Siapa sih yang segala sesuatunya suka disama-samakan dengan orang lain? Terlebih perempuan, barang kecil macam dompet, gantungan kunci, atau apapun, pasti nggak rela kalau ada temannya yang bahkan tanpa sengaja menyamai barangnya. Apalagi kalau kedapatan mengenakan pakaian sama di satu lokasi pula, jangan ditanya betapa malunya.

Nah, yang satu ini, lebih parah lagi. Seorang perempuan kedapatan meniru pose foto seorang travel blogger dunia yang juga selebgram di lokasi-lokasi yang sama, dengan busana serupa. Apa nggak ngeri yang begini? Kebayang juga gimana sebelnya si travel blogger ini dong? Simak ya..

Kenalin dulu, ini tentang Lauren Bullen. Selebgram dan travel blogger asal Inggris yang cukup ngehits. Dia traveling keliling dunia selama lima tahun dan masih berlangsung hingga sekarang

ini dia si cantik Lauren Mullen via www.neverendingfootsteps.com

Lauren Mullen, di instagram lebih dikenal dengan @gypsea_lust, dia sudah memiliki pengikut lebih dari 600 ribu. Mullen jalan-jalan ke seluruh dunia mengunjungi berbagai tempat. Merekam banyak pemandangan, dan menilik beragam budaya bersama kekasihnya yang bernama Jack Morris. Dia mendokumentasikan perjalanannya dengan pose-pose sempurna di Instagram. Kalau nggak yakin, coba deh cek instagramnya.

Hingga kemudian ‘tragedi’ aneh ini pun terjadi. Mullen mendapati seorang wanita misterius yang mengikutinya ke lokasi-lokasi yang sama. Walaupun yang menguntit adalah seorang wanita, apa ini nggak mengerikan?

mirip banget via www.boredpanda.com

Advertisement

Terinspirasi untuk pergi ke tempat wisata yang pernah dikunjungi orang lain memanglah suatu hal yang sangat wajar. Tapi, bagaimana jika justru terinspirasi untuk meniru pose dan angle pengambilan foto untuk diposting di media sosial macam Instagram? Apalagi kalau caption yang menyertainya juga sama. Bukankah ini hal yang anehnya luar biasa? Nah, si Mullen ini belakangan ‘diganggu’ dengan wanita misterius pengguna Instagram lain yang meniru dirinya, menjiplak posenya di lokasi yang sama, dengan busana serupa. Menurutmu, gimana?

@diana_alexa pemilik akun yang ditengarai mengikuti Mullen. Tak banyak yang tahu soal wanita ini, akun instagramnya aja private. Hiks!

effortnya luar biasa via metro.co.uk

@diana_alexa, seorang fotografer otodidak berusia 23 tahun yang mengikuti jejak Mullen berkeliling dunia. Alexa mengambil gambar dengan penampilan, pose, dan sudut foto yang sama dengan yang sudah diposting Mullen di Instagram. Sampai sekarang, dilansir metro.co.uk, belum ada seorang pun yang tahu apa motivasi Alexa sebenarnya. Dia membuat kembali sekitar 20 foto dari Mullen dengan setiap detail yang mirip. Mulai dari Yunani ke Maroko, hingga Gurun Sahara. Kalau misalnya dia seorang fans yang ingin meniru segala apa yang dilakukan idola, nggak harus gini juga sih caranya.

Terang saja, Mullen mengaku resah dan merinding dengan kejadian serupa film-film horror ini. Sebuah tulisan pun dia unggah di blog pribadinya

siapa yang nggak resah kalau begini via dailymail.com

 “Saya sangat merinding dan terganggu ketika melihat gambar-gambar wanita ini,” kata Mullen, dikutip dari Dailymail.

“Saat seorang perempuan mulai jalan-jalan ke seluruh dunia dan membuat ulang foto dirimu berulang-ulang, disitu kamu akan mulai khawatir,” tulis travel blogger ini di blognya.

Melalui tulisannya yang berjudul ‘Imitation is the sincerest form of flattery‘ atau berarti ‘imitasi adalah bentuk sanjungan yang tulus’, Mullen menceritakan kegundahan akan karyanya dan Jack yang ditiru oleh pemilik akun Instagram @diana_alexa. Dalam tulisan itu, Mullen menerka bahwa apa yang dilakukan Alexa mungkin saja sebuah bentuk kekaguman. Namun di sisi yang lain, meniru sebuah karya seseorang hingga seekstrem itu bisa dibilang sangat amat mengerikan. Butuh waktu dan uang yang tak sedikit untuk mengikuti Mullen dan kekasihnya yang traveling ke berbagai destinasi ngetop dunia. Bukankah hal ini sungguh sulit dinalar?

Mencoba mencari tahu, Lauren pun mencoba jalan persuasif dengan bertanya langsung pada pemilik akun. Dan jawabannya sama sekali tak menenangkan

kadang nggak persis, tapi nyaris via metro.co.uk

Sang pemilik akun @diana_alexa berkata, semua orang akan melakukan aksi saling tiru. Bahkan dia menyarankan agar Mullen mem-private akun instagramnya, jika tak ingin hal serupa terulang lagi.

“Aku pikir dia tidak mengerti bahwa tidak ada orang yang meniru seekstrem ini sebelumnya, dan ini sangat berbeda. Dia meniru posisi tangan, apa yang ada di tanganmu-semuanya. Itu sudah beda tingkatnya,” terang Mullen, diambil dari metro.co.uk

Awalnya, Mullen mengira foto yang dibuat Alexa adalah foto hasil editan dari photoshop, tapi ternyata semua foto itu memang asli. Padahal, Mullen mengaku tak pernah sama sekali memberi informasi tentang baju atau aksesori merk apa yang dia pakai. Jadi, kamu bisa bayangkan dong berapa besar usaha peniruan ini? Bahkan di beberapan foto, caption atau keterangan fotonya pun sama.

kembar, hehe via www.boredpanda.com

Dengan adanya kejadian ini, tak sedikit traveler dan netizen yang menuliskan komentar di blog hingga laman instagram Mullen. Beragam komentar, baik yang pro dan kontra pun dituliskan. Ada yang membully Alexa, ada juga yang bersikap netral. Menurutmu gimana?