Selain Jadi Akses Transportasi, 7 Jembatan Ikonik Ini Populer di Indonesia. Pemandangannya Juara!

Jembatan ikonik di Indonesia

Kalau biasanya pemandangan alam selalu menjadi daya tarik wisata, Indonesia juga memiliki pemandangan indah dari jembatan penghubung yang terdapat di beberapa provinsi di Indonesia lo. Tujuan utama sih memang untuk akses transportasi antar wilayah, tapi potret keindahannya terlebih saat malam hari membuat deretan jembatan ini menjadi destinasi wisata yang populer juga.

Advertisement

Daripada penasaran seperti apa potret jembatan megah yang terdapat di Indonesia, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Jembatan Suramadu di Selat Madura dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di Indonesia

Siapa sih yang nggak tahu jembatan megah yang satu ini? Jembatan Suramadu dibuat sebagai jalur penghubung antara Kota Surabaya dan Madura yang terbentang di Selat Madura. Jembatan ini juga menjadi jembatan terpanjang di Indonesia karena memiliki panjang sekitar 5.438 meter. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2009 oleh pemerintah dengan harapan bisa mempercepat pembangunan ekonomi di Pulau Madura.

Waktu terbaik untuk melihat pemandangan di Jembatan Suramadu yaitu saat sore hari karena lampu penerangan dan jembatan menyala dan tampak cantik menghiasi Selat Madura. Kamu bisa mengambil foto dari tepi jembatan, tapi harus tetap berhati-hati, ya.

Advertisement

2. Pemandangan malam di Jembatan Pasupati tak kalah indah dengan pancaran lampu kota Bandung

Bagi kamu yang pernah berkunjung ke Kota Bandung, kamu pasti sudah nggak asing lagi ya dengan jembatan satu ini? Yup, Jembatan Pasupati ini dibuat untuk menghubungkan Jalan Pasteur dan Jalan Suropati dan memiliki panjang sekitar 2,8 kilometer. Jembatan ini juga menjadi salah satu jembatan yang ikonik di Indonesia dan memiliki pemandangan malam yang tak kalah indah dari Jembatan Suramadu.

3. Jembatan Mahkota II yang terdapat di Kota Samarinda juga memiliki arsitektur yang megah

Kalau di Pulau Jawa ada Jembatan Suramadu, Kalimantan Timur juga memiliki jembatan yang ikonik. Jembatan ini terbentang dengan panjang sekitar 1.428 meter dan menjadi jembatan yang terpanjang di Kalimantan Timur. Selain itu, jembatan ini juga memiliki arsitektur yang megah dan menjadi salah satu landmark populer di Samarinda.

4. Jembatan Merah Putih juga menjadi salah satu jembatan kabel pancang paling ikonik di Ambon

Advertisement

Di wilayah Indonesia bagian Timur juga terdapat jembatan yang jembatan yang cukup panjanga yaitu Jembatan Merah Putih yang dibangun di atas Teluk Ambon. Jembatan ini dibangun sebagai jalur penghubung dan akses transportasi antara Desa Rumah Tiga di Kecamatan Sirimau dengan Desa Hative Kecil di Kecamatan Teluk Ambon. Jembatan Merah Putih menjadi jembatan kabel pancang yang sangat ikonik di Kota Ambon dengan panjang sekitar 1.140 meter.

5. Jembatan Ampera memiliki warna merah yang dominan dan tampak cantik menghiasi aliran Sungai Musi

Kota Palembang terkenal dengan kulinernya yang khas yakni pempek. Saat mengunjungi kota ini, kita bisa mencicipi beragam jenis pempek selain jenis kapal selam dan lenjer seperti di Pulau Jawa dan pulau lainnya. Nggak hanya terkenal dengan kulinernya, Kota Palembang juga memiliki jembatan yang sangat ikonik dan populer lo.

Yup, Jembatan Ampera ini memiliki panjang sekitar 1.177 meter di atas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dengan Seberang Ilir di Kota Palembang. Jika berkunjung ke sini, kamu bisa menikmati susana sekitar jembatan dengan perahu-perahu milik warga sekitar yang hilir mudik di bagian bawah jembatan.

6. Provinsi Kalimantan Selatan juga turut menyumbang keindahan melalui Jembatan Barito

Kembali ke pulau Kalimantan, kali ini Provinsi Kalimantan Selatan juga memiliki jembatan yang terkenal dan ikonik. Jembatan ini diberi nama Jembatan Barito yang memiliki panjang sekitar 1.082 meter di Kabupaten Barito Utara. Jembatan Barito dibuat untuk menghubungkan antara Kecamatan Anjir Muara dengan Kecamatan Alalak di Kalimantan Selatan. Keunikan lain dari jembatan satu ini yaitu terdapat pulau di bagian tengah jembatan yang bernma Pulau Bakut.

7. Selain bangunannya yang ikonik, Jembatan Merah Youtefa juga dilengkapi dengan sederet penerangan canggih lo!

Jembatan Youtefa sebelumnya memiliki nama Jembatan Holtekamp, namun masyarakat sekitar ingin agar jembatan diberi nama Jembatan Youtefa karena dibangun di atas Teluk Youtefa. Jembatan ini menjadi penghubung antara Holtekamp dengan Hamadi. Jembatan Youtefa memiliki panjang 732 meter dengan lebar 21 meter dan tergolong sebagai jembatan tipe pelengkung baja yang pertama kali dibangun di Papua.

Saat ini, Jembatan Youtefa telah dilengkapi dengan 29 unit lampu ReachElite Powercore dan dipadukan dengan Vaya Flood RGB Medium Power sebanyak 125 unit. Saking ikonisnya, jembatan ini digunakan sebagai bagian dari desain pecahan uang Rp75 ribu lo~

Itu dia deretan jembatan yang nggak hanya memiliki desain yang megah, tetapi juga memiliki pemandangan sekitar yang menakjubkan. Kamu pernah mengunjungi jembatan mana aja nih, SoHip?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE