Salah satu “undang-undang” dalam kitab suci para traveler ber-budget mini adalah mencari tiket vakansi dengan harga miring. Alasannya, dengan tiket murah para petualang sudah bisa memangkas biaya traveling yang dibutuhkan.

Gak heran kalau berbagai hal dilakukan demi berburu tiket murah yang diinginkan. Mulai dari bergadang semalaman saat waktu sale ticket datang, meminjam credit card teman agar tiket murah bisa terbayar, bahkan sampai rela menunggu setahun (karena waktu terbang biasanya ditentukan) pun akan dilakukan supaya bisa mengantungi tiket murah.

Advertisement

Padahal di balik tiket murah, ada biaya-biaya tambahan yang bisa jadi membuat kemurahan tiket itu menghilang:

1. Karena budget airlines tidak menyediakan fasilitas bagasi bagi penumpangnya, jangan lupa mengkalkulasikan harga tiket keseluruhan dengan beban bagasi yang harus dibayar

bagasi bayar lagi

bagasi bayar lagi via cicakkreatip.com

Salah satu kelemahan dari pesawat dengan harga tiket murah adalah belum tersedianya fasilitas bagasi untuk para penumpang. Biasanya penumpang yang memang memerlukan bagasi harus membayar sejumlah uang lagi demi mendapatkan fasilitas tersebut. Padahal untuk sebagian penumpang ketersediaan bagasi adalah hal yang esensial.

Untuk itu sebelum memutuskan membeli tiket budget airlines, kalkulasikan harganya dulu dengan bagasi yang akan kamu bawa. Setelahnya coba bandingkan dengan harga tiket pesawat premium yang harganya sudah termasuk bagasi. Jangan-jangan akhirnya sama saja atau malah jadi bisa lebih murah.

2. Biasanya low budget airlines tidak menyediakan makanan bagi penumpang. Maka dari itu pastikan kamu menghitung harga makanan yang harus dibayar jika memang merasa memerlukan

hitung harga makanan

hitung harga makanan via dipoetri.wordpress.com

Advertisement

Untuk menekan biaya operasional, biasanya pesawat low budget akan mengurangi fasilitas bagi penumpang misalnya saja dengan tidak menyediakan makanan saat penerbangan. Mungkin untuk kamu yang sedang melakukan penerbangan jangka pendek, gak makan di pesawat pun gak begitu masalah. Tapi gimana coba kalau ternyata penerbanganmu adalah penerbangan panjang?

Pilihannya ya antara kamu tahan lapar sampai ke tujuan atau beli makanan di pesawat yang harganya suka bikin jantungan. Karena itu sebelum menyabet tiket murah, pastikan dulu apakah nantinya kamu memerlukan makanan di atas. Jika perlu, hitung juga harga makanan ditambah tiket apakah tetap lebih murah jika dibandingkan dengan pesawat biasa.

3. Fasilitas seperti selimut dan bantal pun mengharuskan penumpang menambah sejumlah uang

fasilitas tambahan juga bayar (lagi)

fasilitas tambahan juga bayar (lagi) via www.huffingtonpost.com

Tidak cuma bagasi dan makanan saja yang memerlukan dana tambahan. Untuk fasilitas seperti selimut dan bantal juga biasanya penumpang low budget airlines akan diminta menambah sejumlah uang. Memang sih jumlahnya tidaklah terlalu besar, tapi kan sebenarnya lumayan juga kalau uang yang dikeluarkan kamu alokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Harga tiket budget airlines yang murah memang seringkali membuat kita para traveler budget rendah tergoda. Namun apabila dihitung dan bandingkan kadang-kadang harga yang ditawarkan gak murah-murah banget pula. Apalagi jika ditambah dengan dana tambahan ini dan itu yang membuat harga akhirnya jadi besar.

4. Perhitungkan pula resiko keterlambatan pesawat yang biasanya menimpa low budget airlines

lebih besar kemungkinan delayed

lebih besar kemungkinan delayed via skift.com

Siapa sih di antara kamu yang gak kesal kalau harus mengalami delayed pesawat? Ya, setiap orang pasti akan merasa kesal kalau harus merasakan yang namanya keterlambatan penerbangan. Mulai dari jadwal penerbangan, BT-nya menunggu di bandara asal, sampai yang paling parah kalau ternyata harus ketinggalan pesawat buat para penumpang connecting flight.

Nah sedihnya keterlambatan seperti ini paling sering dialami oleh mereka yang menggunakan jasa budget airlines. Belum ada memang penjelasan kenapa maskapai penerbangan murah lebih sering  mengalami yang namanya keterlambatan. Namun menurut Hipwee kalau memang kamu takut sama resiko ini, pikirkan dulu deh niat membeli tiket low budget airlines.

5. Kalau penumpang ingin memilih kursi sesuai dengan keinginan, masih ada biaya tambahan yang juga harus dibayar

Bagi penumpang setia low budget airlines pasti tahu deh kalau dalam penentuan tempat duduk penumpangnya pihak maskapai akan menggunakan sistem yang telah ditetapkan. Artinya, jika penumpang tidak memilih kursi yang diinginkan, pihak maskapai berhak menempatkanmu di mana saja. Kamu tentu tetap bisa memilih kursi impian dengan konsekuensi membayar lagi.

Harga untuk setiap kursi pilihan penumpang dihargai berbeda. Semakin enak posisinya tentu akan semakin mahal pula harga ditawarkan. Kebanyakan penumpang low budget airlines mengakali hal ini dengan tidak membeli kursi sesuai keinginan mereka.

6. Denda penggantian rute atau jadwal yang akan dilakukan oleh penumpang, memerlukan biaya besar

denda ganti rute/jadwal

denda ganti rute/jadwal via regentreleasing.com

Rahasia yang meski kamu ketahui lagi sebelum akhirnya membeli tiket murah adalah bahwa apabila nantinya ada perubahan jadwal atau rute penerbangan yang diinginkan, maka harga dendanya akan sangat mahal. Biasanya perhitungan harga tiket akan seperti ini:

Denda penggantian rute/jadwal + harga tiket terbaru

Alhasil harga akhir yang kamu bayar bisa jauh lebih mahal daripada harga tiket awal yang ditawarkan.

7. Sebagian maskapai mewajibkan web check in bagi penumpangnya. Jika kamu tidak melakukan siap-siaplah membayar denda di counter check in nanti

check in bayar

check in bayar via regentreleasing.com

Beberapa maskapai biasanya mewajibkan penumpangnya untuk melakukan web check in. Nah bagi penumpang yang lupa atau terlambat datang sehingga harus melakukan check in di counter akan ada dana tambahan yang dibebankan pada penumpang

Karena itu jika memang kamu memutuskan memakai budget airlines pastikan untuk mengecek apakah maskapai tersebut mewajibkan web check in atau tidak. Karena kalau pada akhirnya kamu harus membayar lagi biaya check in kan gak enak.

8. Waktu keberangkatan tiket murah biasanya cukup lama: Kalau kamu akhirnya gak jadi pergi karena beli tiket murah, justru berakhir rugi

batal pergi

batal pergi via www.huffingtonpost.com

Ketika kamu membeli tiket murah, jadwal keberangkatan akan ditentukan oleh pihak maskapai, Jadi ada kemungkinan kamu beli tahun ini baru akan berangkat di tahun berikutnya. Gak apa-apasih sebenarnya menunggu waktu keberangkatan yang lama. Kamu bisa sambil mengumpulkan uang untuk bekal di sana.

Tapi di balik kesempatan mengumpulkan uang, resiko lainnya yang mesti di waspadai adalah kamu gak jadi berangkat karena suatu hal. Mulai dari sakit, hamil besar, atau mungkin gak dapat libur kuliah atau kantor. Tiket murahmu itu pun jadi mubazir.

Itu tadi beberapa biaya tak terduga yang sebetulnya ada di balik tiket murah. Hal terpenting menurut Hipwee adalah perhitungkan baik-baik keputusan membeli tiket dengan harga miring. Jangan sampai karena tergoda kemurahan di awal, kamu jadi rugi ke depannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya