5 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat yang Bisa Membuat Ngiler arena Rasanya yang Enak Banget!

Kuliner Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia ternyata nggak cuma memiliki pantai yang indah atau Gunung Rinjani yang menjulang lho! Ternyata NTB juga menyimpan banyak kuliner khas yang memiliki keunikannya tersendiri, entah dari segi rasa, cara penyajian, hingga bahan yang digunakan.

Advertisement

Rasanya SoHip perlu banget mencicipi hidangan kuliner khas NTB, terlebih buat kamu yang menyukai makanan dengan bumbu rempah yang kuat. Hipwee udah nyiapin beberapa rekomendasi makanan khas NTB yang bisa kamu cicipi untuk melengkapi perbendaharaan rasa dan kuliner Nusantara kalian!

Ayam taliwang khas NTB yang kaya rasa dan rempah, digoreng atau dibakar, dua-duanya oke, sama enaknya!

Ayam Taliwang khas NTB | Foto oleh Midori via commons.wikimedia.org

Mari kita buka daftar ini dengan ayam bakar paling kaya rasa! Ayam taliwang khas NTB ini biasanya dibuat dengan menggunakan ayam kampung yang masih muda, sehingga kamu akan mendapatkan rasa daging yang lebih lembut dan juicy dari ayam biasa. Buat kamu pecinta makanan berbumbu, ayam taliwang wajib banget kamu cobain!

Kamu bisa menikmati ayam ini dengan cara dibakar atau digoreng. Tetapi yang menjadi primadona makanan ini adalah bumbunya. Ayam taliwang biasanya dihidangkan dengan baluran bumbu tebal dari rempah-rempah, selain itu dalam bumbu ayam taliwang biasanya juga dicampurkan terasi dan madu sehingga membuat rasa ayam ini semakin lezat dan unik.

Advertisement

Plecing kangkung, sayur kangkung dengan sambal dan berbagai pelengkap yang bisa membuat kamu ketagihan!

Plecing kangkung dengan sambal, urap, tauge, dan kacang | Foto oleh Midori via commons.wikimedia.org

Nah kalau yang ini hidangan sayur yang bisa juga kamu jadikan pendamping jika makan ayam taliwang, namanya plecing kangkung. Plecing kangkung sebenarnya adalah kangkung rebus yang disajikan dengan sambal tomat, selain itu biasanya juga ada tauge, kacang panjang, dan urap sebagai pelengkap. Rasa plecing ini biasanya renyah, apalagi jika dimakan dengan hidangan pelengkap, ayam taliwang, dan nasi.

Tapi jangan salah kangkung yang digunakan dalam plecing khas NTB biasanya menggunakan jenis yang berbeda dengan yang biasa kita temui. Kangkung yang digunakan dalam hidangan ini bentuknya lebih besar dan lebih renyah, sehingga tidak terlalu layu ketika direbus. Oh iya, biasanya dalam sambal plecing kangkung khas NTB juga menyertakan terasi khas NTB, sehingga rasanya lebih gurih dan ada sedikit rasa udang.

Cerorot, kue unik berbentuk terompet yang memiliki rasa manis dan legit

Advertisement

Cerorot, kue unik berbentuk terompet khas NTB | Foto oleh Wiendietry Rusli via commons.wikimedia.org

Yang ini adalah sebuah kue, bentuknya unik, seperti terompet, nama kuenya adalah cerorot. Kue yang terbuat dari gula kelapa, santan, pandan, tepung beras, dan sagu ini memiliki rasa legit dan manis. Makanan ini enak banget buat dijadikan camilan minum teh atau kopi sembari ngobrol.

Sebenarnya kue ini juga dikenal oleh masyarakat di luar NTB seperti di Jawa, hingga Malaysia, tetapi cerorot NTB memiliki sebuah bahan khusus yang membuatnya unik, cerorot asal NTB biasanya menggunakan daging dari buah rotan. Buah rotan yang dicampurkan ini memberikan rasa khas pada cerorot asal NTB, sehingga membuatnya lebih nikmat dan unik.

Sate Pusut, sate khas NTB yang menggunakan kelapa parut sebagai bahannya, selain gurih daging, kamu juga bisa ngerasain gurih kelapa juga

NTB ternyata juga memiliki banyak hidangan sate, tetapi satu yang paling terkenal adalah sate pusut. Sate ini biasanya terbuat dari daging sapi atau ikan tenggiri. Sebelum diolah daging sapi biasanya diiris tipis sebelum direndam dalam bumbu, jika menggunakan ikan, biasanya daging ikan akan dihaluskan dan dibuang tulangnya sebelum dicampur dengan bumbu.

Selain dicampur rempah, biasanya sate ini juga menggunakan kelapa parut, sehingga ada rasa gurih kelapa yang menyertai daging sate ini. Jika sate biasanya dihidangkan dengan bumbu kacang, maka tidak dengan sate ini. Biasanya sate pusut dihidangkan dengan sambal dan nasi hangat serta pelecing kangkung, jadi kamu bisa menikmati rasa daging dan gurih kelapa di sate ini tanpa tertutup rasa bumbu kacang.

Bebalung, sup iga dan buntut khas NTB dengan kuah yang enak banget, kalau mau mencoba rasa baru, coba yang menggunakan iga kuda!

Nah yang terakhir adalah makanan berkuah dan berkaldu khas Lombok, namanya bebalung. Hidangan sup ini berisi tulang iga dan buntut. Meskipun terlihat seperti sup, tetapi kuah bebalung lebih kompleks karena menggunakan banyak bumbu, mulai dari jahe, bawang, hingga asam, bahkan ada yang menambahkan kunyit dan santan.

Iga atau buntut yang digunakan biasanya berasal dari daging sapi, tetapi kamu juga bisa menemukan bebalung yang menggunakan iga kuda atau kambing, hanya saja untuk kamu yang ingin mencoba babalung kuda, tetapi biasanya daging kuda ini akan sedikit liat atau alot.

Nah itulah kuliner-kuliner khas NTB yang harus banget SoHip cobain. Mulai dari yang rasanya pedas, manis, hingga gurih, dan pastinya semuanya enak!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE