Yogyakarta adalah kota indah dengan berjuta cerita di setiap sudutnya. Kamu akan menemukan banyak cerita berbeda di kota Gudeg yang rasanya manis-manis enak ini. Ada cerita romantis saat kamu dan pasangan bertandang ke Jogja, ada cerita pahit saat kamu pernah beli barang tanpa nawar dulu, juga ada rasa asam saat ternyata malah hujan pas kamu pingin jalan-jalan muterin Malioboro.

Nah, kali ini Hipwee Travel akan berbagi sedikit cerita yang berbeda nih. Kalau yang dulu-dulu sudah menampilkan cerita manis wisata Yogyakarta, sekarang giliran kisah serem yang bakal diangkat. Selamat menikmati, ya.

Saat nonton film horor, villa emang sering jadi setting cerita. Nah, villa di Jalan Kaliurang ini jadi buktinya

Villa-nya aja keliatan serem gini (bukan lokasi sebenarnya) via breaktime.co.id

Dalam beberapa kisah horor, villa sering menjadi setting latar belakang tempatnya. Kenapa sih harus villa? Villa kan tempat yang asik buat istirahat. Namun hal ini beneran terbukti Sebenarnya Pada tahun 2008 saat ada rombongan pelajar SMP dari Jakarta yang menginap di sebuah Villa di Jalan Kaliurang.

Ada kejadian unik yang terjadi saat mereka memasuki salah satu kamar ruangan. Waktu di hape mereka berganti menjadi tanggal 12 September 1977. Seketika mereka kaget dan gak percaya. Namun begitu keluar ruangan, jam dan tanggal pada hp mereka kembali normal. Tak hanya itu, ada suatu momen di mana ada sebuah foto yang diambil oleh seorang siswa terhadap temannya. Yang bikin serem, foto temannya tersebut berubah menjadi sosok yang sudah tua.

Advertisement

Waduuh… Ini sih nyeremin banget.

Siapa bilang horornya bioskop kalau pas lagi muter film setan doang? Bioskop XXI bahkan ada “Live” setannya yang bikin film horor yang kamu liat semakin terasa nyata

Dulunya adalah bioskop Regent yang udah terbakar via www.kaskus.co.id

Lah? Bioskop kok dibilang serem? Apanya yang serem coba? Mungkin sih suasana jadi nyeremin kalau kamu nonton di sana malem-malem saat film hantu yang diputer. Tapi kalau pas biasa mah gak ada serem-seremnya.

Eits, kamu belum tau ceritanya sih. Sebelum bioskop XXI dibangun, terdapat bioskop Regent yang terlebih dulu ada di sana. Sayangnya, terjadi kebakaran di sana dan mengakibatkan korban 15 nyawa. Saat Bioskop XXI dulu didirikan, banyak cerita soal keangkerannya. Mulai dari pas di tengah-tengah permutaran film tercium bau busuk dan daging gosong hingga suhu ruangan bioskop yang tiba-tiba jadi panas.

Bahkan pernah ada cerita 4 orang pas nonton pemutaran film tengah malam. Mereka bersaksi bahwa saat itu suasana ramai dengan kursi penonton penuh semua. Bahkan mereka juga sempat ngobrol dengan penonton lain tersebut. Begitu film selesai, mereka sadar bahwa ternyata gak ada satu pun penonton lain selain mereka. Lah terus orang-orang tadi siapa?????

Bundaran Teknik UGM punya cerita mistis yang bikin kamu merinding. Gak percaya? Buktiin aja sendiri

Jangan nyanyi gugur bunga di sini via www.brilio.net

Kamu anak UGM pasti tau kan lokasi yang satu ini. Sebenarnya apa sih yang nyeremin dari tempat ini? Ini kan cuma sekadar bundaran. Dilewatin orang. Bahkan cenderung ramai pula. Mana seremnya???

Yah, kalau siang sih emang gak keliatan seremnya. Tapi di sana ada sebuah legenda horor nih. Kamu jangan sekali-kali nyanyi lagu Gugur Bunga pas lewat sana sendirian dan malem-malem (Ya ngapain juga emang *eh). Konon katanya nih, kalau kamu melanggar larangan tersebut, akan muncul sosok yang mengikutimu dari belakang sambil ikutan nyanyi juga. Kalau kamu penakut tapi terpaksa lewat sana malem-malem, mending nyanyinya lagu lain aja, deh. Bang Toyib, kek. Sambalado, kek. Biar aman gitu. Hehe….

Sebagai mantan benteng, Vredeburg juga punya cerita misteri. Hantu noni belanda dari zaman penjajahan kadang suka menampakkan diri di sini

Malem-malem di sini horor banget~ via en.wikipedia.org

Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kala berlibur di Yogyakarta adalah Benteng Vredeburg. Benteng yang dulunya dijadikan tempat pertahanan tentara Belanda tersebut selain memiliki cerita bersejarah tersendiri juga menyimpan kisah misteri di dalamnya. Menurut cerita yang berkembang beberapa orang mengaku pernah melihat hantu noni Belanda berkaki kuda. Selain hantu perempuan ada juga cerita suara mirip pasukan tentara yang sedang berlatih di mana hantu tersebut muncul tanpa kepala.

Hantu pasukan tentara tanpa kepala tersebut seringkali menampakkan dirinya. Kisah misteri lainnya terjadi pada tahun 1988 saat renovasi Pasar Beringharjo ada kejadian menggemparkan yakni terdengarnya suara teriakan dari dalam benteng. Setelah diusut ternyata suara tersebut adalah suara arwah dari tawanan yang berada di benteng Vredeburg. Bagi kamu yang penasaran dengan keangkeran benteng ini bisa datang saat malam hari dan membuktikannya sendiri. Berani?

Kalau gunung mah emang udah terkenal angker. Gunung Nglanggeran di Yogyakarta punya cerita penampakan hantu yang bisa bikin kamu lari tunggang langgang

Cuman 700mdpl aja kok. Tapi kalau malem ya serem Hehe via ksmtour.com

Yang namanya gunung pasti sudah tak asing lagi jika dihubungkan dengan cerita mistis. Banyak “penunggu” yang bertempat tinggal khusus di daerah gunung. Tak terkecuali dengan Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta.

Ada satu cerita di mana ada 2 orang pendaki yang tengah melakukan pendakian di gunung ini. Ketinggiannya yang hanya sekitar 700 mdpl membuat pendaki tersebut yakin untuk mendakinya di malam hari. Mereka berdua berniat untuk menyaksikan pemandangan indah Jogja dari puncak gunung tersebut. Namun setelah separuh jalan, entah kenapa langkah mereka terasa berat. Mereka kemudian memutuskan untuk beristirahat. Saat itulah tiba-tiba muncul sesosok wanita penjual jamu gendong yang melambaikan tangannya kepada dua pendaki tersebut.

Logikanya sih, mana ada wanita penjual jamu yang jualan malam-malam, di gunung pula. Saat mereka hendak memastikan, ternyata sosok tersebut menghilang. Tanpa pikir panjang keduanya langsung berlari sekencangnya turun tanpa melihat ke belakang. Sereem….

Mas, jamu ne Mas….

Kamu anak UNY? Hantu “Sisca” di Student Center UNY pastinya udah pernah denger dong

Ada kisah Hantu Sisca di sini via www.flickr.com

Sebagai kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1964, Universitas Negeri Yogyakarta tentu punya cerita horor tersendiri yang melegenda hingga saat ini. Dalam hal ini, ada sesosok wanita yang senantiasa menghantui Student Center UNY ini.

Suatu ketika, ada beberapa mahasiswa UNY berniat untuk mengembalikan alat yang digunakan dalam suatu acara kemahasiswaan UNY. Seperti biasa, alat-alat tersebut disimpan dalam gedung Student Center. Setelah semua alat dimasukkan, para mahasiwa berniat untuk mengunci pintu SC. Saat pintu sudah mereka kunci, tiba-tiba muncul sesosok wanita dari balik kaca jendela gedung SC tersebut. Dia tampak memanggil-manggil meminta untuk mendekat. Setelah dibukakakan pintu, wanita itu menghilang.

Di kalangan mahasiswa UNY sendiri, hantu wanita itu dikenal dengan nama Sisca. Sosok tersebut merupakan hantu yang diketahui menjadi penunggu gedung Student Center UNY.

Jembatan Fakultas Pertanian UGM emang serem. Penampakan wanita bunuh diri kadang terlihat saat kamu jalan malam-malam di sini

Jembatan Pertanian UGM via www.brilio.net

Jembatan yang satu ini emang udah sedari dulu terkenal angker. Sudah banyak kok saksi yang mengkonfirmasi kebenaran seremnya tempat ini. Jembatan yang menghubungkan laboratorium diagnostik Fakultas Kedokteran Hewan dengan Fakultas Pertanian, sebelah utara Lembah UGM ini konon punya kisah yang hingga kini masih saja dipercaya oleh mahasiswa UGM.

Konon katanya, bila kamu melewati jembatan ini pada malam hari, kamu akan melihat sesosok wanita bernama Rohana yang berjalan di jembatan. Awalnya sih emang terlihat biasa saja. Namun setelah berapa lama, sosok tersebut terlihat melompat dari atas jembatan. Yang bikin ngeri, saat kamu melihat ke bawah, kamu tidak menemukan apa-apa. Bahkan bekas darah pun nggak. Hiii…

Kamu pasti udah tau soal legenda hantu Bapak Tua Tanpa Kaki di Balairung UGM. Cerita ini sudah melegenda, loh

…………………………………. via showbiz.liputan6.com

Cerita ini menjadi legenda yang hingga sekarang masih dipercaya oleh kalangan mahasiswa UGM. Suatu hari, sekitar pukul 10 malam, dua mahasiswa UGM sedang memanfaatkan wifi di kampus. Saat mengerjakan tugas, tiba-tiba datang seorang bapak tua yang langsung duduk bersama mereka.

Ketika salah satu mahasiswa itu akan mengambil alat tulisnya yang jatuh, ia menyadari bahwa bapak tua itu tidak memiliki kaki. Karena ketakutan, ia memutuskan untuk pulang tanpa bercerita ke temannya.

Merasa tidak enak dengan temannya yang ditinggal bersama “bapak” itu, ia kemudian ngirim sms kepada temannya dan menjelaskan semuanya. Mengikuti arahan temannya untuk menjatuhkan pensil, dia langsung kaget saat tahu kaki bapak itu mengambang. Mencoba tenang dan tetap terlihat sopan di depan bapak itu, anak itu pamit kepada bapak, ”udah malam, pak. Saya permisi dulu, ya”.

Si bapak membalas, ” UDAH MALAM apa masnya UDAH TAHU?” sembari tersenyum manis.

Bayangin jika ini kejadian sama kamu. Bayangin gimana seremnya.

Ayunan di puncak Becici harus kamu waspadai. Kalau pingin mainan di sana, kamu harus sudah permisi

Haraaaaa…. via spotmisteri.blogspot.com

Kawasan puncak Becici memang sudah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Yah, spotnya emang keren ditambah kamu bisa menikmati Jogja dengan pemandangan yang berbeda. Tapi siapa sangka di sana juga punya cerita horor.

Ada cerita tentang ayunan yang terpasang pada sebatang pohon di sana. Saat ada wisatawan yang tanpa izin bermain ayunan tersebut, dia merasa bahwa ada dorongan yang kuat dari belakang. Ternyata, ada anak kecil yang merasa terganggu dengan kedatangan orang tersebut yang tiba-tiba naik ayunan tanpa permisi. Kemudian anak tersebut pergi memanggil “keluarga”nya.

Malam harinya, di dalam tenda yang mereka tempati terdengar suara gaduh. Namun seingat mereka sudah tidak ada orang di dalamnya. Saat hendak melihat ada apa di dalam tenda, tiba-tiba ada kepala pocong “ngintip” dari dalam tenda. Tak selesai di situ, ada saksi mata yang mengatakan bahwa HPnya tiba-tiba nyala kamera depannya sendiri dan terlihat sosok pocong di belakangnya. Serem bener.

Kamu kalau mau main apa-apa di tempat orang harus permisi dulu, ya. Jangan sampai hal ini kejadian sama kamu.

Jalan Malioboro dan Alun-alun Kidul juga ternyata serem banget, loh. Ada yang menghantui di setiap perjalananmu ke sana

Terbayang oleh bayangan masa lalu~ via pamungkaz.net

Yogyakarta adalah satu kota yang menyimpan cerita romantis di setiap sudutnya. Tak heran jika banyak pasangan yang memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan di kota gudeg ini.

Gak ada yang lebih nyeremin daripada kenangan akan mantan yang selalu menghantuimu setiap waktu. Dalam hal ini, jalan Malioboro menjadi saksi banyaknya pasangan yang menghabiskan waktu mereka untuk menikmati ramainya jalan paling hits di Yogyakarta tersebut. Pun demikian dengan Alun-alun kidul. Tempat yang ramai digunakan untuk pacaran oleh banyak pasangan ini juga menyimpan banyak cerita antara kamu dan mantanmu. Kalau kenangan tersebut masih saja menghantuimu, dua tempat tersebut bisa jadi yang paling horor dari semua tempat yang sudah disebut di atas. Hehe 😛

Yogyakarta dengan segala macam cerita di setiap sudutnya memang selalu menarik untuk kita gali. Ada banyak cerita baru setiap kita berkunjung ke kota Gudeg tercinta ini. Yah, meski cerita yang disebut adalah cerita horor dan misteri, namun tetap tak mengurangi romantisme kota tercinta ini. Cerita ini nggak bakal halangin kamu traveling ke Jogja, kan?

Kamu gimana? Pernah nemuin cerita serem lain di Jogja? Bagi ceritamu di sini juga, ya. 🙂