Serunya Lebaran di Brunei Darussalam. Bisa Ikutan Open House Istana dan Ketemu Sultan Brunei!

Lebaran di Brunei Darussalam

Nggak berasa ya, lebaran sebentar lagi. Bentar lagi bakal kumpul-kumpul lagi sama keluarga besar, makan makanan rumahan yang dimasak khusus cuma pas lebaran, dapet angpau dari ortu, atau malah kamu yang berbagi angpau karena rejekinya udah mengalir deras tahun ini?

Advertisement

Cobain deh sesekali lebaran di luar negeri. Lebaran di Brunei seru juga lho. Tiap lebaran, istana Sultan Brunei terbuka untuk masyarakat umum. Masyarakat dari berbagai kalangan bisa masuk ke istana Sultan, makan di sana, bahkan salaman dengan Sultan Hassanal Bolkiah. Tradisi ini nggak cuma berlaku untuk masyarakat Brunei aja, tapi juga untuk masyarakat dunia. Kamu juga bisa ikutan lho.

Menginap di Brunei Darussalam malam sebelumnya. Berangkat ke istana naik bus sekitar 1 dolar Brunei untuk menuju istana dari Bandar.

Istana Nurul Iman via jalanjalan-ah.blogspot.com

Untuk bisa ikut open house Sultan Brunei kamu harus datang ke kediaman raja di Istana Nurul Iman. Lokasinya ada beberapa kilometer di selatan Brunei Darussalam. Sebaiknya di malam sebelumnya kamu nginep dulu di Brunei Darussalam. Dari tempat kamu menginap naik bus ke arah Bandar, semacam terminal pusat. Dari Bandar akan ada banyak bus menuju istana.

Lebih baik kamu datang saat pagi hari. Agenda salamaan dengan Sultan biasanya diadakan 2 kali, jam 10 dan jam 14.

Meskipun jalanan sepi, tapi transportasi umum juga jarang via catperku.com

Jadwal Sultan untuk salaman dengan rakyat jelata biasanya 2 kali tiap harinya, yaitu jam 10 pagi dan jam 14. Kamu sebaiknya sudah berangkat ke istana pagi-pagi. Transportasi umum di Brunei cenderung jarang, karena rata-rata masyarakat Brunei punya kendaraan sendiri semua. Jadi kasih waktu untuk nunggu bus/taksi.

Advertisement
Kalau datang pagi, punya kesempatan untuk makan makanan yang dimasak oleh chef istana. Kesempatan setahun sekali lho ini.

Kapan lagi makan makanan yang dimasak chef istana via jejakvicky.com

Nggak rugi kok sampai lebih pagi di istana. Kamu bisa makan makanan Sultan yang dimasak oleh chef istana. Hal ini cuma bisa dilakukan setahun sekali lho. Ya pas lebaran itu aja. Jenis makanannya seperti model kondangan berdiri di Indonesia, ada menu prasmanan, ada juga pondokan. Dijamin kenyang deh.

Pakai pakaian yang sopan. Pakai kaos dan jeans juga nggak masalah, asal rapi dan sopan.

Pakai pakaian yang rapi dan sopan via jejakvicky.com

Nggak ada dresscode khusus untuk bisa masuk ke istana Sultan Brunei, bersalaman dengan sultan, bahkan makan makanan istana bikinan chef istana. Yang jelas kamu harus berpakaian sopan dan rapi. Pakai kaos dan celana jeans juga boleh kok, asal masih sopan aja.

Kalau cowok bisa salaman dengan Sultan, kalo cewek salaman dengan permaisuri. Anggota keluarga kerajaan juga akan ada untuk salaman.

Advertisement

Antrian untuk bersalaman dengan Sultan via livingindadream.com

Tempat untuk cowok dan cewek di istana ini dipisah. Tempat makan antara yang cowok dan cewek juga dipisah. Ntar pas salaman, cowok dan cewek juga dipisah. Kalau kamu cewek, kamu cuma bisa salaman dengan permaisuri dan anggota kerajaan cewek lainnya. Tapi buat yang cowok, juga cuma bisa salaman dengan raja dan anggota kerajaan cowok lainnya.

Acara open house di Istana Nurul Iman ini berlangsung 3 hari berturut-turut, dimulai di hari kedua lebaran. Pintu istana dibuka sejak pukul 8 pagi waktu setempat, tapi biasanya sejak jam 6 pagi masyarakat sudah menunggu di luar gerbang istana. Selain bisa bersalaman dengan Sultan, ketika pulang kamu juga akan mendapat kartu lebaran bertanda tangan Sultan dan souvenir cantik. Seru kan!

Lebaran ini ikutan open house Sultan Hassanal Bolkiah yuk.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE