Salah satu bencana alam yang paling ditakuti adalah gunung meletus. Sebab letusan gunung bisa berdampak macam-macam, contohnya memicu gempa vulkanik yang disusul tsunami. Bahkan lahar dan abu panasnya bisa menghanguskan apa pun yang berada di jalurnya, termasuk makhluk hidup. Banyak pula rumah yang nggak bisa ditempati lagi. Bahkan untuk letusan yang parah, dampaknya bisa dirasakan hingga seluruh dunia!

Berikut ini deretan letusan gunung berapi paling dahsyat di Indonesia. Ada yang terjadi puluhan ribu tahun lalu, ada juga yang terjadi belum lama ini. Yuk simak urutannya!

8. Gunung Kelud meletus besar pada 2014 lalu. Efek buruknya mencapai beberapa kota besar di Pulau Jawa

Gunung Kelud mengeluarkan lahar panas via www.tribunnews.com

Advertisement

Terletak di Jawa Timur, Gunung Kelud adalah salah satu gunung legendaris di Pulau Jawa. Gunung ini sangat dihormati oleh Kerajaan Majapahit dan Kediri, bahkan sampai dibuatkan sebuah candi untuk persembahan. Gunung Kelud sempat meletus dahsyat pada 2014 silam. Bahkan Yogyakarta yang terletak jauh juga mengalami hujan abu hingga berminggu-minggu. Syukurlah korban jiwanya sangat sedikit karena telah dievakuasi sebelumnya.

7. Gunung Merapi masuk jajaran gunung paling aktif di Pulau Jawa. Pada 2010, letusan gunung ini menelan nyawa ratusan orang termasuk juru kuncinya, Mbah Maridjan

Awan panas dari Gunung Merapi via www.hipwee.com

Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini terus mengalami serangkaian erupsi sejak abad ke-16. Pada 26 Oktober 2010, Gunung Merapi meletus dan menyebabkan 353 orang tewas. Bahkan Mbah Maridjan selaku juru kunci turut meninggal dunia! Pada 2009, dibuatlah Museum Gunung Merapi di Yogyakarta yang berisi perabotan rusak dan berdebu akibat letusan gunung ini.

6. Letusan Gunung Galunggung pada 1982 menimbulkan hujan pasir kemerahan yang sangat panas. Bahkan menewaskan ribuan orang

Letusan Gunung Galunggung ini seram banget! via tirto.id

Gunung Galunggung terletak di Jawa Barat dan pernah meletus dahsyat pada 1882. Letusan yang berlangsung selama sembilan bulan ini menghasilkan lahar, awan panas, abu halus, dan hujan pasir kemerahan yang sangat panas. Akibatnya lebih dari 4.000 orang tewas dan 114 desa hancur. Kerusakan lahan mencapai 40 km dari puncak gunung.

5. Gunung Agung meletus parah pada 1963-1964. Letusan ini berlangsung selama satu tahun dan menyebabkan banyak kerugian

Gunung Agung kembali meletus pada 2019 via pop.grid.id

Advertisement

Gunung yang terletak di Bali ini menelan lebih dari 1.000 korban jiwa saat meletus pada 1963. Letusan ini mengeluarkan abu panas dan gas setinggi hampir 20.000 meter. Abu belerangnya beterbangan ke seluruh dunia, bahkan jejaknya terlihat di lapisan es Greenland!

4. Gunung Krakatau pernah meletus dahsyat pada 26 Agustus 1883. Abu vulkaniknya sampai menutupi atmosfer bumi dan bikin gelap dunia selama dua setengah hari!

Letusan Anak Gunung Krakatau tahun 2009 via www.hitekno.com

Saking dahsyatnya, letusan Gunung Krakatau pada 1883 menyebabkan tsunami setinggi 42 meter yang berjarak hingga 34 km. Korban tewas mencapai 36 ribu jiwa! Bahkan suhu global turun 1,2° C dan nggak pernah normal sampai tahun 1888. Akibat letusan ini, dua per tiga bagian Krakatau runtuh dan melahirkan gunung baru bernama Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda.

3. Pernah meletus parah pada 1257, Gunung Samalas hancur akibat letusannya sendiri. Bahkan jadi salah satu penyebab Zaman Es Kecil

Kondisi Gunung Samalas saat ini via bisnis.tempo.co

Gunung Samalas kalah terkenal dibanding gunung lain karena telah hancur akibat ulahnya sendiri. Kekuatan ledakan gunung ini hampir sama dengan Gunung Tambora, yaitu skala 7 dan masuk kategori ledakan kolosal. Letusan ini menyebabkan anomali iklim dunia dan menjadi salah satu pemicu Zaman Es Kecil.

2. Dahsyatnya letusan Gunung Tambora merenggut lebih dari 71 ribu jiwa dan mengubah iklim dunia. Konon sampai menyebabkan Napoleon kalah perang!

Ilustrasi meletusnya Gunung Tambora via bobo.grid.id

Gunung Tambora yang terletak di Sumbawa pernah meletus pada April 1815. Material vulkanik yang keluar empat kali lebih kuat dari letusan Krakatau. Saking dahsyatnya, abu vulkanik Gunung Tambora sampai menutup sinar matahari masuk ke bumi. Eropa pun mengalami tahun tanpa musim panas pada 1815-1816. Konon kejadian ini menyebabkan Napoleon kalah perang!

1. Gunung Toba pernah meletus gila-gilaan sekitar 73 ribu tahun silam. Kejadian ini disebut sebagai letusan gunung terparah di dunia sepanjang sejarah

Danau Toba saat ini via backpackerjakarta.com

Letusan Gunung Toba di Sumatra Utara menyebabkan kerusakan dahsyat sekitar 73 ribu tahun lalu. Abu vulkaniknya menutupi 2.800 kilometer kubik di daerah sekitarnya dan membuat iklim global terganggu. Bahkan terjadi hujan sangat besar di Indonesia dan India. Diperkirakan lebih dari 10.000 orang tewas, bahkan banyak spesies hewan yang punah! Letusan ini juga menghasilkan kaldera yang sekarang menjadi Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Itulah deretan letusan gunung paling dahsyat di Indonesia. Seram banget ya! Untung kita belum lahir saat beberapa gunung itu meletus. Semoga di masa depan negara kita terhindar dari bencana letusan gunung berapi~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya