Drama Korea ‘Reply 1988’ Kembali Trending di Twitter. Di Mana Sih Set Lokasi Syutingnya?

Drama Korea Rely 1988

Buat pecinta drama Korea pasti sudah nggak asing lagi dengan drama berjudul ‘Reply 1988’. Drama yang rilis akhir tahun 2015 sampai awal 2016 ini sangat digemari oleh penonton, baik di Korea maupun internasional. Ratingnya pun cukup tinggi saat itu, mencapai 18 %. Nggak sedikit lho yang beranggapan bahwa Reply 1988 adalah drama korea terbaik yang pernah ada. Bukan cuma 1 atau 2 orang melainkan banyak banget yang berpendapat senada.

Advertisement

Hal ini terlihat dari banyaknya ‘penonton baru’ drama yang dibintangi Park Bo Gum ini selama masa karantina. Beberapa kali trending Twitter muncul ‘Reply 1988’. Tentu ini jadi salah satu bukti bahwa drama korea yang satu ini digemari oleh banyak orang. Meski sudah cukup lama 4 tahunan lebih, namun Reply 1988 tetap diminati penonton.\

Reply 1988 kembali trending di Twitter. Apa yang membuat drama ini begitu spesial?

reply 1988 via www.holamigo.id

Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Hyeri, Park Bo Gum, G Kyung Pyo, Ryu Jun Yeol, dan Lee Dong Hwi ini tengah naik daun di masa pandemi Corona. Drama Korea ini memang cukup unik karena berbeda dari drama Korea pada umumnya. Di Reply 1988 kamu nggak akan menemukan konflik yang mendalam seperti pembunuhan, isu perselingkuhan, perebutan kekuasaan, atau kisah pria kaya jatuh cinta jatuh cinta pada wanita miskin. Pola dram demikian begitu lazim dalam cerita drama Korea. Namun, berbeda dengan yang lain, drama ini justru menyuguhkan cerita tentang masalah keluarga, pertemanan, dan kisah cinta ‘biasa’ antar teman yang relate dengan para penonton. Saking nyatanya Reply 1988, drama ini nggak pantas disebut drama.

Tak heran setelah nonton, dada terasa hangat, menyenangkan, bikin senyum sendiri dan nggak mikir panjang untuk nonton ulang dari episode pertama. Memang senagih itu sih Reply 1988.

Advertisement

Lokasi syuting Reply 1988 bukan di Kota Seoul melainkan di kota Uijeongbu. Kampung Ssangmundong adalah set lokasi yang dibangun di sana

kampung Ssangmundong via www.wowkeren.com

Set lokasi kampung Ssangmundong di Seoul jadi lokasi yang dominan dalam Reply 1988. Gang dan beberapa rumah di Ssangmundong ini jadi bagian penting dari drama ‘Reply 1988’ karena di sinilah sebagian besar cerita terjadi. Para karakter seperti Deoksun, Junghwan, Choi Taek, Sun Woo dan Dong Ryong tumbuh besar di sini beserta segala kisah pertemanan dan percintaannya.

Meski menceritakan tentang Seoul, namun lokasi syuting sebenarnya bukanlah di Seoul. Lokasi setting aslinya berada di sebuah kota di Provinsi Gyeonggi yang bernama Uijeongbu. Bekerjasama dengan pemerintah setempat, set lokasi dibikin di kota ini. Ssangmundong adalah kampung fiktif yang dibangun untuk kepentingan syuting Reply 1988.

Sayangnya, tempat syuting Sung Deok Sun dan keempat temannya ini harus dihancurkan karena berdekatan dengan Stadion Uijeongbu. Gagal deh jadi tempat wisata seperti set lokasi drama lainnya

Advertisement

lokasi set Ssangmundong saat dihuni dan ditinggalkan via aminoapps.com

Tak jarang set lokasi drama korea dijadikan tempat wisata agar fans dari seluruh dunia bisa berfoto di sana. Dengan penonton yang banyak, tentunya set lokasi Reply 1988 bisa jadi tempat wisata juga. Namun adalah hal yang sangat disayangkan, gang di kampung Ssangmundong harus dihancurkan setelah drama Reply 1988 berakhir. Hal ini dikarenakan set lokasi seharga 10 Milyar itu lokasinya berdekatan dengan Stadion Uijeongbu sehingga tidak bisa menjadi tempat wisata.

Sungguh sangat disayangkan ya. Padahal set lokasinya bagus banget dan bikin nostalgia. Kamu sendiri sudah ngulangi nonton berapa kali, Gaes?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE