Pesawat terbang biasanya mendarat darurat karena terjadi masalah pada mesin atau karena cuaca buruk sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan. Hal ini dilakukan demi keselamatan para penumpang pesawat sehingga opsi mendarat darurat pun diambil. Tentu dalam penerbangan, safety first adalah hal yang paling utama.

Namun apa jadinya apabila pesawat harus mendarat darurat hanya karena masalah yang bisa terbilang sepele, ya meskipun dampaknya sangat besar sih. Ya, pesawat Delta Airlines harus mendarat darurat karena toilet pesawat mampet pada tanggal 2 Desember lalu. Wah kalau urusan biologis begini repot urusannya ya. Begini kronologis kejadiannya di mana pesawat harus mengambil keputusan untuk mendarat darurat hanya karena toilet mampet.

Pesawat Delta Airlines dengan tujuan Seattle dari New York ini harus melakukan pendaratan darurat. Hal ini karena toilet pesawat mampet sementara perjalanan udara ini membutuhkan waktu 6 jam!

toilet pesawat via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Dilansir dari Daily Mail, pesawat Boeing 757 Delta Airlines dengan rute New York-Seattle ini mengalami masalah yang sepertinya sepele tapi berdampak besar, yakni toilet mampet atau tidak berfungsi normal. Ya kalau di rumah atau tempat publik, toilet mampet tinggal pindah ke toilet lain atau tetangga. Tapi kalau toilet pesawat yang mampet, wah bisa repot urusannya. Lagipula perjalanan pesawat ini membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam. Nggak mungkin ‘kan semua penumpang harus menahan buang air kecil ataupun buang air besar selama itu di dalam pesawat? Awak kabin pun nggak bisa mengatasi masalah ini. Untuk itu kapten pesawat mengambil keputusan untuk mendarat darurat di bandara terdekat.

Delta Airlines ini mendarat di sebuah bandara yang terdekat, Billings di Montana. Para penumpang pun diminta segera menuntaskan hajatnya sebelum pesawat kembali mengudara

delta airlines via www.travelandleisure.com

Sesampainya di bandara terdekat, tepatnya di Kota Billings, Montana, awak kabin mempersilahkan para penumpang untuk menggunakan toilet di bandara tersebut sebelum melanjutkan perjalanan. Setelah semua selesai menggunakan toilet, pesawat pun melanjutkan perjalanan ke tujuan yakni ke Seattle. Meskipun terkesan konyol, tapi ini adalah sebuah. keputusan yang sangat baik dipandang dari segi pelayanan kepada penumpang. Mimpi buruk toilet mampet pun telah diselesaikan dengan baik.

Ternyata ini bukan kejadian kali pertama. Pada tahun 2015, British Airways juga mengalami hal yang sama…

toilet meluap via mentalfloss.com

British Airways rute London-Dubai juga mengalami kejadian yang nyaris serupa. Saat itu tercium bau busuk dari toilet yang meluap dan berisi feses cair. Tentu hal ini mengganggu para penumpang yang dekat dengan toilet. Untuk itu, pesawat pun harus kembali ke Heathrow, London karena kejadian itu. Kejadian itu membuat para penumpang harus menunggu 15 jam hingga penerbangan berikutnya. Konyol banget ya.

Advertisement

Apakah kamu pernah mengalami kejadian seperti ini, Travelers?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya