Wisata ke Papua Barat ini memang sebaiknya kamu jadikan bucket list minimal seumur hidup sekali. Kebayang ‘kan keindahan Raja Ampat yang luar biasa? Nah, pintu masuk ke Raja Ampat adalah lewat Sorong. Jadi kalau kamu mau ke Raja Ampat, ada baiknya kamu juga mengeksplor Kota Sorong di Papua Barat. Ada apa saja di sana?

Kali ini Hipwee Travel akan mengajak kamu jalan-jalan di Sorong, kota terbesar di Papua Barat dan sekitarnya. Yuk simak ulasan Reportase Wisata tentang 8 destinasi wisata kece di Papua Barat berikut ini.

1. Piaynemo, salah satu destinasi terindah di Raja Ampat bisa kamu kunjungi dengan kapal cepat dari Sorong

piaynemo via www.instagram.com

Advertisement

Destinasi wisata paling keren di Papua Barat tentu saja Raja Ampat. Gugusan kepulauan yang memukau dengan bawah laut yang luar biasa indahnya bikin Raja Ampat istimewa. Nah, kalau kamu mau ke Raja Ampat via kapal cepat dari Sorong bisa juga. Bahkan one day tour juga bisa lho. Destinasi yang patut kamu cobain tuh Piaynemo, gugusan pulau karang yang kece banget.

2. Telaga Bintang lokasinya tak jauh dari Piaynemo. Udah sepaket sih harus berkunjung ke sana kalau abis dari Piaynemo

telaga bintang via backpackerjakarta.com

Buat kamu yang pengen ke Raja Ampat dengan budget minimalis, lebih baik kamu coba paket tur sehari keliling Raja Ampat dari Sorong. Rutenya Piaynemo, Telaga Bintang, Snorkeling di Soandarek dan pasir timbul. Harganya jauh lebih murah ketimbang yang 3 atau 4 hari tur. Nah, Telaga Bintang jadi salah satu spot yang menarik meski butuh upaya keras untuk trekkingnya sih.

3. Pantai Tanjung Kasuari jadi favorit warga Sorong di akhir pekan

pantai tanjung kasuari via phinemo.com

Buat kamu yang males pergi ke luar pulau, tenang, ada pantai Kasuari yang bisa kamu tuju. Pasir putih, ombak tenang dan suasananya teduh. Itulah mengapa pantai ini jadi favorit warga Kota Sorong. Selain jaraknya yang relatif dekat, pemandangannya juga sangatlah indah.

4. Tembok Berlin, destinasi wisata kuliner khas yang jadi andalan Kota Sorong. Kenapa sih namanya Tembok Berlin?

tembok berlin sorong via backpackerjakarta.com

Advertisement

Di Sorong ada Tembok Berlin lho. Tembok Berlin adalah dinding memanjang di pesisir kota Sorong yang tingginya cuma 1 meteran. Bukan dindingnya sih yang spesial, tapi tempat ini adalah pusat jajanan dan kuliner di kota Sorong. Jadi kalau di sana jangan lupa berburu kuliner di Tembok Berlin ya.

5. Danau Framu di Ayamaru memang tidak persis berada di Sorong, namun kota besar terdekat untuk mencapai ke sana ya cuma lewat Sorong sih

danau framu via www.hipwee.com

Berjarak 158 km dari Kota Sorong, Danau Framu di Ayamaru letaknya sangat tersembunyi. Kamu bisa sewa mobil untuk menuju ke sana. Danau ini sangatlah jernih dan berwarna biru tosca. Indah banget sih danau yang berada di tengah hutan ini. Saking jernihnya kaya kaca!

6. Pulau Buaya jadi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat ke Sorong. Buat ke sana perlu sewa kapal nih

pulau buaya sorong via phinemo.com

Pulau ini dinamakan Pulau Buaya bukan karena banyak terdapat buaya. Melainkan karena terlihat seperti buaya dari jarak kejauhan. Di pantai ini kamu bisa bermain bermacam-macam permainan mulai ATV, banana boat dan sebagainya. Tujuan wisata warga Papua Barat nih.

7. Pulau Doom, saksi sejarah kota Sorong sejak masa penjajahan Belanda dan Jepang

pulau doom via www.indonesiakaya.com

Pulau Doom terletak tak jauh dari Kota Sorong sekarang. Tapi kamu harus tahu bahwa pusat pemerintahan Kota Sorong dulunya ada di pulau ini. Pulau Doom pula pernah jadi basis pertahanan Hindia Belanda maupun Jepang. Jadi tak aneh banyak benteng dan peninggalan sejarah di pulau kecil ini.

8. Pagoda Sapta Ratna, tempat keagamaan umat Budha di Papua Barat

pagoda sapta ratna via bisniswisata.co.id

Pagoda Sapta Ratna adalah simbol kerukunan umat beragama di Sorong. Lokasinya di atas bukit dan dari sini bisa terlihat kapal yang lalu lalang dan lautan luas. Pagoda ini selalu ramai oleh wisatawan di akhir pekan.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya