kecelakaan. Korbannya bukan cuma mengalami luka-luka, banyak juga yang sampai meninggal dunia.

Salah satu kecelakaan paling fenomenal di jalur tengkorak tol Cipularang pernah dialami pedangdut Saiful Jamil. Mobil Bang Ipul nabrak dinding pembatas jalan, lalu terbalik. Kecelakaan itu menyisakan duka mendalam buat Bang Ipul karena menyebabkan istrinya Virginia Anggraini meninggal dunia tahun 2011.

Masyarakat lokal meyakini, fenomena mistis yang sering berujung tragis di tol Cipularang berawal dari kehidupan gaib di Gunung Hejo.

Inilah Gunung Hejo yang mistis itu

Inilah Gunung Hejo yang mistis itu via ahsanfile.com

Warga lokal sering menghubung-hubungkan kisah mistis yang terjadi di tol Cipularang dengan kehidupan gaib di Gunung Hejo. Gunung yang berada di Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta itu dikenal sebagai tempat patilasan dan daerah ritual pemujaan sejak jaman kekuasaan Prabu Siliwangi.

Menurut cerita warga lokal, dulu Gunung Hejo sempat ingin dihancurkan untuk memperpendek jalan tol. Tapi usaha itu nggak berhasil, akibatnya jalan tol dibelokkan sedikit dan dibuat melingkari Gunung Hejo. Saat masih dalam tahap pembangunan, para pekerja jalan tol juga sering mengalami kesurupan.

Terlepas dari fenomena gaib, para ahli tata ruang punya alasan yang logis buat menjelaskan kecelakaan-kecelakaan di tol Cipularang.

Yang penting hati-hati kalau lewat Cipularang

Yang penting hati-hati kalau lewat Cipularang via www.nindyakarya.co.id

Terlepas dari fenomena mistis yang diyakini banyak orang, para ahli tata ruang punya alasan logis tentang kecelakaan-kecelakaan di jalan tol Cipularang. Menurut mereka, kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan pembuatan kontur jalan. Kontur jalan yang menukik dan menikung tajam membuat mobil hilang keseimbangan.

Selain turunan dan tikungan yang tajam, tiupan angin yang berembus di titik terendah di KM 97 juga membuat mobil semakin sulit dikendalikan. Lalu kenapa kecelakaan itu seringnya terjadi di KM 97? Menurut mereka, KM 97 adalah adalah titik jenuh bagi para pengguna jalan baik yang datang dari Bandung maupun dari Jakarta.

Artikel ini bukan bermaksud untuk menakut-nakuti ya, teman-teman. Kamu boleh percaya, boleh juga nggak percaya sama kisah-kisah mistis di tol Cipularang. Yang terpenting adalah kamu harus lebih fokus dan waspada saat berkendara. Nggak cuma di Cipularang aja, tapi juga di semua jalan raya.

Supaya terhindar dari hal-hal berbahaya, ada baiknya kita selalu berdoa sebelum bepergian, memohon perlindungan dari Yang Maha Kuasa. Satu hal lagi, kemudikan kendaraanmu sewajarnya. Nggak perlu ngebut-ngebut, yang terpenting selamat sampai tujuan. Selamat berkendara!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya