13 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Saat Traveling

Aplikasi untuk Traveling

Menyusun rencana perjalanan yang matang adalah kewajiban jika kamu hendak bepergian. Inti dari perencanaan yang matang adalah memaksimalkan kegembiraan sekaligus mencegah kejadian rempong di jalan. Dengan begini, perjalananmu bisa lebih bebas tekanan.

Advertisement

Perencanaan yang matang bukan berarti kamu harus beli dan mengikuti buku panduan perjalanan. Ada beberapa hal yang jauh lebih sederhana dan bisa kamu lakukan. Salah satunya? Memastikan bahwa aplikasi-aplikasi keren ini sudah terpasang di ponsel pintarmu!

1. Skyscanner

Aplikasi untuk Traveling

Skyscanner via www.10best.com

Skyscanner akan membantumu mengumpulkan rute, jadwal, dan tarif penerbangan dari berbagai maskapai di seluruh dunia. Selain itu, Skyscanner juga menampilkan tarif penerbangan pesawat menurut situs booking ternama lainnya, sehingga lebih memudahkanmu untuk membandingkan harga. Dengan begini, kamu akan bisa mengerti penerbangan mana yang paling cocok dengan kantong dan jadwal kegiatanmu. Nggak ada lagi deh yang namanya ketipu dan pesan tiket terlalu mahal!

Pakailah Skyscanner untuk penerbangan internasional. Untuk penerbangan domestik, kamu bisa menggunakan Traveloka. Harganya lebih representatif, dan tiketmu bisa ditebus via ATM kalau kamu nggak punya kartu kredit.

Advertisement

2. Kereta Api Access

Aplikasi untuk Traveling

KAI Access via play.google.com

Ramainya langit Indonesia berkat penerbangan maskapai murah nggak menyurutkan minat para pelancong untuk menggunakan kereta api. Wajar, karena kereta menawarkan harga yang hampir selalu lebih bersahabat — bahkan jika dibandingkan dengan maskapai tarif rendah. Perjalananmu pun bisa lebih tak membosankan dengan panorama alam Jawa dan Sumatra di luar jendela.

Kini, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke stasiun atau minimarket lagi untuk memeriksa jadwal dan memesan kursi kereta. Dengan modal jempol dan ponselmu, kamu bisa mendapatkan tiket perjalanan. Salut buat PT. KAI yang sudah melek teknologi dan bikin app yang keren!

3. Hipmunk

Hipmunk via itunes.apple.com

Dari beragam situs pemesanan hotel di luar sana–seperti Booking.com, GetAroom.com, atau Hotels.com–Hipmunk tetap jadi juaranya. Kenapa? Karena Hipmunk mengagregat perbandingan harga dari situs-situs pemesanan hotel lain. Kamu pun lebih punya banyak cara menyeleksi hotel mana yang paling cocok denganmu, atau penginapan apa yang dekat dengan marka tanah tertentu. Hipmunk juga akan menyimpulkan ulasan dari situs pejalan terpercaya seperti TripAdvisor. Nggak ada lagi yang namanya beli kucing dalam karung kalau kamu mau pesan hotel!

Advertisement

4. Waze

Waze cocok bagi traveler yang menggunakan kendaraan pribadi selama liburannya. Dengan memberimu informasi tentang kemacetan, kecelakaan, dan penutupan jalan, aplikasi ini akan menganjurkan rute yang paling cepat dan aman untuk sampai tujuan.

Informasinya sendiri didapatkan dari sesama pengguna Waze. Karena penggunanya tersebar di berbagai kota, Waze tetap bisa kamu gunakan saat kamu menyetir keliling kota tempat liburanmu.

5. LoungeBuddy

Aplikasi untuk Traveling

Loungebuddy via www.vidafx.co.uk

Menunggu penerbangan, ada kalanya kamu ingin rebah atau bersantai di tempat yang lebih tenang dari ruang tunggu. Lounge pun bisa jadi alternatifmu. Sayangnya, mengakses lounge bandara bisa melibatkan banyak tetek-bengek. Selain itu, lounge kadang terlalu mahal, dengan fasilitas yang tak sepadan.

Tapi sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi. Dengan LoungeBuddy, kamu bisa mengetahui lounge mana yang sesuai dengan keperluanmu dan nyaman di kantongmu. Aplikasi ini menampilkan lounge dari 500 bandara tersibuk di dunia. Foto, ulasan dan fasilitas apa saja yang tersedia di sebuah lounge bisa kamu ketahui lebih dulu. Info-info tambahan yang berguna juga akan dijabarkan. Siapa tahu, kartu ATM-mu bisa jadi tiket masuk gratis di lounge bandara tempatmu berada. Untung banget, ‘kan?

6. Foursquare

Aplikasi untuk Traveling

Foursquare via www.digitaltrends.com

Foursquare (4sq) bisa sangat bermanfaat untuk mengusir kebosananmu di jalan. Perlu rekomendasi tempat makan? Butuh tahu salon pijat paling dekat? Mau dapat password WiFi di lokasi-lokasi tertentu? Di 4sq, kamu bisa mendapatkan informasi tentang hal-hal tersebut dari warga lokal maupun sesama pejalan.

Sejak update besar-besaran beberapa minggu lalu, 4sq kini makin ‘pintar’ dan mengerti kebutuhanmu. Misalnya, aplikasi itu nggak akan menganjurkanmu makan di warung sate kalau sudah tahu kamu vegetarian. 4sq juga nggak akan membawamu pergi ke klub malam kalau kamu nggak suka tempat berisik. Selera orang berbeda-beda, dan aplikasi ini memahami selera pribadimu.

7. PackPoint

Aplikasi untuk Traveling

Packpoint via thenextweb.com

Aplikasi ini mengizinkanmu mengepak barang bawaan secara virtual. Tinggal masukkan nama kota yang kamu tuju, berapa lama kamu akan di sana, serta tujuanmu pergi (untuk dinas, atau liburan?). Setelah kamu lengkapi informasi ini, PackPoint akan menyusun sendiri daftar-daftar barang yang semestinya kamu bawa. Aplikasi ini mempertimbangkan iklim tempat yang kamu tuju, serta kegiatan apa aja yang akan kamu lakukan disana.

8. Kurrency

Aplikasi untuk Traveling

Kurrency via www.dribba.com

Tinggalkan kalkulatormu di rumah! Biar Kurrency yang membantumu mengkonversi nilai rupiah ke mata uang asing, atau nilai mata uang asing ke rupiah. Tenang, nilai tukar mata uang disitu akan selalu akurat selama kamu terhubung dengan internet.

Yang khususnya keren dari aplikasi ini adalah desainnya yang minimalis. Dengan ini, menggunakannya akan mudah bagimu. Buat yang punya Android, Hipwee sarankan pakai XE Currency.

9. World Lens Translator

Aplikasi untuk Traveling

World Lens Translator via www.idownloadblog.com

Setelah belajar berbagai bahasa dengan Duolingo, mungkin sudah waktunya kamu mempraktikkan bahasa itu di negara asalnya. Namun sebagai orang asing, sudah sewajarnya kalau kamu ragu dan takut untuk bicara banyak. Apalagi kalau negara yang kamu tuju tidak menggunakan alfabet Latin.

Jangan cemas! World Lens akan menerjemahkan bermacam-macam bahasa asing ke bahasa yang kamu mengerti. Uniknya, semua ini dilakukan dengan lensa kamera ponsel pintarmu. Jadi, apa yang tertulis dalam bahasa asing akan ditampilkan di layar ponselmu dalam bahasa yang kamu mengerti. Ah…akhirnya. Alat Doraemon itu muncul juga di dunia nyata.

10. Gogobot

Aplikasi untuk Traveling

Gogobot via www.hipwee.com

“If you like TripAdvisor, Gogobot will blow your mind.”– Michael Arrington, TechCrunch

Dengan lebih dari 725,000 ulasan dan jutaan foto, Gogobot adalah teman sejati para pelancong. Aplikasi ini akan memberimu rekomendasi seputar tempat makan yang enak, aktivitas apa yang bisa di lakukan, dan di mana tempat menginap yang oke.

Uniknya, semua rekomendasi akan disesuaikan lebih dulu dengan minat dan renjanamu. Kalau kamu suka aktivitas outdoor, Gogobot akan merekomendasikan rute hiking dan walking tour terbaik di tempat yang kamu tuju. Kalau kamu pecinta seni, aplikasi ini akan memberitahumu lokasi museum terbaik di kota itu. TripAdvisor dan Lonely Planet akhirnya punya saingan baru!

11. Foodspotting

Aplikasi untuk Traveling

Foodspoting via www.10best.com

Untuk pengalaman bepergian yang nggak terlupakan, kamu harus mencoba makanan warga lokal. Disinilah Foodspotting bisa membantumu. Berbeda dari aplikasi lainnya, Foodspotting nggak akan memberikanmu rekomendasi restoran. Justru ragam-ragam makanan khas di kota itu yang akan disampaikan aplikasi ini padamu.

Jangan takut nyasar di restoran mahal! Aplikasi ini juga akan memberimu rekomendasi toko roti, bistro, bahkan dapur-dapur chef lokal. Foto-foto di dalamnya dijamin bikin kamu ngiler.

12. WhatsApp

Aplikasi untuk Traveling

WhatsApp via www.wired.co.uk

Tak jarang, setelah berkelana jauh kamu baru bisa paham arti ‘rumah’. Jangan biarkan dirimu berlarut-larut dalam rasa rindu. Buatlah dirimu merasa dekat dengan mereka yang jauh, melalui aplikasi Whatsapp.

Sebentar. Di antara banyak opsi aplikasi chat yang lain, kenapa harus Whatsapp? Sederhana aja: karena aplikasi ini digunakan secara global dan tenar di hampir tiap negara — berbeda dengan LINE atau Kakao Talk yang ‘hanya’ menguasai pasar Asia Timur. Bahkan Whatsapp sudah melayani 600 juta pengguna aktif per Agustus 2014. Dengan ini kamu bisa tetap terhubung dengan rumah, sekaligus berkomunikasi dengan teman-teman lokalmu.

13. Viber

Aplikasi untuk Traveling

Viber via www.10best.com

Dengan Viber, semua orang di dunia bisa kirim pesan dan menelepon secara gratis lewat jaringan 3G atau WiFi. Kamu juga bisa menghubungi nomor telepon rumah atau ponsel dengan tarif operator yang murah.

Viber menghadirkan kualitas suara yang jernih. Selain itu, aplikasi ini juga punya versi desktop sendiri, dan bersih dari iklan menyebalkan. Emang cocok buat kangen-kangenan!

Tuh, ternyata selain Path dan Instagram, ponsel dan tabletmu bisa melakukan banyak hal yang nggak kalah seru dan berguna. Semoga daftar di atas bisa membantumu bepergian, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Football, Music, Movie.

CLOSE