Travelling kini sudah jadi bagian dari gaya hidup, semua orang berlomba-lomba mengunjungi berbagai tempat demi mengantongi label traveler. Dari mulai keliling Indonesia sampai mengunjungi luar negeri sudah banyak dilakoni para pelancong. Mereka rela menabung, mengirit uang makan, menyisihkan uang belanja dan apapun untuk bisa mendapatkan dana travelling yang memadai.

Bagi traveler asal Indonesia, objek luar negeri sering dirasa lebih menarik, apalagi mereka yang masih muda karena punya banyak waktu dan tenaga. Sayangnya sangat jarang yang menjadikan tanah suci sebagai salah satu tempat tujuannya. Padahal tanah suci tak terbantahkan lagi keindahannya.

1. Tanah suci terlalu “serius” untuk travelling anak muda? Justru disanalah kamu bisa memperbaiki tujuan hidup

Jabal Rohmah, tempat favorit anak muda yang belum dapat jodoh via sayangi.com

Berkunjung ke tanah suci mungkin memang harus serius kalau untuk berhaji karena ada aturan-aturan yang harus kamu ikuti. Itupun rasanya akan tetap menyenangkan karena kamu merasa dekat dengan rumah Tuhan. Kalau kamu berkunjung hanya untuk umroh sekaligus wisata mungkin beda lagi ceritanya. Ada banyak aktivitas kece yang bisa kamu lakukan, dari mulai ibadah sampai bersenang-senang. Tanpa menghilangkan esensi tanah suci, kamu bisa mendapatkan ketenangan untuk mengatur ulang tujuan hidupmu.

2. Bukan hanya untuk menguatkan iman, tanah suci memang tempat paling menyejukkan yang layak kamu jadikan sebagai impian

Sejuknya tanah suci via kompasiana.com

Advertisement

Tempat-tempat tertentu dinamai tanah suci karena memang memiliki kekuatan untuk menyejukkan hati. Orang-orang datang ke sana untuk menghamba sekaligus menyerahkan diri pada Tuhan. Tujuan travelling manapun di luar negeri yang sudah kamu kunjungi atau baru kamu ingin kunjungi tak akan ada yang bisa menyamai tanah suci.

3. Kalau kamu bisa mengorbankan banyak hal demi liburan ke luar negeri kenapa tidak melakukan hal yang sama untuk ke tanah suci?

Liburan ke tanah suci via capekbanget.com

Demi ke Eropa atau Amerika misalnya, kamu rela menabung berjuta-juta rupiah. Tapi sekalipun tak pernah terbersit di hatimu untuk menempatkan tanah suci sebagai tujuan liburanmu. Jika kamu bisa merencanakan liburan ke luar negerimu dengan baik tentu kamu bisa menyiapkan liburan ke tanah suci juga dong, kenapa nggak nyoba sih?

Coba deh sisihkan tabungan kamu untuk ke tanah suci, kalau belum bisa berhaji umroh juga jadi pilihan terbaik. Liburan sekaligus ibadah yang menentramkan hati.

4. Selfie di ikon-ikon terkenal dunia sudah terlalu mainstream buat anak muda, kalau bisa selfie di tanah suci baru kelihatan kerennya

Selfie di tanah suci via bhq.web.id

Jangan memilih traveling yang hanya bisa dikenang dalam sebuah foto saja, kalau ada yang bikin adem hati harusnya kamu nyoba juga. Berfoto di Paris, Korea, dan lainnya itu udah biasa banget di kalangan anak muda. Coba deh kamu foto di tanah suci, bukan dengan niat pamer tentunya, tapi diniatkan untuk mengajak pada kebaikan. Keren lho!

5. Siapa bilang spot-spot di tanah suci nggak kekinian, kamu harus datangi tempat-tempat instagram-able ini

Instagramable via umrohbackpacker.id

Keindahan Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjid Jin, Masjid Quba, dan Masjid Aisha nggak bisa terbantahkan, tenang sekaligus enak untuk dipandang dan diabadikan. Jangan lupa ke Jabal Rahmah buat kamu yang masih galau soal jodoh dan juga jabal-jabal lainnya. Gua hira dan padang arafah juga nggak boleh terlewatkan. Pokoknya banyak deh yang bisa kamu kunjungi di sana, bukan hanya tempat ibadah saja, bisa tempat oleh-oleh juga.

Jadi kapan nih kamu mulai bikin target buat pergi ke tanah suci? Nggak mesti nunggu tua kok buat ke sana!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!