Jadi Pilihan Populer di Masa Pandemi, Ini 4 Kesalahan Umum Orang-Orang Saat Staycation

Kesalahan saat Staycation di masa pandemi

Tak banyak pilihan wisata di masa pandemi ini. Satu yang bisa jadi pilihanmu adalah staycation. Jenis wisata satu ini makin ngetren di masa pandemi lantaran dapat dilakukan dengan relatif aman. Pengalaman yang ditawarkan pun cukup untuk melipur bosan selama periode di rumah saja.

Advertisement

Secara umum, staycation dapat diartikan sebagai kombinasi berlibur dan tetap di rumah. Mengunjungi taman dekat rumah adalah staycation. Namun, biasanya orang-orang melakukan staycation dengan cara menginap di hotel tak jauh dari area tempat tinggal demi mendapatkan suasana baru sekaligus bersenang-senang memanfaatkan fasilitas yang tersedia.

Nah, kalau kamu tertarik untuk staycation seperti yang ngetren saat ini, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari. Melansir Huff Post, berikut 4 kesalahan umum orang-orang saat staycation.

1. Staycation saat weekend

Ilustrasi staycation saat weekend | Photo by Oliver Dumoulin on Unsplash

Tak sedikit orang yang melakukan staycation saat weekenddan kamu sebaiknya nggak ikut-ikutan melakukan hal yang sama. Blogger di The Dining Traveler Jessica van Dop DeJesus menyampaikan dua alasan mengapa kamu sebaiknya nggak staycation saat weekend.

Advertisement

Pertama, banyaknya orang yang staycation saat weekend berpotensi menimbulkan keramaian. Ingat, kamu memilih staycation karena ingin liburan dengan tetap patuh protokol kesehatan. Kedua, keramaian akan membuatmu kesulitan mengakses fasilitas yang tersedia di hotel untuk bersenang-senang. Untuk menikmati staycation dengan paripurna, sebaiknya kamu melakukan staycation di weekday.

2. Tidak benar-benar istirahat dan bersenang-senang saat staycation

Ilustrasi diganggu pekerjaan saat staycation | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Karena staycation sering dilakukan tak jauh dari area tempat tinggal, orang-orang sering lupa untuk benar-benar memanfaatkan waktu staycation mereka untuk istirahat dan bersenang-senang. Blogger di O. Christine Olivia Christine Perez mengatakan masih banyak orang yang tidak memutus hubungan dengan hal-hal seperti pekerjaan, urusan dengan teman, dan sebagainya saat staycation.

Untuk itu, sebelum melakukan staycation baiknya memastikan kalau urusan kerjaan rampung. Tak jarang “gangguan pekerjaan” saat liburan muncul karena kita memang belum menuntaskan apa yang menjadi kewajiban. Nah, jika kewajibanmu telah ditunaikan, maka segala jenis gangguan bisa dihindari dengan cara mematikan ponsel atau menonaktifkan nomor yang berhubungan dengan kerjaan.

Advertisement

3. Menghindari hal-hal yang dilakukan turis

Ilustrasi turis | Photo by Adolfo Félix on Unsplash

Seperti telah disebutkan, staycation nggak sekadar aktivitas menginap di hotel dekat area tempat tinggal. Namun, jarang ada orang yang mau melakukan hal-hal yang identik dengan turis seperti mengeksplorasi kawasan sekitar. Ini karena kebanyakan dari mereka merasa telah mengenali area tempat staycation melebihi siapapun.

Faktanya, seorang turis bisa menemukan lebih banyak hal menarik dari area tempat tinggalmu dibanding kamu sendiri, loh. Tips dari blogger di Claire’s Itchy Feet Claire Summers agar staycation-mu menarik adalah berpura-pura menjadi turis. Dengan cara ini kemungkinan besar kamu akan menemukan hal-hal yang sebelumnya luput dari pandanganmu.

4. Tidak mengemas kebutuhan dengan baik

Ilustrasi packing | Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash

Nggak seperti saat akan liburan ke destinasi nun jauh, orang-orang saat hendak staycation memiliki kecenderungan tidak teliti saat berkemas. Pertama karena staycation biasanya dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, dan kedua karena berasumsi bahwa kamar hotel menyediakan segala kebutuhanmu.

Faktanya, saat ini beberapa hotel tidak lagi menyediakan sikat, pasta gigi dan berbagai perlengkapan mandi sekali pakai, menyusul meningkatnya penerapan industri hijau. Dengan kata lain, baik staycation maupun liburan ke destinasi nun jauh, kamu tetap harus teliti dan membawa seluruh kebutuhan daripada harus repot-repot menghubungi layanan kamar atau mencari minimarket terdekat.

Nah, itu dia 4 kesalahan umum orang-orang saat staycation untuk dapat kamu hindari. Kamu yang pernah staycation sempat melakukan kesalahan di atas, nggak?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE