6 Kafe Jogja yang Cocok Banget Buat Menikmati Senja. Instragrammable yang Buatan Asli Alam Nih

Kafe Jogja senja

Nggak cuma  cuma terkenal sebagai kota yang memiliki banyak banget destinasi wisata mulai dari gunung hingga laut, Jogja juga punya beragam destinasi tempat nongkrong bagi anak muda yang asik banget. Apalagi buat kalian yang baru aja menginjakkan kaki di Kota Pelajar ini. Selain mudah dijangkau karena berada di dalam kota, bercengkerama di kafe saat ini udah kayak jadi agenda rutin anak-anak muda untuk menghabiskan waktu dengan teman-temannya. 

Advertisement

Belakangan ini, banyak banget kafe-kafe di Jogja dengan berbagai konsep baru yang bermunculan. Masing-masing saling menonjolkan keunikannya tersendiri untuk menarik calon pelanggan. Nah, dari sekian banyak kafe yang memiliki berbagai konsep, kali ini Hipwee akan merekomendasikan beberapa kafe yang cocok banget buat kalian jika ingin ngeteh atau ngopi-ngopi sambil ngobrol dan menikmati senja. Widih asik banget nggak tuh. Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Menikmati udara sejuk dan senja sambil bercengkerama di tepian Embung Turi Aji di Turi-Turi Coffee 

Senja di Turi-Turi Coffee via www.hipwee.com

Kalau kalian sedang berada di daerah Turi, tepatnya di Kabupaten Sleman bagian utara. Ada sebuah Embung bernama Turi Aji yang terletak di sebelah utara pasar tradisonal Turi. Nah, di embung tersebut ada kafe cantik banget nih, namanya Turi-Turi Coffee. Berada sedikit jauh dari kawasan perkotaan, hal itu malah jadi nilai plus lo bagi tempat ini. Pasalnya, kalian bisa menghindar sejenak dari kebisingan kota dan lalu lalang kendaraan. 

Dan, yang bikin makin istimewa, kafe ini menghadap langsung ke arah embung sisi barat yang mana kalau matahari tengah menuju ke peraduannya, kalian bisa menyaksikan gimana indahnya pantulan cahaya matahari yang mulai menguning melalui air embung. Selain itu, nggak jauh dari kafe ini juga ada sebuah pondokan yang dikelola oleh masyarakat sekitar, di sana kalian bisa menyewa paddle atau kapal-kapalan kecil untuk bermain di tengah embung. Syahdu banget tuh? Oh ya, embung ini hanya buka sampai jam 9 malam aja lo, jadi kalau mau ke sana lebih baik emang sore hari sih.

Advertisement

2. Nggak cuma menikmati senja, kalian juga bisa berfoto ria di Mountain Merch

Bersantai dan menikmati senja di Coffee by Mountain Merch via www.hipwee.com

Konsep kafe yang satu ini mungkin beda banget dan baru kalian lihat di Jogja. Berada di Jalan Umbul Permai, yaitu sebelah utara Jalan Damai yang terletak di antara Jalan Palagan dan Jalan Kaliurang, kafe ini bernuansa sangat “nature & outdoor”. Lihat aja deh bangunannya yang berbentuk minimalis dan bergaya ala “forest camp” dengan material yang terbuat full dari kayu, hal itu menambah kesan unik tersendiri bagi kafe ini.

Di bagian belakang kafe, kalian bisa menikmati senja dengan hamparan sawah yang membentang. Meski letaknya berada di sekitar sawah, kalian nggak perlu khawatir dengan nyamuk alias udara di tempat ini sejuk banget, jadi nggak bakalan ada nyamuk. Cuma, kalau udah agak malam, kalian perlu pakaui jaket karena anginnya lumayan kencang. Selain ngopi dan senja-senjaan, kalian juga bisa berbelanja di sini karena mereka juga menjual berbagai merk pakaian lokal hingga internasional. Yuk ke sini!

3. Selain syahdu untuk menikmati senja, konsep hijau Mezzanine akan bikin kamu betah-betah di tempat ini

Advertisement

Mezzanine kafe via www.hipwee.com

Kalau kalian tipe-tipe orang yang nggak bisa diem ketika lagi di kafe alias harus foto-foto cantik, Mezzanine mungkin bisa jadi opsi pilihan kalian. Kafe ini memiliki konsep hijau yang kental banget, mulai dari bagian luar hingga dalam, kalian bisa menikmati rindangnya tempat ini karena banyaknya tumbuh-tumbuhan yang ditanam di sini.

Kafe yang bertempat di Jalan Palagan, tepatnya sebelum lampu merah pertigaan Jalan Damai ini memiliki 2 lantai. Di lantai dua tersebut kalian bisa menikmati sensasi sinar matahari yang hampir terbenam tepat di depan kalian. Nggak cuma enak buat nongkrong dan bercengkerama bersama teman, kafe ini juga bisa kok buat kalian yang ini mengerjakan tugas atau sesuatu karena memang didesain untuk nggak boleh ngobrol keras-keras.

4. Bosen dengan ngopi dan camilan ringan? Mungkin kalian bisa juga ke Pasta Banget Siganature

Menikmati masakan Italia sambil menatap senja via www.hipwee.com

Nggak begitu jauh dengan Mountain Merch dan Mezzanine, ada sebuah tempat bernama Pasta Banget Siganture. Meskipun tempat ini sebenarnya merupakan kafe yang juga sekaligus semi resto, tapi wajib banget nih dan nggak boleh kalian lewatkan untuk menikmati senja. Apalagi jika kalian ingin makan berat yang serba pasta dan menu-menu Italia.

Beralamat di Jl. Watugede No.2A, Wonorejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Pasta Banget Signature punya 2 pilihan area yaitu bagian dalam dan bagian luar. Nah, bagian luar yang berada di samping lahan parkir ini yang cocok banget untuk menyantap pasta sambil menikmati sunset.

5. Masih ingin bersenja-senjaan di pinggir sawah? Kafe Ivy adalah pilihan tepat selanjutnya nih

Ivy Coffee via www.hipwee.com

Kalau kalian nggak bosan dengan konsep kafe yang berada di pinggir sawah, kalian bisa juga mengunjungi Kafe Ivy. Terletak dJalan Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, kafe ini memiliki 3 bagian yang bisa kalian tempati, yaitu bagian dalam, bagian luar dengan kanopi yang tertutup tumbuhan, dan bagian tepi sawah yang langsung menghadap ke barat.

Selain punya beberapa pilihan kopi lokal yang bisa kalian nikmati, kafe ini cocok banget bagi kalian yang ingin sekaligus berburu foto atau sekedar menikmati senja. Tapi, karena letaknya benar-benar berada di pinggir sawah yang lumayan luas, jika hari menjelang malam kalian harus siap-siap pakai baju hangat untuk menghindari udara dingin dan angin dari jalanan yang berada di depan kafe.

6. Nggak jauh dari kafe Ivy, kalian bisa mampir ke Marisini

Marisini Kafe via www.hipwee.com

Masih berada di Jalan Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, dan nggak jauh dari Kafe Ivy ada sebuah tempat nongkrong bernama Marisini. Tempat satu ini juga punya konsep yang unik banget lo. Pasalnya, jika kafe-kafe lain menerapkan konsep yang kekinian, beda ceritanya sama Marisini. Tempat ini mengadopsi konsep tradisional berupa bangunan Joglo lengkap dengan pernak-pernik jadul kayak sepeda ontel jaman dulu.

Kalau kafe-kafe sebelumnya cocok buat menikmati senja bersama teman-teman kalian, Marisini lebih cocok untuk berkumpul bersama keluarga. Kapan lagi ya kan bisa menikmati senja bareng keluarga. Nongkrong juga nggak harus selalu bareng teman kan, ada kalanya kalian juga harus berbagi waktu sama keluarga. Jangan lupa berbagi juga ya kalau kalian udah pernah ke tempat-tempat tadi! 

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE