Bicara kuliner khas, hampir semua daerah punya makanan khas yang unik. Nggak cuma cita rasanya, tapi juga namanya aneh-aneh. Dibilang aneh karena biasanya namanya berasal dari bahasa lokal. Kalau nggak terbiasa bisa-bisa kuliner khas itu dianggap menjijikkan hanya karena namanya saja. Salah satu contohnya adalah Dawet Jembut Kecabut di Purworejo.

Nah, ternyata ada banyak kuliner dengan nama yang terkesan jorok. Sebut saja ‘memek Simeulue’ di Aceh dan juga maaf, kue Tolpit alias ‘Kontol Kejepit‘. Kuliner terakhir ini berasal dari Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang sih nggak sepopuler dawet hitam Jembut Kecabut (Jembatan Butuh Kecamatan Butuh), namun belakangan banyak yang penasaran dengan makanan yang satu ini.

Tolpit atau Kontol Kejepit adalah kudapan khas dari Bantul, Yogyakarta. Dari namanya saja udah kebayang kan gimana bentuknya?

Advertisement

Kue asal Bantul ini bernama Tolpit alias Kontol Kejepit. Bukan, ini bukan bermaksud jorok sih. Memang namanya begitu. Kalau di bahasa Indonesia, nama makanan ini berarti alat kelamin pria yang terjepit. Aduh ngilu banget deh ya. Tapi ada benarnya juga sih dinamakan demikian. Jika kamu perhatikan, kudapan ini sekilas mirip dengan skrotum (bagian bawah penis laki-laki). Ya nggak mirip-mirip banget sih, tapi ya kurang lebih kaya gitu lah. Mungkin dulu orang Bantul pas ngasih nama kue ini pas lagi bercanda kali ya. Hehehe.

Kue Tolpit terbuat dari adonan tepung beras yang ditambah gula jawa. Rasanya kenyal dan manis sih, enak banget kok

kontol kejepit via jogjainside.com

Kue yang biasanya dijual di Pasar Turi, Bambanglipuro, Bantul ini terbuat dari adonan tepung beras yang ditambah dengan gula jawa. Adonan tersebut kemudian digoreng sampai matang. Kue Tolpit ini paling enak dimakan selagi hangat. Rasanya manis dan legit, dengan sedikit citarasa gurih di lidah. Kamu bisa menemukan tolpit di toko oleh-oleh dan juga beberapa pasar tradisional di Bantul, nggak cuma di Bambanglipuro saja kok.

Di libur lebaran, banyak pemudik yang mencari oleh-oleh Tolpit untuk dibawa ke kota. Kue ini selalu laris waktu lebaran

kue tolpit via merahputih.com

Sebenarnya nama lain dari makanan ini adalah adrem, namun orang lebih suka mengucap Tolpit. Mungkin lebih mantap kali ya. Hehehe. Kue ini laris manis saat musim lebaran kemarin. Banyak pemudik yang mencari tolpit buat oleh-oleh. Harganya mulai dari 100o rupiah saja untuk mencicipi kue tolpit yang lezat ini. Makanan ini juga cukup awet hingga berhari-hari kok. Jadi cocok banget buat oleh-oleh.

Advertisement

Kamu yang mau liburan ke Jogja terutama ke Bantul, jangan lupa cicipin Tolpit alias Kontol Kejepit ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya