Pernahkah kamu mendengar aktivitas wisata bernama Lava Tour di Gunung Merapi? Lava Tour adalah aktivitas menjelajahi bekas erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010 lalu. Spesialnya kamu nggak jalan kaki namun mengendarai kendaraan ourdor berupa Jeep. Liburan dengan genre petualangan ini bikin liburan kamu ke Jogja makin seru sih. Berani coba?

Buat kamu yang pengen liburan ke Jogja dan wisata ke Lava Tour, nih simak ulasan Hipwee Travel tentang aktivitas wisata yang satu ini.

Berada di lereng Gunung Merapi, Lava Tour adalah aktivitas wisata di lokasi bekas terdampak erupsi tahun 2010 lalu

lava tour merapi via authentic-indonesia.com

Advertisement

Lava Tour adalah jenis wisata yang cukup menarik di Jogja. Kamu bisa menelusuri jejak erupsi Merapi 9 tahun lalu. Lokasinya berada di sekitar kecamatan Cangkringan, terutama di sekitar desa Kepuharjo, lokasi yang terdampak cukup parah erupsi Merapi tahun 2010. Kala itu, juru kunci Merapi yang begitu tersohor, Mbah Maridjan, pun harus menjadi korban dalam musibah tersebut. Lokasi desa yang tersapu awan panas Merapi jadi obyek wisata edukasi yang menarik di masa kini.

Rutenya perjalanannya bervariasi. Destinasi wajib kunjung adalah Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, hingga Rumah Mbah Maridjan

museum sisa hartaku via jogja.tribunnews.com

Kamu bisa menghubungi salah satu operator Jeep di Merapi untuk mendapatkan pilihan paket. Biasanya sih ada 3 jenis trip, mulai dari rute pendek (sekitar 1 jam), rute sedang (2 jam) dan rute panjang (3 jam). Destinasi yang dituju bervariasi tergantung rutenya, mulai dari Bunker Kaliadem yang menyimpan sejarah yang cukup tragis, Batu Alien yang mirip wajah manusia, Rumah Mbah Maridjan dengan segala kisah di baliknya, Bukit Klangon yang menyajikan pemandangan indah, Museum Sisa Hartaku, hingga trek basah Kalikuning.

Cobain deh trek basah Kalikuning untuk merasakan pengalaman berpetualang dengan seru dan menantang adrenalin

trek basah kalikuning via www.maioloo.com

Nggak seru kalau kamu cuma ke destinasi yang menyajikan pemandangan indah aja, tanpa unsur basah-basahan di sana. Nah kamu bisa mengambil rute sedang atau panjang jika tertarik ke trek basah Kalikuning ini. Supir Jeep akan membawamu seru-seruan di sini dengan memacu mobilnya dengan kencang di atas air. Air pun menghujani para penumpang Jeep sehingga bikin basah kuyup. Seru banget sih. Sebaiknya kamu siapkan jas hujan jika ingin lebih nyaman tanpa basah kuyup baju kamu.

Advertisement

Harga sewa Jeep bervariasi mulai dari 400 ribu sampai 600 ribu tergantung rutenya. Gimana, seru banget kan? Kapan mau liburan ke Lava Tour? Destinasi ini merupakan destinasi favorit buat gathering perusahaan lho. Cobain deh.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya