Mau Pergi Ke Luar Negeri? Syarat Penerbangan Internasional Ini Perlu Kamu Cermati. Beda-Beda Lo Tiap Negara

Syarat penerbangan internasional

Selama pandemi, setiap negara menerapkan kebijakan yang berbeda-beda untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Saat mencapai puncaknya beberapa waktu lalu, banyak negara yang menutup kedatangan turis dari luar negeri. Namun, karena situasi sudah semakin terkendali, banyak negara yang mulai membuka penerbangan internasionalnya. Meskipun begitu, ada banyak aturan yang ditetapkan oleh masing-masing negara, seperti aturan mengenai dokumen kesehatan dan aturan karantina.

Advertisement

Di Indonesia, aturan mengenai pelaku perjalanan internasional harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan. Persyaratan itu di antaranya harus menunjukkan sertifikat vaksin, hasil PCR negatif, dan karantina selama beberapa hari. Aturan itu juga akan disesuaikan bergantung dengan kepentingan kedatangan. Hampir sama dengan di Indonesia, perjalanan ke luar negeri juga memiliki aturan yang perlu kamu ikuti. Apa saja yang perlu kita perhatikan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri?

Pertama, perhatikan negara yang sudah membuka wilayahnya untuk kedatangan WNI, terutama jika tujuanmu untuk berwisata

Perhatikan negara tujuan | Photo by Suhyeon Choi on Unsplash

Perlu kita ketahui bahwa setiap negara berhak melindungi warga negaranya dari penularan virus Covid-19. Salah satu tindak pencegahan penularan itu ialah menutup kedatangan dari luar negeri. Pada puncak pandemi sekitar bulan Juli lalu, ada banyak negara yang menutup pintu kedatangan penerbangan dari Indonesia. Namun, kini sudah banyak negara yang memperbolehkan WNI untuk masuk ke negaranya meskipun terbatas untuk tujuan tertentu.

Sejak Oktober lalu, sudah lebih dari 70 negara yang membuka negaranya untuk WNI. Namun, tidak semua negara itu membuka kunjungan untuk warga negara asing yang memiliki tujuan untuk berwisata. Kalau kamu sudah tidak sabar untuk berwisata ke luar negeri, ada beberapa negara yang sudah membuka pintu untuk wisatawan. Negara-negara itu di antaranya Maladewa, Belanda, Turki, dan Prancis.

Advertisement

Perhatikan syarat dan dokumen perjalanan yang harus diikuti, umumnya hasil PCR negatif dan sertifikat vaksin

Siapkan dokumen perjalanan | Photo by Nicole Geri on Unsplash

Setiap negara memiliki persyaratan masuk yang berbeda-beda, tergantung pada kebijakan pemerintah yang ditetapkan. Untuk menghindari kesulitan saat di bandara atau di tempat tujuan, kita perlu mempersiapkan dokumen dan mematuhi aturan yang berlaku di negara tujuan. Persyaratan yang umum ditetapkan oleh negara tujuan adalah hasil ter PCR negatif, vaksinasi lengkap, dan karantina selama beberapa hari.

Untuk detail jenis vaksinasi dan lama karantina, setiap negara menetapkan kebijakan yang berbeda-beda. Di Inggris dan Arab Saudi beberapa waktu lalu misalnya, mereka tidak menerima vaksin Sinovac, tetapi menerima vaksin jenis Moderna, Johnson&Johnson, AstraZeneca, dan Pfizer. Namun, kini kedua negara itu dikabarkan sudah menyetujui vaksin jenis Sinovac. Mengenai lama karantina, ada negara yang tidak menerapkan kebijakan karantina sama sekali dan ada pula yang menerapkan karantina sampai 14 hari.

Advertisement

Berkaitan dengan dokumen yang harus dipersiapkan, kamu tentu perlu melengkapi dokumen perjalanan, seperti tiket penerbangan, identitas diri, surat keterangan bebas COVID-19, dan dokumen lain yang diperlukan sesuai dengan tujuan perjalanan. Selain itu, sertifikat kesehatan dalam bahasa Inggris dengan hasil tes COVID-19 negatif juga perlu disiapkan dengan jenis tes dan kurun waktu pengambilan sampel sesuai dengan ketentuan negara tujuan. Terakhir, siapkan sertifikat atau kartu vaksinasi COVID-19 yang berlaku mengikuti aturan negara tujuan.

Itu dia beberapa aturan umum terkait dengan perjalanan internasional yang perlu kamu tahu sebelum bertolak ke luar negeri. Untuk informasi yang lebih detail dan update, jangan lupa kunjungi situs negara tujuan dan juga maskapai yang akan kamu gunakan ya, SoHip!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE