Sepinya Ka’bah Saat Masjidil Haram Disterilkan karena Virus Corona. Pemandangan Langka Nih!

Ka'bah Sepi dari Jamaah

Dampak wabah virus Corona benar-benar mengglobal dan melumpuhkan sendi-sendi perekonomian dunia. Maskapai banyak yang membatalkan penerbangan sehingga puluhan ribu karyawan diminta cuti tanpa dibayar. Travel agent kelimpungan karena trip ke berbagai negara dibatalkan. Belum lagi dengan saham yang berguguran di lantai bursa.

Ternyata, dampak virus ini nggak sampai di sektor perekonomian saja. Melainkan masuk ke sendi yang paling fundamental dalam hidup umat manusia, yakni agama. Yap, dampak virus corona bikin semua orang takut datang beribadah. Terbaru, tempat suci umat Islam yakni Masjidil Haram harus disterilkan dari pengunjung. Alhasil, pemandangan langka terlihat dari udara. Kabah kosong melompong tanpa manusia yang tawaf mengitarinya.

ADVERTISEMENT

Arab Saudi menangguhkan umroh untuk sementara sehingga Masjidil Haram tampak sangat sepi dari biasanya

Sepinya Ka'bah Saat Masjidil Haram Disterilkan karena Virus Corona. Pemandangan Langka Nih!

dilarang tawaf di lantai dasar kabah via twitter.com

Untuk mencegah dampak virus Corona atau disebut Covid-19 meluas sampai ke tanah suci, Arab Saudi menangguhkan umroh sementara. Jamaah umroh dari dalam dan luar negeri pun kini tidak bisa beribadah umroh di sana. Terbaru, lantai bawah akses ke Kabah yang disebut Mataf kini ditutup untuk umum karena dalam proses sterilisasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Untuk saat ini, Mekkah belum terdapat pasien Covid-19.

Tagar ‘Ka’bah’ pun trending di Twitter Indonesia karena banyak yang membahas foto Ka’bah yang sepi dan kosong melompong tersebut. Kebijakan Arab Saudi untuk menutup umroh sementara dan sterilasasi Ka’bah ini bikin Masjidil Haram sepi banget. Tampak potret putih dengan kubus hitam dari udara.

ADVERTISEMENT

Sebagai tempat suci umat Islam, sungguh pemandangan langka terlihat di Masjidil Haram kala tak ada seorangpun yang tawaf mengelilingi Ka’bah

Sepinya Ka'bah Saat Masjidil Haram Disterilkan karena Virus Corona. Pemandangan Langka Nih!

masjidil haram kosong via twitter.com

Setelah akses ke Mataf untuk tawaf ditutup, jamaah tetap bisa tawaf di lantai 2 dan lantai 3. Bagian lain di Masjidil Haram tetap dibuka. Sholat jamaah juga masih berjalan seperti biasa. Hanya saja, pemandangan Masjidil Haram dan Ka’bah yang kosong melompong ini sungguh aneh dan menyayat hati bagi umat Muslim. Pasalnya, tempat ibadah suci ini tak pernah berhenti dari aktivitas para jamaah terutama jamaah yang melakukan tawaf.

Semoga Masjidil Haram kembali ramai seperti sedia kala saat semua umat Muslim dari seluruh dunia berdoa di tanah suci ini. Mudah-mudahan virus Corona segera mereda dan Masjidil Haram bisa kembali seperti sedia kala.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo