Siapa yang nggak suka dengan bunga? Baik cowok maupun cewek, pasti suka melihat indahnya bunga ataupun taman bunga. Bahkan, banyak orang rela datang jauh-jauh hanya untuk melihat cantiknya bunga ketika sedang bermekaran. Nggak percaya? Contohnya, tiap tahun banyak orang rela bayar mahal untuk lihat bunga sakura mekar di Jepang.

Nggak cuma Jepang dan bunga sakura, Indonesia juga punya kota bunga yang bikin penasaran, kota Tomohon. Jaraknya cuma 1 jam perjalanan dari Manado. Tiap tahun ada festival bunga berskala internasional di Tomohon. Selain festival bunga internasional, Tomohon juga punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Yuk, simak ulasan Hipwee Travel tentang Tomohon, kota bunga di Sulawesi Utara.

Danau Linow, danau tiga warna yang indah di Tomohon. Duduk di pinggir danau sambil minum kopi dan makan pisang goroho aduhai asiknya.

Danau Linow via www.indonesiakaya.com

Advertisement

Danau Linow adalah danau dengan kandungan belerang yang tinggi. Oleh karena itu, Danau Linow punya lebih dari satu warna yang bisa berubah-ubah. Paling asik datang ke Danau Linow saat pagi hari. Warna langit Danau Linow berlapis-lapis dan cocok banget dijadikan objek foto. Ingat untuk pesan kopi atau teh dan makan pisang Goroho, pisang goreng  tipis yang dicocol sambel roa.

Berkunjunglah ke Bukit Kasih dan temukan indahnya toleransi di sana. Ada masjid, gereja, klenteng, dan pura yang dibangun berdampingan.

Bukit Kasih via dolandolen.com

Seperti namanya, Bukit Kasih ini menunjukkan kalau masyarakat Indonesia penuh kasih. Di satu area ada empat rumah ibadah yang berbeda; masjid, gereja, klenteng, dan pura. Dinamakan Bukit Kasih karena memang lokasinya berada di atas bukit. Adem kan lihat perbedaan yang berjalan beriringan.

Naik ke Kawah Gunung Mahawu. Cocok banget untuk yang males naik gunung karena segampang naik anak tangga dan ada gardu pandang di puncaknya.

Gunung Mahawu via betawian.blogspot.com

Tomohon dikelilingi oleh beberapa gunung berapi, salah satunya adalah Gunung Mahawu. Gunung Mahawu ini sangat ramah untuk siapa saja. Sudah ada anak tangga sampai ke atas, sehingga pengunjung bisa melihat kawah Gunung Mahawu dari dekat. Di sekeliling kawah Gunung Mahawu juga ada jalur untuk berjalan kaki dengan aman.

Naik ke Bukit Tetetana dan kamu bisa melihat separuh Minahasa dari ketinggian. Kebun bunga yang cantik juga bisa terlihat dari sini.

Bukit Tetetana via jejakperahu.wordpress.com

Advertisement

Kalau kamu ingin melihat separuh Minahasa dari ketinggian, Bukit Tetetana adalah tempatnya. Dari Bukit Tetetana kamu bisa melihat pemandangan Kota Manado, Selat Lembeh, Tondano, dan Manado Tua. Di salah satu bagian juga bisa terlihat kebun bunga yang cantik.

Datang ke Pagoda Ekayana di Vihara Buddayana. Gunung Lokon terlihat jelas dari sini.

Pagoda Ekayana via wiki-wisata.blogspot.com

Pagoda Ekayana tingginya sekitar 9 lantai. Di pintu masuk kamu akan disambut dengan 18 patung Lohan dan Arhats, yang menceritakan perjalanan Budha. Dari sini kamu bisa melihat pemadangan Gunung Lokon yang indah. Pemandangan sepanjang perjalanan ke Pagoda Ekayanan bagus banget. Kamu bisa melihat rumah penduduk lokal yang berupa rumah panggung dan sawah-sawah hijau.

Danau Tondano dan pemandangan bak lukisan. Letaknya berada di bukit dan dikelilingi pegunungan.

Danau Tondano via www.publikreport.com

Danau Tondano terletak di bukit dan dikelilingi oleh gunung. Pemandangan di Danau Tondano ini cantik banget. Di tengah danau ada sebuah pulau kecil. Kamu bisa naik perahu keliling danau, tapi perahu ini nggak bisa mampir di pulau. Kamu juga bisa hiking ke pegunungan yang mengelilingi Danau Tondano.

Air Terjun Tumiperas Pinaras yang pemandangannya bikin menganga. Lokasinya nggak jauh dari pusat kota dan trekkingnya cukup 15 menitan aja.

Air Terjun Tumiperas via aiyep2016.wordpress.com

Ada banyak air terjun di Tomohon dan sekitarnya. Air Terjun Tumiperas adalah air terjun yang lokasinya nggak jauh dari pusat kota. Untuk mencapai air terjunnya, kamu juga nggak perlu trekking terlalu lama, cukup 15 menitan aja. Pemandangannya tentu bikin menganga.

Perkampungan Bunga Tomohon di Kakaskasen yang penuh dengan bunga hias. Kamu juga bisa lihat Gunung Lokon dari sini.

Perkampungan Bunga Tomohon via aiyep2016.wordpress.com

Perkampungan Bunga Tomohon ini memang terletak di kaki Gunung Lokon. Lokasinya di Kakaskasen. Di perkampungan bunga Tomohon ini emang banyak banget bunga-bunga cantik. Udaranya juga sejuk. Rugi banget deh kalo belum ke sini.

Tomohon juga dikenal dengan pasar extreme atau Pasar Beriman yang menjual berbagai jenis hewan untuk dimakan. Sampai-sampai ada istilah bahwa orang Minahasa makan semua yang berkaki empat kecuali kaki meja. Seru sih untuk yang suka adu adrenalin, tapi untuk pecinta hewan mending skip deh.

Tiap bulan Juni-Juli Tomohon International Flower Festival digelar. Jalan-jalan ke Tomohon yuk!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya