Fenomena Langit Komet Neowise Melintasi Bumi Pekan Ini. Cuma Bisa Dilihat Sekali Seumur Hidup Lho!

Komet Neowise

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengumumkan fenomena langit yakni komet Neowise atau C/2020 F3 akan melintasi Indonesia. Kabar baiknya, peristiwa ini dapat kamu saksikan sendiri ke arah matahari terbenam. Wah seru nih, kapan ya komet Neowise melintas?

Advertisement

Buat yang belum tahu, komet adalah benda luar angkasa yang mengorbit matahari. Karena mengorbit matahari, komet sesekali terlihat dari bumi. Kapan komet Neowise datang dan bisa disaksikan dari Indonesia? Yuk simak penjelasan Hipwee Travel berikut ini.

Komet Neowise akan bisa kamu saksikan selama sepekan mulai 19 Juli hingga 25 Juli 2020. Tepatnya setelah matahari terbenam

komet neowise via www.liputan6.com

Kabar baik buat pecinta astronomi. Komet Neowise bakal melintasi bumi dan terlihat dari Indonesia. Nggak cuma satu atau dua hari lho, tapi seminggu lamanya bisa kita saksikan kehadiran komet ini. Komet Neowise bisa kamu saksikan mulai Minggu (19/7) sore hingga Sabtu (25/7) setelah matahari terbenam. Kurang lebih 25 menit setelah terbenamnya matahari. Perhatikan arah barat laut dan sebaiknya gunakan teropong atau kamera agar lebih mudah menyaksikannya. Ya tentu nggak semua tempat yang bisa melihat. Tergantung cuaca yang ada di daerahmu.

Komet yang dikenal sebagai C/2020 F3 (NEOWISE) atau disebut komet Neowise itu pertama kali terdeteksi pada Maret 2020 oleh satelit NASA NEOWISE. Dinamakan Neowise sesuai dengan nama satelit yang mendeteksinya. Komet itu akan berada paling dekat dengan bumi pada hari Kamis 23 Juli, sekitar 103 juta kilometer. Jadi waktu terbaik untuk mengamatinya adalah Kamis pekan ini.

Kehadiran komet Neowise ini cuma sekali seumur hidup lho. Jadi jangan sampai kamu lewatkan ya!

komet neowise via www.bbc.com

“Waktu terbaik untuk mengamatinya pada tanggal 23 Juli 2020. Komet mulai sulit dilihat pada 26 Juli 2020 pada lokasi berpolusi cahaya, sedangkan pada langit yang bersih bebas dari polusi cahaya akan mulai kesulitan melihat komet pada 5 Agustus 2020,” tulis LAPAN di situsnya.

Penting sekali buat kamu untuk menyaksikan datangnya komet Neowise ini. Hal ini karena komet ini cuma bisa kamu saksikan sekali seumur hidup. Penjelasannya begini, NASA menyampaikan bahwa komet ini membutuhkan waktu selama 6.800 tahun untuk mengelilingi matahari. Setelah perjalanan panjang akhirnya komet akan menampakan diri ke bumi. Karena sangat langka, kejadian ini jadi kesempatan sekali seumur hidup bagi manusia di bumi untuk melihat dan menyaksikan komet tersebut. Wah jadi makin nggak sabar ya!

Mulai hari ini sampai tanggal 25 nanti, pokoknya jadi anak senja dulu deh buat nontonin komet Neowise dulu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE