Gedung angker.

Keberadaan gedung-gedung kosong yang kamu lihat saat melintasi jalan bikin bulu kuduk merinding. Bukan cuma saat hari mulai gelap, tapi ketika siang hari juga sukses buat jantung berdetak kencang. Semisal gedung perkantoran Menara Saidah yang terletak di Jl. Letjen. M.T. Haryono, Jakarta. Di balik bangunan megahnya yang masih tersisa, ternyata menyimpan berbagai cerita mistis sejak lama.

Percaya atau tidak, Menara Saidah ini awalnya ramai karena memang disewakan sebagai gedung perkantoran pada 2001. Namun beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 2007, semua keadaan berubah. Satu-persatu kantor-kantor yang menyewa meninggalkan gedung, sehingga membuat kesan mistis pada bangunan megah ini semakin terasa. Simak ulasan berikut ini biar rasa penasaranmu terjawab.

Pada awal kemunculan, Menara Saidah memang menjadi salah satu gedung perkantoran bergengsi di ibukota, tapi lama-lama dikosongkan. Berhembus kabar karena bangunannya miring dan berbahaya

katanya, kemiringannya tidak berbahaya via www.beritasatu.tv

Hadir dengan konsep megah, Menara Saidah menjadi salah satu gedung perkantoran prestisius di ibukota. Berbagai perusahaan menyewa ruangan di bangunan yang letaknya dekat dengan stasiun kereta ini. Nama Menara Saidah diambil dari nama pemilik gedung, yaitu Saidah Abu Bakar Ibrahim. Awalnya, gedung ini setinggi 18 lantai yang dibangun oleh kontraktor BUMN, PT Hutama Karya (Persero) selama tiga tahun dari 1995-1998. Kemudian, gedung ini direnovasi menjadi 28 lantai sejalan dengan dekorasi yang dipercantik dengan konsep mewah a la Romawi dan Las Vegas.

Namun, lambat laun mulai ditinggalkan pada 2007 lantaran isu permasalahan bangunannya yang dianggap miring dan berbahaya. Akhirnya pada 2009, Menara Saidah resmi ditutup karena nggak ada lagi yang menghuni. Kantor-kantor yang dulu menyewa memilih keluar. Meski begitu, informasi itu dibantah oleh kontraktor dan pengelolanya. Menurut pengelola gedung, Menara Saidah sama sekali nggak miring saat direnovasi pada 2000-an silam. Selain itu, dikatakan juga kalau Menara Saidah memang sengaja dikosongkan karena waktu sewa para tennant sudah habis. Di sisi lain, para penghuni gedung memang merasakan kalau gedung tersebut miring. Kekhawatiran seperti bangunan itu bakal rubuh suatu saat pun menghantui para penghuni.

Setelah ditelisik lebih jauh, ternyata Menara Saidah menyimpan kisah mistis di dalamnya. Banyak makhluk gaib yang tinggal di sana dan sering mengganggu

menyimpan cerita mistis via www.liputan6.com

“Horor itu banyak banget, saya kalau lagi ngontrol nih, kalau malam, waktu masih aktif,” – ungkap mantan petugas satpam gedung, Heru, seperti dikutip dari Detik.

Nggak cuma karena bangunannya miring, tapi masyarakat yang tinggal di sekitar Menara Saidah percaya kalau terdapat makhluk gaib di sana. Makhluk gaib ini seringkali menggangu, sehingga para penyewa gedung pun memilih pergi. Cerita-cerita mistis bertebaran, semisal mantan petugas satpam gedung mengatakan kalau Menara Saidah memang angker sekali. Ketika bekerja di basement, kerapkali mendengar suara memanggil atau ada yang menepuk pundak, lalu setelah dicek dan dia menoleh sama sekali nggak ada orang.

Selain kisah seram di basement, cerita horor di dalam lift Menara Saidah pun nggak ketinggalan. Banyak yang bilang pernah se-lift dengan makhluk gaib yang menyamar sebagai penumpang di dalam. Saat pintu lift terbuka, ternyata nggak ada penumpang lain yang keluar. Begitupun dengan kisah setan cewek berbaju merah yang sering gentayangan di lantai tiga. Konon, kalau kamu melihat setan cewek berbaju merah ini, maka tak lama kamu akan melihat dan merasakan keramaian di dalam gedung, meski sudah ditutup.

Selain itu ada juga cerita kalau lampu-lampu di sana sering menyala sendiri. Begitupun kalau kamu sedang menatap ke Menara Saidah, maka akan melihat lampu di bangunan itu menyala bergantian.

Pantas saja Menara Saidah seram karena ternyata tanah tempat bangunan ini berdiri dulu merupakan pemakaman warga. Katanya, banyak jenazah yang belum dipindahkan

tanahnya bekas kuburan katanya via news.detik.com

Ternyata, penyebab kenapa Menara Saidah sangat seram adalah tanah tempat bangunan ini berdiri dulunya merupakan pemakaman warga. Katanya, pihak kontraktor tetap menggusur kuburan tersebut dan mendirikan bangunan. Bahkan, ada warga yang mengatakan kalau masih ada beberapa jenazah yang nggak dipindahkan. Begitupun dengan informasi lain seperti saat sedang dibangun telah memakan korban, misalnya pekerja ada yang sakit dan meninggal tanpa sebab.

Lalu, apa kabar Menara Saidah sekarang?

tanah di depan bangunan amblas via www.liputan6.com

“Kita sudah minta tolong untuk diaudit Dinas Tata Kota sampai kita maurobohin. Tapi katanya sengketa,” ujar Djarot Saiful Hidayat, yang waktu itu masih menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta, seperti dikutip dari Detik.

Bangunan megah yang kini kaca-kacanya sudah pecah dan terlihat kusam, pada Oktober 2017 lalu sempat menjadi pusat perhatian lagi lantaran tanah di depannya amblas akibat proyek galian konstruksi light rail transit (LRT). Pada 2016 lalu, gedung ini sebenarnya telah menyita perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lantaran ingin diaudit dan dirobohkan. Sementara itu pada 2014 silam, Menara Saidah sempat direnovasi kembali karena pada tahun berikutnya (2015) direncanakan dapat digunakan lagi seperti dulu. Kabar tersebut pun selaras dengan kemunculan informasi kalau ternyata nggak ada kemiringan bangunan karena gagal konstruksi. Hmm, jadi yang benar yang mana ya?

“Proses renovasi sudah berjalan sejak tahun lalu. Targetnya, tahun depan sudah bisa digunakan,” – ujar Hamdan, mandor proyek revitalisasi , seperti dikutip dari Tempo.

Mengetahui kondisi gedung perkantoran yang kosong dan punya banyak cerita seram, kebayang nggak kalau kamu harus lembur tiap hari kayak Bacun dalam video series komedi-horor persembahan Kanna Indonesia, LEMBUR BACUN di gedung ini? Bacun Hakim harus lembur sejak hari pertama kerja. Banyaknya target yang harus dicapai, sering diteleponin bos, kerjaan yang belum kelar menumpuk, mau nggak mau harus selesaikan tugas kantor sampai larut malam.

Di episode ke-4 ini, Bacun ketemu dengan Vampir Tiongkok yang wajahnya rusak. Hiiii! Hipwee jadi penasaran, apa jangan-jangan kantor Bacun itu salah satu yang dulu menyewa Menara Saidah mungkin ya. Soalnya setiap kali Bacun lembur, selalu ada aneh-aneh yang muncul. Yuk tonton videonya di bawah ini~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya