5 Kuliner Nusa Tenggara Timur yang Akan Bikin Mulut Bergejolak Karena Rasanya yang Unik!

Kuliner Nusa Tenggara Timur

Jika kamu sudah mengunjugi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan melihat keindahan alamnya yang mencengangkan, saatnya kita melakukan wisata lain, mari kita wisata kuliner! Karena seperti kita tahu, banyak banget kuliner di Indonesia, saking banyaknya, terkadang kita lupa bahwa tiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing.

Advertisement

Hal itu juga berlaku buat NTT, provinsi ini punya banyak banget makanan, mulai dari olahan daging, ikan, jagung, hingga sagu! Oh iya, salah satu makanan asli dari NTT ini pernah hits lho beberapa tahun yang lalu dan digandrungi muda-mudi. Ini daftar buat kamu, 5 kuliner khas yang harus kamu cobain jika bertandang ke NTT!

Tapa Kolo, Nasi Bakar Khas NTT yang dimasak menggunakan bambu di dengan api terbuka

Tapa kolo adalah nasi bakar khas Nusa Tenggara Timur, keunikan makanan ini terdapat pada cara memasaknya yang menggunakan bambu yang dibakar. Tapa kolo ini biasanya terbuat dari beras merah atau beras biasa. Jika dilihat, teksturnya mirip dengan ketupat, hanya saja cara memasaknya yang berbeda.

Advertisement

Tapa kolo ini bisa dibilang makanan yang dimasak untuk perayaan khusus. Biasanya masyarakat Nusa Tenggara Timur memasak tapa kolo sebagai hidangan upacara adat. Selain upacara adat, tapa kolo juga dibuat untuk perayaan membuka ladang atau merayakan panen. Hidangan ini biasanya dimakan dengan lauk ayam dan sayur mayur, oh iya, lauknya juga biasanya dimasak bersama nasi di batang bambu tersebut lho, jadi rasa bumbu dan lauknya sangat meresap!

Se’i daging, daging asap khas NTT yang rasanya juicy banget, awalnya digunakan sebagai cara mengawetkan daging, sekarang jadi makanan khas yang terkenal

Penampakan se’i daging yang juiccy dan enak! | Foto oleh Gunawan Kartapranata via commons.wikimedia.org

Nah ini, makanan yang belum lama ini sempat populer di kalangan luat NTT, se’i daging! Se’i biasanya terbuat dari daging sapi, babi, atau ayam, cara memasak hidangan ini adalah dengan diasap. Mengasap se’i juga nggak bisa sembarangan, biasanya hidangan ini diasap menggunakan kayu kosambi dan di tutup dengan daun kosambi juga. Pada awalnya se’i ini adalah cara masyarakat NTT untuk mengawetkan daging lho.

Advertisement

Se’i ini enak banget dimakan dengan sambal lu’at yang terbuat dari fermentasi cabai dan kulit jeruk, jadi sambalnya pasti seger banget! Selain itu rasa asap kayu kosambi menambah kesan tersendiri pada rasa se’i yang disajikan, pokoknya makanan ini juara banget dan harus banget kamu coba kalau berkunjung ke NTT. Meskipun di kota lain sudah ada restoran yang menyediakan, tetapi makan se’i langsung di tempat asalnya pasti akan memberikan perasaan yang berbeda!

Jagung Bose, makanan pokok yang menjadi makanan khas dan harus kamu coba jika mengunjungi NTT

Jagung bose ini adalah salah satu makanan pokok yang dahulu sering disantap oleh masyarakat NTT sebagai pengganti nasi. Jagung bose ini bentuknya seperti bubur, dengan potongan jagung yang terkadang ditumbuk dan kacang merah. Makanan ini menyehatkan karena kaya karbohidrat dan serat lho!

Rasa hidangan ini adalah sedikit manis dan gurih. Makanan ini juga bisa dihadirkan dengan banyak kuah atau sedikit, sesuai selera kamu, mungkin jadi mirip bubur kacang hijau sepertinya ya. Selain itu masyarakat NTT juga memakan hidangan ini dengan se’i daging sebagai lauk tambahan.

Aka bilan, makanan ringan berbentuk crepe tradisional asli NTT yang enak dijadikan camilan untuk bersantai

Seperti daerah Indonesia Timur lainnya, NTT juga memiliki kuliner olahan sagu, namanya aka bilan. Makanan yang berbentuk seperti crepe ini juga terbuat dari tumbukan/tepung sagu, parutan kelapa, dan gula, terkadang masyarakat menambahkan kacang hijau sebagai topping untuk hidangan ini. Nggak cuma bentuknya, cara pengolahannya juga sebenarnya mirip crepe, tetapi menggunakan wajan datar dari tanah liat di atas kayu bakar.

Hidangan ini memiliki rasa manis dan renyah, meskipun terlihat sederhana, hidangan ini ternyata penuh gizi. Bahkan hidangan ini dulunya dijadikan salah satu makanan pokok masyarakat NTT. Kamu bisa menikmati hidangan ini sebagai camilan untuk teman minum kopi atau minum teh, cocok abis!

Lawar Ikan, sashimi tradisional asal NTT yang rasanya seger banget, bisa kamu jadikan pendamping jagung bose juga lho!

Ngomongin NTT rasanya agak kurang lengkap kalau nggak ngomongin kuliner ikan atau olahan ikan. Salah satu yang wajib banget kamu cobain adalah lawar ikan. Hidangan berbahan dasar ikan teri ini, biasanya dibuat dengan cara merendam ikan teri dengan perasan jeruk nipis, mentah, nggak pake di masak-masak.

Selain itu biasanya hidangan ini juga disajikan dengan campuran cabai, kemangi, dan daun bawang untuk memperkaya rasa. Meskipun mentah, hidangan ini tidak amis karena rendaman perasan jeruk nipis dan terkadang juga dicampur cuka. Hidangan ini lebih enak dimakan bersama dengan jagung bose sehingga memiliki banyak tekstur yang akan membuat mulut kamu bergejolak!

Nah itu lah beberapa makanan khas NTT yang harus banget cicipi jika mengunjungi tempat ini!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE