Traveling adalah aktivitas yang menyenangkan. Selain bisa merilekskan pikiran, kamu bisa menjelajah tempat-tempat baru dengan beragam kesenangan yang ditawarkan destinasi wisata pilihanmu. Namun, tahukah kamu bahwa dibalik kesenangan itu ada berbagai manfaat yang juga bisa kamu dapat?

Berlibur dan bepergian jauh memungkinkanmu menemukan wawasan dan pengetahuan baru. Selain itu, kamu bisa melatih keseimbangan emosi dan belajar mengendalikan diri dalam berbagai situasi. Nggak percaya jika traveling bisa memberimu banyak kebaikan? Simak dulu artikel berikut ini!

Hobi traveling menjadikanmu pribadi yang terbuka. Kamu akan terlatih melihat masalah dari berbagai sisi yang berbeda

Melihat dari sisi yang lain

Melihat dari sisi yang lain via www.tumblr.com

Advertisement

Kamu mungkin tak menyadarinya, tapi kesukaanmu pergi traveling ternyata membawa banyak kebaikan. Salah satunya, kamu akan belajar menjadi pribadi yang lebih terbuka.

Saat akan memilih transportasi yang digunakan misalnya, kamu tidak akan terpatok pada satu jenis alat tranportasi saja. Kamu justru akan menyesuaikan bujet yang dimiliki sebelum memutuskan. Bus antar kota, kereta api, pesawat terbang, mobil pribadi: masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sebelum memutuskan, kamu pun akan memikirkannya masak-masak.

Kamu yang suka traveling pasti lebih menyukai kebebasan. Bagimu, hidup harus dijalani dengan santai dan tanpa tekanan

Orang-orang yang suka traveling umumnya menyukai kebebasan. Mereka tak betah berlama-lama menjalani rutinitas atau sekadar duduk bekerja di belakang meja. Mereka akan gatal jika tak menjejak tempat-tempat baru dan menjajal hal-hal baru.

Advertisement

Baiknya, sifat semacam ini membuatmu tak mudah stres ketika menghadapi masalah. Meski sedang disibukkan dengan pekerjaan kantor hingga masalah di rumah, kamu bisa tetap santai dan menyelesaikan masalahmu satu-persatu.

Dia yang doyan traveling tak gentar menerima tantangan. Dia memilih keluar dari zona nyaman demi bisa membuat pencapaian

Para traveler adalah orang-orang yang anti berdiam di zona nyaman. Mereka biasanya cepat bosan jika melakukan hal yang itu-itu saja. Mereka lebih suka mencoba hal baru yang menurutnya lebih menantang.

Hal ini tentu akan baik jika bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pekerjaan misalnya, keberanian mencoba hal baru membuatmu fleksibel menjajal berbagai profesi. Kamu pun tak ragu-ragu jika diminta mengerjakan banyak tugas sekaligus dari atasanmu. Hasilnya, prestasi kerjamu tentu akan lebih baik dari teman-temanmu lainnya.

Traveling menempamu jadi pribadi yang tak kaku. Setiap perjalanan akan mempertemukanmu dengan orang-orang baru

Bertemu orang baru

Bertemu orang baru via pixshark.com

Ketika kamu bepergian, mau nggak mau kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Bukankah menarik jika kamu berusaha untuk mengenal mereka dan mengerti perbedaan kehidupan kalian. Semakin kamu bertemu dengan orang banyak, maka kamu akan semakin mampu untuk bersikap terbuka dan menerima bahwa tidak setiap orang itu punya karakter atau kepribadian yang sama. Bahkan, semakin sering traveling maka semakin banyak pula teman-teman baru yang akan kamu dapatkan.

Kesukaan pada dunia traveling menjadikan kreativitasmu terus teruji. Kamu tak akan mudah panik ketika menghadapi masalah yang tak diprediksi

Sering travelling bikin kamu makin kreatif

Sering travelling bikin kamu makin kreatif via www.mindmapinspirations.com

Mungkin kamu berpikir bahwa traveling dan kreatifitas tidak saling berhubungan, namun kenyataannya tidak begitu lho. Justru keduanya saling berhubungan.

Traveling akan mengasah kemampuan berpikir dan kreativitasmu. Misalnya saja saat mendadak ketinggalan kereta atau dompetmu hilang dalam perjalanan. Mau tidak mau kamu akan berusaha memutar otak demi menemukan solusi untuk masalahmu. Dan jika kemampuan ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sudah pasti banyak keuntungan yang bisa kamu dapati.

Terbiasa menemui hambatan di perjalanan, kamu justru akan bertumbuh jadi pribadi yang tenang dan penuh perhitungan

Huh, KZL

Huh, KZL via www.tumblr.com

Meski sudah direncanakan dengan presisi, apa yang terjadi sepanjang perjalanan liburan seringkali tak sesuai dengan harapanmu. Mobilmu bisa tiba-tiba mogok, jam keberangkatan pesawat mendadak diundur, hingga destinasi wisata yang kamu kunjungi ternyata tak sesuai ekspektasi.

Walaupun banyak hambatan dalam perjalanan, justru hal-hal itulah yang membuatmu belajar jadi pribadi yang lebih tenang. Toh marah atau panik tidak akan menyelesaikan masalah. Dan membayangkan kemungkinan-kemungkinan ini membuatmu lebih matang melakukan persiapan sebelum perjalanan.

Nah, gimana? Bukankah banyak hal baik yang bisa kamu dapat dari sebuah perjalanan?

Waktu tak bisa diulang dan kesempatan tak akan selalu datang. Bukankah lebih baik jika kamu segera melakukan perjalanan ketika ada kesempatan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya