Nggak Cuma Tteokbokki, Ini Kuliner Nikmat yang Harus Dicicip Kalau ke Korea. Ada Favoritnya Lee Seung-gi!

Kuliner Khas Korea

Fenomena K-drama bikin restoran Korea di Indonesia makin menjamur. Ya gimana nggak, kamu pasti suka ikutan ngiler kan pas nonton oppa atau eonnie kesayangan makan tteokbokki atau jajangmyeon.  Buat kamu yang suka kulineran, wajib deh cobain makanan khas Korea karena rasanya kaya dan bikin nagih!

Walaupun ada beberapa restoran Korea di sini, kamu juga harus coba di negaranya langsung, khususnya di Busan. Pastinya ada perbedaan dari bumbu dan bahan-bahannya. Selain tteokbokki yang sekarang bahkan dijual instan, ini beberapa makanan khas Busan populer yang harus kamu icip kalau liburan ke sana.

Pajeon Dongnae, panekuk daun bawang yang bahannya simpel tapi enak banget!

Disantap pakai saus gochujang tambah nikmat! (Foto: dok. Korea Tourism Organization)

Makanan yang berasal dari Dinasti Joseon ini dulunya disajikan kepada raja lho. Bahan-bahan pembuatannya pun simpel. Jadi adonan telur, tepung beras, daun bawang, sayuran segar dan makanan laut seperti gurita, udang, tiram, dan kerang dicampur jadi satu. Dengan bahan selengkap itu pastinya sehat dan enak dong! Kamu bisa icip pajeon yang nikmat di Dongnae.

Milmyeon, mie yang disajikan dingin. Rasanya enak karena dicampur kaldu dan sayur

Mie ini unik banget! (Foto: dok. Korea Tourism Organization)

Hidangan mi pastinya udah biasa ya, tapi kalau makan mi dingin udah pernah belum? Nah kamu wajib coba milmyeon. Makanan khas Busan ini terbuat dari mi yang dicampur tepung tepung ubi jalar. Makin nikmat, mi tersebut disajikan dengan kaldu daging plus rempah-rempah, sayuran, dan tulang daging.

Makanan ini menyimpan sejarah lho. Jadi dulunya, milmyeon dibuat oleh para pengungsi dari daerah utara seperti Hamheung dan Pyeongyang yang melarikan diri ke daerah selatan selama Perang Korea. Tapi sekarang mi dingin ini bisa dinikmati semua orang. Nikmat banget kalau makan ini dengan es serut pas musim panas. Sluuuurp!

Gomjangeo, belut laut yang dibakar dengan bumbu pedas ini wajib dicoba!

Buat pencinta pedas cobain yang satu ini nih (Foto: dok. Korea Tourism Organization)

Kalau di Indonesia mah seringnya makan belut sawah, coba deh belut laut khas Busan ini. Belut laut dibumbui pedas, lalu dipanggang di atas jerami, dan disajikan dengan sayuran segar yang nikmat. Kalau orang Busan sih suka makan ini ditemani segelas Soju (minuman beralkohol khas Korea). Nah kalau kamu mau coba gomjangeo, coba datang ke Pasar Haeundae yang selalu dipadati para pencinta kuliner.

Hoe, ikan mentah yang kerap diburu pencinta kuliner dari berbagai belahan dunia

Bisa dibilang sashimi ala Korea (Foto: dok. Korea Tourism Organization)

Kamu suka sushi? Nah jangan melewatkan untuk cicip hoe khas Busan ya! Ikan hoe segar ini bisa kamu temui di dekat Pantai Gwangalli. Sambil makan ikan hoe, kamu bisa lihat pemandangan Jembatan Gwangandaegyo yang indah. Kalau kata anak Instagram mah, lunch with a view~ Makin nikmat, ikan hoe disantap dengan cuka dan saus.

Ssiat Hotteok, panekuk isi kacang ini camilan favoritnya Lee Seung-gi lho~

Bayangin makan ini sama oppa Lee Seung-gi deh. Dobel nikmatnya huehe (Foto: dok. Korea Tourism Organization)

Saatnya berburu camilan! Terbayang sama aksi oppa Lee Seung-gi di drama ‘Vagabond’? Coba deh cicip camilan favorit aktor Korea ini, yaitu ssiat hotteok. Panekuk khas Korea ini berisi kacang yang menyehatkan. Soalnya kacang mengandung tokoferol dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Pantes ya orang Korea cakep-cakep~

Eomuk, kue ikan yang kerap muncul di adegan drama Korea

Sekilas mirip otak-otak ya (Foto: dok. Korea Tourism Organization)

Mau camilan gurih? Cobain eomuk atau kue ikan khas Busan. Sebenarnya makanan ini berasal dari Jepang dan diperkenalkan di Korea tak lama setelah berakhirnya era kolonial Jepang. Kamu bisa coba eomuk yang enak di Samjin Eomuk di Bongnae-dong, Yeongdo, dan Goraesa. Eomuk bisa disajikan dengan direbus atau digoreng, bahkan diisi dengan keju dan bacon.

Keliatan nikmat banget kan makanan khas Busan di atas? Nah beruntungnya, wisatawan ASEAN termasuk Indonesia yang liburan ke Busan dari tanggal 15-27 November bisa menikmati makanan tersebut di ASEAN-ROK Food Street yang digelar di Norimaru, Jeonpo-dong. Festival makanan yang merupakan bagian acara ASEAN-ROK Commemorative Summit.

Nggak cuma makanan khas Korea, wisatawan juga bisa mencoba dan merasakan beragam makanan dan budaya otentik dari 10 anggota ASEAN, seperti Laos, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Brunei, Singapura, Indonesia, Kamboja, Thailand, dan Filipina. Surga dunia bagi pencinta kuliner. Acara ini juga dimeriahkan dengan ASEAN-ROK Contents Zone yang menjual produk dari 10 negara ASEAN, ASEAN Photo Zone, DANASEAN-ROK Flea Market.

Kalau kamu kelewatan acaranya, tetap bisa kok icip kuliner khas Busan. Yuk, agendakan liburan ke Busan bareng orang tersayang dan siapkan perutmu untuk menampung banyak kuliner yang nikmat. Awas ketagihan dan nggak mau balik huehe~

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.