Nama Jonggol sering diluapakan karena jaraknya yang jauh dari pusat kota. Tapi siapa sangka, kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor itu menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Setidaknya, ada 10 spot keren di daerah Jonggol dan sekitarnya yang pas untuk dijadikan tujuan piknikmu di akhir pekan. Apa aja sih? Hipwee Travel kali ini mau ajak kamu keliling Jonggol dan daerah sekitarnya yang menarik ya. Yuk disimak.

1. Buat yang suka tantangan, mampirlah ke Gunung Batu. Pacu adrenalinmu dengan mendaki gunung setinggi 875 mdpl ini. Viewnya begitu mempesona

Keren kan pemandangannya

Keren kan pemandangannya! via i1os.com

Gunung Batu terletak wilayah Desa Sukaharja, Sukamakmur. Gunung ini relatif mudah didaki karena ketinggiannya hanya 875 mdpl. Untuk melihat keindahan pemandangan di puncaknya, usahakan datang pada musim kemarau. Jangan lupa bawa air minum karena banyak trek yang menanjak dan melelahkan.

2. Buat yang cuma kepingin main-main air, Curug Cipamingkis adalah tempatnya. Arusnya nggak terlalu deras. Di sana juga ada tempat kemping yang asik.

Asik nih buat main-main air

Asik nih buat main-main air via www.isikulkas.com

Advertisement

Curug Cipamingkis berada di bagian utara Desa Wargajaya, Sukamakmur. Ketinggian air terjun ini hanya sekitar 15 meter, cocok buat kamu yang ingin bersantai sambil bermain-main air. Spot wisata yang satu ini juga dilengkapi dengan area kemping yang cukup luas dan dikelilingi hutan pinus.

3. Curug Ciherang selalu ramai diserbu pengunjung setiap hari libur. Kalau mau mampir, jangan datang terlalu siang ya biar nggak semrawut.

Jangan dateng kesiangan ya!

Jangan dateng kesiangan ya! via artonortega74.blogspot.co.id

Di antara air terjun lain di wilayah Jonggol, Curug Ciherang adalah spot wisata yang paling ramai. Air terjun ini hanya berjarak 1 km sebelah barat Curug Cipamingkis. Kalau berencana mampir, jangan datang kesiangan ya, sebelum diserbu pengunjung lainnya.

4. Kalau mau ngeliat rusa dari dekat, datanglah ke Penangkaran Rusa Cariu. Bukan cuma bisa ngeliat, kamu juga bisa ngasih mereka makan dan foto-foto bareng lho!

Jangan takut, mereka jinak kok!

Jangan takut, mereka jinak kok! via dailyvoyagers.com

Penangkaran Rusa Cariu berada di Desa Buanajaya, Tanjungsari. Spot wisata ini sangat mudah dijangkau karena letaknya berada tepat di pinggir jalan raya Jonggol-Cianjur. Datanglah pada jam makan para rusa, sekitar jam 07.00-10.00 atau 15.00-17.00, supaya kamu bisa berinteraksi langsung dengan mereka.

5. Yang satu ini bukan kuburan biasa. Heaven Memorial Park punya desain bangunan yang cantik, pemandangan keren, dan yang pasti anti horor.

Nggak serem kan?

Cakep dan nggak serem kan? via rumahdijual.com

Advertisement

Heaven Memorial Park berada Desa Buana Jaya, Tanjungsari. Beda dari pemakaman pada umumnya, pemakaman yang satu ini punya pemandangan yang keren. Selain ada banyak bangunan makam yang artistik, kamu juga bisa melihat pemandangan alam yang cantik.

6. Situ Rawa Gede lokasinya sekitar 1 km dari Curug Ciherang. Danau yang dikelilingi perbukitan ini cocok buat kamu yang cari suasana hening buat merenung.

Bisa keliling danau naik perahu

Bisa keliling danau naik perahu di Situ Rawa Gede via www.kompasiana.com

Letak Situ Rawa Gede cuma 1 km arah utara Curug Ciherang. Danau cocok buat kamu yang mencari suasana hening untuk menyendiri. Satu hal lagi, danau yang satu ini cuma bisa diakses dengan sepeda motor karena jalan menuju ke sana terlalu sempit dan rusak.

7. Di sekitar Jonggol juga air terjun Curug Country. Bentuknya mirip air terjun niagara di Amerika. Cocok banget buat jadi latar belakang foto Instagram kamu.

Pas buat jadi background foto

Pas buat jadi background fotomu via lukissandigital.blogspot.co.id

Air terjun yang keren ini berada di Desa Tanjung Rasa, Tanjungsari. Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun yang satu ini justru baik dikunjungi saat musim hujan. Debit air di curug ini sangat kecil saat musim kemarau, sehingga keindahan air terjun ini nggak akan terlihat.

8. Nggak jauh dari Curug Cipamingkis, kamu akan menemukan Curug Arca. Tempatnya masih sepi, pas buat kamu yang kepingin menyendiri.

Curug Arca

Terkadang menyendiri lebih asik via www.instagram.com

Curug Arca berada 1 km di sebelah timur Curug Cipamingkis. Air terjun ini bisa dengan mudah ditemukan karena letaknya nggak jauh dari jalur alternatif Jonggol-Cipanas. Cukup treking sedikit, kamu sudah bisa menikmati keindhan air terjun yang satu ini.

9. Kalau udah ke Situ Rawa Gede jangan lupa mampir ke Curug Cibeureum. Kamu bisa berendam di bawah pancuran air terjun setinggi 30 meter itu.

Air terjun yang ini masih sepi guys

Air terjun yang ini masih sepi guys via www.instagram.com

Kalau sudah ke Situ Rawa Gede, jangan lupa mampir ke Curug Cibeureum, karena letaknya hanya beberapa ratus meter dari danau. Keunikan air terjun ini adalah, tempatnya cukup sepi karena belum banyak yang tau. Jadi, kamu serasa berenang di kolam milik sendiri.

10. Di bagian selatan Jonggol juga ada Hutan Pinus Cipamingkis yang bernuansa mistis. Pemandangannya mirip kayak hutan-hutan di film Twilight.

Kalau pas musim panas pasti lebih keren!

Kalau pas musim panas pasti lebih keren! via www.instagram.com

Hutan Pinus Cipamingkis terletak di jalan alternatif Jonggol-Cipanas, tepatnya di antara Curug Ciherang dan Curug Cipamingkis. Kalau datang pagi-pagi, hutan ini masih tertutup kabut. Tempat ini paling cocok untuk bersantai sambil mengunyah jagung bakar plus teh hangat.

Gimana, udah dapet cukup referensi tambahan? Buruan siapkan rencana perjalananmu bareng teman-teman atau keluarga. Satu hal yang harus diperhatikan, kamu akan menemukan jalanan menanjak dan berkelok menuju spot-spot itu. Jadi ada baiknya cek dulu kondisi kendaraanmu sebelum berangkat. Selamat liburan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya