Sering Terjadi, Ini lo 6 Kesalahan Kecil Tapi Fatal yang Dilakukan Para Traveller Saat Memesan Hotel

Kesalahan fatal traveller hotel

Dalam berlibur ke suatu tempat, hotel atau penginapan adalah jadi faktor yang penting. Hotel adalah ‘rumah kedua’ bagi para pelancong. Di tempat tersebut kita bisa beristirahat, menyimpan barang-barang, sampai membersihkan badan setelah seharian bepergian.

Advertisement

Atas dasar tersebut kita sebagai traveller harus cerdas dalam memilih hotel. Mempertimbangkan dan mendiskusikannya dengan matang. Terkadang para traveller melakukan kesalahan kecil namun berakibat fatal saat memesan hotel. Akibatnya liburan yang sudah direncanakan secara matang jadi kurang maksimal. Untuk menjauhkan ‘bad vibes‘ dari liburanmu, berikut ini daftar kesalahan kecil traveller saat memesan hotel yang harus dihindari.

1. Menganggap bahwa hotel dengan harga murah dan diskon besar adalah pilihan yang terbaik

Senang mendapat harga murah via unsplash.com

Pertama adalah kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh para traveller. Ya, apalagi kalau bukan tergiur dengan harga murah dan diskon. Mendapat penginapan dengan harga semurah mungkin memang wajib dilakukan, tapi jangan sampai kita tergiur dengan harga miring dan diskon tanpa memperhitungkan hal lain.

Bisa jadi harga murah atau diskon nggak sesuai dengan fasilitas yang kamu butuhkan. Liburanmu akan terganggu jika kamu mendapat hotel yang murah namun dengan fasilitas yang kurang bagus. Misalnya hotel tanpa tempat parkir, lokasi jauh dari jalan raya atau yang paling parah adalah penipuan. Hati-hati ya!

Advertisement

2. Terlalu percaya pada situs pemesanan online tanpa cross check ke hotel aslinya

Terlalu percaya agen online kurang baik via unsplash.com

Masih berhubungan dengan masalah budget, dengan kemajuan teknologi para traveller sudah nggak sulit lagi mencari penginapan. Telah banyak situs-situs pemesanan hotel yang bisa digunakan. Karena telah disediakan dengan mudah biasanya para traveller akan percaya pada situs pemesanan hotel tanpa memastikan harga hotel asli.

Boleh kok kamu mempercayai situs pemesanan online. Tapi di sisi lain alangkah lebih baik memastikan dengan harga hotel yang aslinya. Kamu bisa memastikannya dengan cara menelefon hotel secara langsung atau melihat situs resmi hotel tersebut. Terkadang kita mendapat harga jauh lebih murah saat memesan langsung pada hotelnya daripada di situs pemesanan online. Lumayan hemat biaya, ‘kan?

3. Malas membandingkan harga dengan hotel lain serta malas membaca ulasan traveller lain yang pernah menginap di hotel pilihan

Advertisement

Membandingkan dan membaca ulasan itu perlu via unsplash.com

Kesalahan nomor tiga sering terjadi pada kelompok traveller laki-laki. Karena insting ‘nggak mau ribet’, biasanya laki-laki malas membandingkan harga hotel satu dengan hotel lainnya. Padahal membandingkan harga dan fasilitas ini sangat penting demi kenyamanan dan pengeluaran selama liburan lo.

Lalu ada juga orang yang malas membaca ulasan dari traveller lain. Ini sering terjadi. Meski ulasan bersifat subjektif, setidaknya kita memiliki gambaran akan kualitas dan kenyamanan seseorang yang pernah menginap di hotel tersebut. Mulai sekarang, jangan malas baca ulasan ya!

4. Memesan hotel di detik-detik sebelum berangkat atau memesan terlalu cepat dari tanggal keberangkatan

Memesan tiket mendadak via unsplash.com

Para traveller juga sering melakukan kesalahan terkait waktu pemesanan hotel. Biasanya kesalahan yang terjadi adalah para traveller memesan hotel di detik-detik terakhir sebelum berangkat. Bukannya nggak boleh, hanya saja kurang efisien. Pasalnya harga hotel akan lebih murah kalau memesannya jauh-jauh hari. Apalagi jika memasuki musim liburan, bisa-bisa kamu kehabisan hotel karena berebut dengan traveller lain.

Meski memesan hotel jauh-jauh hari lebih bagus, memesan hotel jua jangan terlalu cepat dari tanggal keberangkatan. Misal, kamu memesan hotel 6 bulan sebelum keberangkatan tentu kurang efektif. Karena kamu bisa saja mengganti jadwal berangkat. Idealnya kamu memesan hotel 3-4 minggu sebelum berangkat. Dengan begitu kamu masih bisa mendapat harga murah juga sudah punya tanggal pasti untuk berlibur.

5. Kesalahan yang cukup fatal dan merugikan adalah nggak memilih opsi pemesanan hotel dengan ganti rugi

Memilih opsi pemesanan via unsplash.com

Salah satu yang sering dilewatkan oleh para pelancong soal memesan hotel adalah ganti rugi pembatalan. Padahal opsi ini sangat penting sebab kita nggak pernah tahu akan ada kejadian apa di masa depan. Bisa saja kamu mendadak nggak bisa pergi karena urusan keluarga atau terjadi bencana di tempat tujuan kamu berlibur. Dengan opsi ganti rugi, setidaknya kamu mendapat uang kembali setengahnya. Nggak rugi-rugi amat deh~

6. Terakhir, terlalu fokus mencari hotel dengan fasilitas terbaik, bukan hotel dengan lokasi yang strategis

Lokasi hotel, bukan fasilitas via unsplash.com

Terakhir ini adalah hal paling penting. Biasanya traveller sering mempertimbangkan hotel dengan ragam fasilitas. Hal ini tentu bukan masalah kalau hendak melakukan staycation. Bahkan kalau kamu hendak liburan ala staycation, fasilitas hotel adalah pertimbangan penting yang mesti diperhatikan.

Tapi kalau kamu hendak bepergian ke destinasi wisata, lebih baik kamu fokus mencari hotel berdasarkan lokasi. Cari hotel yang dekat dengan jalan raya, tempat penyewaan kendaraan, atau tempat kendaraan umum seperti stasiun atau terminal. Kalau menginap di lokasi strategis, kamu nggak akan akan banyak membuang waktu untuk menjelajahi beragam tujuan wisata.

Nah itu dia 6 kesalahan kecil namun fatal yang sering dilakukan traveller saat memesan hotel. Semoga artikel ini bisa membuat kamu lebih berhati-hati dan mempertimbangkan pemesanan hotel lebih teliti

Virtual-Trip-Bern-City-Blausee-Lake-Tour-1
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE