Sebelum traveling, biasanya kita berpamitan kepada orangtua atau update status di medsos, entah untuk tujuan restu atau pamer. Tapi kadang, ada sedikit masalah yang mengganjal di benak, ketika teman-temanmu berkomentar di statusmu tadi.

Wuidiiih, Bali nih. Oleh-oleh jangan lupalah, ya!

Advertisement

Atau…

Ih, enak banget bisa ke sana. Bisa kali oleh-oleh!

Dan semacamnya. Bagaimana responmu?

Advertisement

Eits, tenang, nggak usah hebring. Kalau kamu berencana pergi ke Bali dan menyanggupi permintaan teman-temanmu, Hipwee Travel akan berikan sedikit referensi buat kamu membeli oleh-oleh buat mereka. Inilah 9 buah tangan dari Bali yang bisa kamu berikan pada teman-temanmu.

Inilah primadona oleh-oleh dari Bali yang pasti kamu cari-cari. Pie Bali, buah tangan yang nggak boleh kamu lupa untuk dibeli.

Yola, yolaa, dipilih, dipilih~

Yola, yolaa, dipilih, dipilih~ via www.pegipegi.com

Inilah primadona buah tangan dari Pulau Dewata yang nggak boleh terlupakan. Makanan dengan rasa ‘lucu’ ini memang layak dijadikan primadona oleh-oleh dari Bali. Bentuknya yang ceper melingkar ini memiliki bagian tengah yang cukup empuk. Dan, di situlah sensasinya. Berisi fla susu dan pinggiran yang agak garing, membuat pie susu ini lebih istimewa. Sebenarnya ada varian topping lain dari pie ini, seperti keju, almond, choco chips, dan kismis. Mana yang lebih kamu suka?

Seorang penari Legong di bungkus Pia Legong ini seperti mewakili lezatnya sensasi pia asal Bali. Tertarik untuk beli?

Rasanya...nendang!

Rasanya…nendang! via www.doyankuliner.com

Dinamai Pia Legong karena kemasan pia ini bergambar penari Legong. Pada dasarnya, sama seperti Pia Jogja, Pia Legong ini punya tiga varian rasa, yakni cokelat, keju, dan kacang hijau. Buat kamu yang suka keju, Pia Legong ini kayaknya jadi oleh-oleh yang wajib kamu beli. Tapi, sayangnya produksi Pia Legong ini sangat terbatas. Itulah yang membuat pia ini sangat digemari para pelancong. Rasanya yang begitu nikmat, tapi produksinya sangat terbatas.

Bukan sembarang minuman, kopi Kintamani sudah diakui dunia loh. Masih nggak percaya rasanya? Cobain!

Ngopi dulu, Bro!

Ngopi dulu, Bro! via kisahkopi.com

Buat kamu dan temanmu yang pecinta kopi, sangat disayangkan kalau kamu sampai lupa membawa kopi dari Bali sebagai oleh-oleh. Kopi Kintamani dari Bali ini bersama dengan kopi Gayo dan kopi Flores, telah menyandang sertifikat dari Geographical Indication. Artinya, kopi ini telah memenuhi standar kopi internasional. Wew!

Jangan heran kalau kopi ini sedikit beraroma asam jeruk, ya! Karena penananam kopi ini biasanya berdampingan dengan tanaman jeruk, kakao, beberapa sayuran di kebun yang berundak. Inilah yang membuat kopi Kintamani ini berasa beda.

Kacang Disko dari Bali ini adalah teman setia buat temanmu yang suka nongkrong atau ngegosip.

Disko, Bay~

Disko, Bay~ via resepdanmasakan.com

Buat temanmu yang suka begadang atau nongkrong, bawakanlah mereka beberapa bungkus kacang disko. Sebetulnya ini hanya kacang berbalut tepung biasa. Tapi bedanya, kacang disko ini memiliki rasa yang unik. Terbuat dari kacang tanah berbalut tepung dan beberapa bumbu, menjadikan kacang ini berasa lebih renyah dan garing. Kacang Disko ini memiliki beberapa rasa yang bisa kamu coba, seperti barbeque, udang, pedas-manis, atau manis saja. Kamu mau yang manis saja atau yang manis tapi setia? *apasih?!*

Sekadar buat cemilan atau teman makan, Kerupuk Kulit Babi dari Bali ini bisa kamu beli untuk hidangan di meja makan.

Kerupuk Kulit Babi.

Kerupuk Kulit Babi. via id.pricepedia.org

Untuk buah tangan yang satu ini, nggak semua orang mau membungkusnya. Kecuali buat mereka yang memang doyan kulit babi. Kerupuk ini memiliki dua varian. Yang pertama kerupuk dengan bahan pure kulit babi kering dan kerupuk kulit dengan lemak babi. Keduanya enak dan gurih, tapi kerupuk kulit yang dengan lemak babi lebih nikmat dan lebih gurih!

Neneng: Halo, Bang, tolong beliin kerupuk kulit babi dong buat Bu Yoppie.

Koko: Iya, halo. Apa? Kerupuk kulit? Kulit apa? Halo, halo?

Neneng: Ish! Kerupuk Kulit Babi!

Koko: Kok malah ngatain sih?

Neneng: *tuuuut tuuuut tuuuut*

Akhirnya mereka putus.

Jangan lupa mampir ke Joger, kaos dengan slogan ‘Pabrik Kata-Kata’ khas Bali. Ini bisa jadi bukti bahwa kamu abis dari Bali.

Pabrik kata-kata!

Pabrik kata-kata! via www.jejaksibolang.com

Kaos khas Bali yang terkenal dengan slogannya “Pabrik Kata-Kata” ini bisa kamu jadikan oleh-oleh buat temanmu. Justru, kalau kamu nggak ke Joger, rasanya seperti kamu nggak ke Bali gitu deh. Joger memang pusatnya kaos-kaos khas Bali yang penuh dengan kalimat-kalimat unik dan menggelitik, walau nggak jarang yang sarkastik. Kalau nggak sempat ke Joger, cari aja di setiap sudut kota. Banyak kok yang menjajakan kaos bertema Bali. Bercorak barong juga banyak.

Selain kaos bertuliskan kata-kata unik, kamu juga bisa membawa pulang kain batik asli Bali loh. Siapa tahu temanmu butuh buat kondangan, ‘kan?

Salah satu toko batik di Ubud, Bali.

Salah satu toko batik di Ubud, Bali. via seamstresserin.com

Nggak cuma Yogya dan Pekalongan, Bali juga punya kain batik sendiri loh. Batik Bali ini sedikit berbeda dengan batik lainnya. Biasanya corak kain batik Bali ini perpaduan antara corak tradisional dan modern khas Bali. Nggak ada salahnya kamu beli kain batik ini untuk buah tangan. Ya, siapa tahu temanmu butuh batik buat kondangan.

Kain Bali juga bisa jadi buah tangan loh. Inilah kain serba guna dari Bali yang cocok buat oleh-oleh.

Bisa buat apa aja, 'kan?

Bisa buat apa aja, ‘kan? via www.mokomoko.id

Satu lagi yang bisa kamu bungkus buat oleh-oleh, kain Bali. Kain tipis serba guna ini bisa kamu pakai untuk apa aja loh. Bisa buat selimut, bisa buat kerudung, buat taplak, buat apa aja deh.

Kalau kamu bingung, coba deh beli kerajinan tangan dari Bali. Banyak yang lucu dan murah kok.

Beraneka ragam pilihan~

Beraneka ragam pilihan~ via tokopedia.net

Masih meragukan kreativitas seniman Bali? Seolah menjawab sangsimu, cobalah untuk mencari souvenir atau hand made para seniman Bali yang dijual di sepanjang sudut perbelanjaan di Bali. Beraneka ragam jenis kerajinan tangan para seniman Bali yang dijajakan di sana. Kamu bisa membawanya pulang untuk oleh-oleh. Biar nggak bingung, bungkus aja beberapa buat teman-temanmu. Simpel.

Nah, itulah beberapa buah tangan yang bisa kamu bawa pulang buat teman-temanmu. Nggak perlu ragu, beli saja beberapa buat temanmu. Umm…Ya, namanya juga Indonesia, budaya oleh-oleh memang sepertinya susah untuk lepas dari seorang traveler, ya. :p

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya