Fenomena hantu memang menjadi sebuah kisah yang cukup kontroversial di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Walau awalnya mengaku takut, tapi ketika seseorang menceritakan kisah mistis, pasti semuanya tetap mau curi-curi dengar. Penasaran. Siapa peduli walau setelahnya kencing pun minta ditemani. Walau bagaimanapun, bercerita tentang hantu hingga kini tetap menjadi kegiatan yang selalu asik untuk dibahas.

Biasanya orang-orang menceritakan tentang suatu legenda atau bercerita tentang hal-hal mistis yang dialami seseorang lainnya. Ada sih yang menceritakan pengalaman pribadi mereka, ya hanya beberapa. Nah, kali ini Hipwee Travel akan membagi sedikit cerita mengenai hotel-hotel di Indonesia yang memiliki kisah menyeramkan. Kelihatannya aja desain dan fasilitasnya masa kini, modern, tetap aja di dalem ada yang janggal. Hihiii… Siap-siap ngeri ya.

1. Hotel Inna Grand Bali Beach, dari tingginya saja sudah menyalahi “aturan,” siapa sangka di dalamnya ada dua kamar terlarang

pohon kelapa aja kalah tinggi via edge.media.datahc.com

Hotel ini terkenal sebagai hotel paling tinggi di Bali. Gimana nggak paling tinggi, tingginya aja melebihi pohon kelapa. Sementara yang dipercaya di Pulau Dewata, bangunan tak boleh melebihi pohon kelapa. Selain terkenal karena tingginya, juga tuanya, hotel ini juga terkenal karena adanya dua buah kamar yang berbeda. Satu kamar untuk Nyi Roro Kidul dan satunya kamar Bung Karno.

Untuk bisa “mampir” ke kamar ini, diperlukan ijin dari manajer hotel dan hanya bisa dilakukan pada hari Kamis pukul 17.00 – 21.00, malam Jumat cyin. Dan tak boleh ada kamera saat masuk ke dua kamar ini, sekalipun kamera ponselmu. Jadi kita main deskripsi aja yaa. Kalau pintu masuk kamar lainnya ada satu, disini pintu masuknya double. Setelah pintu kayu, ada pintu kaca. Ada pula tempat koper yang dialihfungsikan menjadi tempat kota dana punia atau uang sumbangan. Uang itulah nantinya yang digunakan untuk membiayai perawatan kamar tersebut.

Advertisement

Emang Bung Karno sering nginep disini ya kok sampai dibuatin kamar? Jawabannya, nggak pernah. Konon, ide kamar untuk Nyi Roro Kidul itu datangnya dari Bung Karno.

Lalu, kenapa hotel ini dikeramatkan??

Tahun 1993 silam, terjadi kebakaran hebat di hotel ini. Anehnya, hanya dua kamar ‘bersambung’ ini saja yang selamat dari lahapan api. Makanya kamar ini dikeramatkan. Temboknya masih dipertahankan dengan warna aslinya, pasca kebakaran itu. Siapapun tak diperkenakan mengenakan alas kaki saat masuk ke kamar ini. Kamarnya terkesan suram, dan banyak “hadiah persembahan” dari para tamu, entah untuk apa. Aroma mistisnya juga kuat. Ada beberapa tamu yang kemasukan pasca keluar kamar ini. Kalau kebetulan menginap di hotel ini, coba deh “berkunjung”…

2. Hotel Grand Aquila Bandung. Salah satu hotel termewah dan termegah yang dikenal sering menampakkan keanehan

yang semegah ini ada hantunya, percaya? via www.aquila-international.com

Siapa sangka, dibalik kemewahan hotel ini justru tersimpan kisah-kisah mistis yang membuat bulu kuduk berdiri. Beberapa kisah mistis yang pernah dialami para pengunjung hotel ini antara lain, ketukan pintu pada tengah malam, sering terdengar suara-suara aneh dari balik jendela kamar, serta keran air yang terbka dengan sendirinya. Ada pula beberapa orang yang pernah melihat penampakan makhluk halus di sekitar lorong-lorong kamar. Hiiii… Kamu berminat kesini?

3. Hotel Indonesia Jakarta. Kamu yang jomblo, disini katanya ada sesosok wanita berparas cantik lho.. Kali jodoh #ehh

kalau berani sana ke lantai 7 via cdn.kiwicollection.com

Hotel ini merupakan hotel berbintang pertama di Indonesia, sangat berhantu katanya. Kisah mistis yang paling terkenal dari hotel ini ialah adanya sosok hantu perempuan Belanda yang berparas cantik, serta mengenakan gaun putih panjang. Konon dia ini berdiam di lantai 7. Beberapa tamu hotel ini mengaku pernah melihat sosoknya. Kalau kamu penasaran, coba deh tungguin di lift atau di sepanjang lorong hotel. Tenang, penampakannya cuma dalam hitungan detik saja kok.

4. Hotel Niagara Malang. Dari bentuk luarnya aja udah serem, nggak heran dong kamu kalau bangunan tua yang megah ini menyimpan kisah-kisah sejarah perkembangan Indonesia?

waduduh, ini noni Belandanya via hello-pet.com

Hotel ini terletak di pinggiran pusat kota Malang atau berada di daerah Lawang. Bangunan hotel ini dibangun pada tahun 1918 dan kini telah berusia 97 tahun. Ada beberapa kisah mistis yang terjadi pada hotel ini. Dimulai dari lantai dasarnya, katanya hotel ini memiliki sebuah bungker tua yang pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat pembuangan mayat. Ada pula yang mengaku pernah melihat sosok hantu wanita Belanda. Nggak hanya satu, tapi tiga. Konon katanya, ketiga Noni Belanda itu meninggal di hotel Niagara ini. Hmmm jadi kapan kamu kemari?

5. Hotel Inna Garuda Yogyakarta. Jogja nggak hanya dikenal sebagai kota budaya dan kota pelajar saja, tapi juga dikenal dengan aneka kisah mistis dari bangunan-bangunan tuanya.

karena Jogja nggak cuma romantis, tapi juga mistis via www.innagaruda.com

Hotel ini berdiri sejak jaman penjajahan Belanda, dan hingga kini masih kokoh berdiri. Ada dua kamar yang dianggap paling misterius di dalam gedung ini, yakni kamar 911 dan 912. Menurut karyawan dan beberapa pengunjung hotel, ketika malam hari pintu kamar tersebut kerap terbuka sendiri. Bahkan, ada seorang pengunjung yang pernah menginap di kamar itu mengatakan bahwa,ketika malam hari suasana di dalamnya sangat sunyi dan senyap. Ada suara-suara aneh yang menakutkan. Tak hanya itu, pengunjung juga pernah melihat langsung kursi di kamar tersebut bergoyang sendiri. Katanya sih dulu kamar itu pernah disinggahi oleh Jenderal Sudirman. Kamar ini dibuka untuk umum kok, kamu sah-sah aja buat request nginep disini.

6. Hotel Inna Samudera Beach Sukabumi. Yang ini juga punya kamar untuk Nyi Roro Kidul lho. Tamu VIP ya, Istimewa!

ini lho kamar 308 nya via www.disparbud.jabarprov.go.id

Kamar 308 hotel ini erat hubungannya dengan Nyi Roro Kidul. Konon, banyak keanehan jika kamu melihat keadaan di dalam dan sekitar kamar ini. Ciri khususnya, tepat di depan pintu kamarnya berdiri payung pengantin berwarna hijau. Di dalam kamarnya pun semua perabotan dari gorden hingga sprei juga berwarna hijau. Selain itu, lukisan besar dengan gambar Nyi Roro Kidul juga ada disana.

Di kamar 308 juga terdapat sebuah lemari kaca yang berisi gaun-gaun cantik milik Nyi Roro Kidul. Ada pula meja rias dan ragam kosmetik. Konon semua itu adalah permintaan dari Nyi Roro Kidul. Katanya lagi nih, Nyi Roro Kidul sering datang ke kamar ini pada malam-malam tertentu. Terserah mau percaya atau enggak, beberapa kali para pegawai hotel yang bertugas membersihkan kamar melihat kasur agak berantakan, seperti bekas ditiduri.

7. Hotel Tugu Malang. Konon karena adanya lukisan wanita yang sangat lawas di dalamnya, kalau kamu nyali sok silahkan tatap-tatapan sama dia

coba yuk tatap-tatapan via r-ec.bstatic.com

Hotel ini terletak di Jalan Tugu no. 3 Malang. Dipercaya oleh masyarakat sekitar mempunyai aura mistis yang cukup kuat. Apa sebabnya? Karena keberadaaan sebuah lukisan wanita yang sangat lawas. Dalam lukisan itu digambarkan wanita berambut sangat panjang dengan tatapan mata sangat tajam, dan terdapat cermin di belakang wanita tersebut. Siapa wanita itu? Dialah Oei Hui Lan, putri dari pria terkaya dan terpandang di Asia Tenggara pada abad ke-19, Oei Tiong Ham.

Menurut para tamu yang pernah melihat langsung lukisan tersebut, lukisan itu memiliki aura yang sangat dingin, dan wanita di dalamnya seperti menatap ke arah pengunjung secara terus menerus. Bahkan, beberapa dari mereka mengaku didatangi oleh Oei Hui Lan dalam mimpi setelahnya. Hiiii ngeri!

8. Hotel Majapahit, Surabaya. Ada sejak jaman Belanda dan hingga kini masih sering mereka pakai untuk dansa

tau nggak, yang ini punya siapa? via sewamobilsurabaya.org

Hotel ini telah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda dan seringkali digunakan oleh mereka ketika sedang berada di Surabaya. Nah, gedung dari hotel ini pun masih sama persis hingga sekarang. Hal ini katanya dilakukan untuk menjaga orisinalitas. Ada larangan di hotel ini yang akan membuat pengunjung ketakutan. Yaitu, pengunjung nggak boleh berjalan di koridor hotel pada malam hari. Karena, konon sering terjadi penampakan hantu Belanda yang sedang berjalan-jalan dan berdansa di koridor. Mau ikut dansa bareng? Hihiii…

Jadi, gimana? Kapan kita kemana? Kalau ke Jogja, Jakarta, Bandung, Bali, sempetin mampir di salah satunya ya. Hehee… kali dapet pengalaman serupa. Kali mbak-mbak itu jodohmu salah satunya #ehh selamat menginap di hotel. Selamat liburan!

Kalau kamu masih penasaran dengan berbagai hal seputar hantu, tanya aja langsung sama Sara Wijayanto!