Kisah di Balik Makam Warna-Warni yang Viral di Madiun, Sengaja Dicat Supaya Tidak Terkesan Angker

Makam warna-warni Madiun

Biasanya, makam mempunyai kesan angker karena menjadi tempat peristirahatan orang-orang yang sudah meninggal. Apalagi tempat tersebut jarang dikunjungi. Hanya ramai di momen tertentu aja, misalnya saat penguburan jenazah atau saat orang-orang melakukan tradisi nyekar sebelum bulan puasa. Tapi belakangan ada sebuah makam di Madiun yang mendadak viral. Kenapa? Pasalnya, makam ini jauh banget dari kesan angker karena tembok dan nisan di wilayah pemakaman itu sengaja dicat dengan warna-warna yang mencolok.

Advertisement

Selain kaget karena penampakannya yang berbeda dari makam pada umumnya, banyak orang juga penasaran kenapa makam tersebut sampai dicat warna-warni. Penasaran? Yuk simak kisah selengkapnya~

Sebuah pemakaman di Madiun jadi viral karena dicat warna-warni. Ternyata, pengecetan ini merupakan rangkaian lomba kebersihan makam yang tentunya dilakukan atas izin keluarga ahli waris

Sejak 3 bulan lalu dicat warna-warni via lenteratoday.com

Dilansir dari laman Kompas, Makam Umum Kelurahan Tawangrejo di Dukuh Nguwot ini, sengaja dihias dengan apik untuk diikutkan dalam lomba kebersihan makam yang bertujuan supaya makam-makam tidak terkesan angker dan mengerikan. Selain membersihkannya, warga juga mengecat makam dengan cat warna-warni supaya lebih indah. Ada yang merah, hijau, biru, oranye, bahkan ungu! Tentunya pengecatan dilakukan setelah mendapat izin dari keluarga ahli waris. Bahkan sejumlah ahli waris datang dan ikut bersih-bersih dan memperindah makam.

Selain melakukan pengecatan, tembok yang mengelilingi makam dihias dengan gambar aneka bunga. Jalan paving block selebar dua meter di dalamnya juga dicat warna-warni. Begitu pula dengan atap dan tiang sejumlah gazebo yang terdapat di dalam makam. Lampion warna-warni juga digantungkan di pohon kamboja sehingga menyala dengan indah saat malam hari.

Meskipun menang, ternyata pengeluaran untuk mengecat dan memperindah makam lebih banyak daripada jumlah hadiah. Namun warga mengaku ikhlas dan justru bersyukur

Tembok dan jalan juga dihiasi via lenteratoday.com

Warga sekitar mengaku mengeluarkan dana Rp10 juta untuk keperluan membeli cat, sebagaimana dilansir dari Detik. Mereka juga membersihkan makam dengan giat supaya bebas dari sampah dan dedaunan kering. Lalu bagaimana hasilnya? Pemakaman ini berhasil meraih juara satu dan mendapat hadiah Rp5 juta dari Dinas Perkim Kota Madiun!

Meskipun nilai hadiah nggak sebanding dengan dana yang sudah dikeluarkan, warga mengaku ikhlas dan tetap bersyukur karena di wilayah mereka kini ramai dikunjungi orang-orang. Kebanyakan datang karena penasaran dan juga ingin berfoto-foto. Apalagi setelah viral di media sosial, tambah banyak orang yang datang ke makam ini.

Nggak nyangka, ternyata pemakaman juga bisa diubah kesannya jadi sama sekali tidak mengerikan ya. Nggak bisa untuk uji nyali dong, hehe. Kalau kamu berminat datang ke sana juga, pastikan untuk mematuhi aturan ya. Jaga kebersihan dan kesopanan dengan baik. Jangan lupa untuk menghormati arwah-arwah yang beristirahat di sana.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE