Mengulik Serba-Serbi Liburan ke Destinasi Domestik di Masa Pandemi

Webinar Pariwisata

Kesadaran tentang kesehatan mental pada generasi muda Indonesia dalam beberapa tahun terakhir tampak meningkat. Tidak menormalisasi overwork sebagai dedikasi kerja, dan menikmati waktu libur sepenuhnya setidaknya bisa dijadikan indikator.

Selain itu, juga bisa dilihat kalau liburan bagi generasi muda telah menjadi kebutuhan alih-alih sekadar opsi kegiatan di waktu libur. Karena seperti diketahui, liburan bisa jadi katarsis yang menyucikan batin, hati, dan pikiran dari segala kepenatan dan rutinitas. 

Nah, akan tetapi, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak satu tahun terakhir telah membuat liburan jadi agak sukar dilakukan. Tapi perlahan, liburan punya banyak manfaat bagi kesehatan dan sudah mulai bisa dilakukan dengan catatan sebagai berikut.

Menaati protokol kesehatan adalah kunci utama dalam melakukan aktivitas apapun di masa pandemi

Tidak bepergian adalah anjuran yang sebisa mungkin harus ditaati siapa saja di masa pandemi ini. Hal itu demi meminimalisir penyebaran virus. Meski begitu, anjuran tersebut nggak mutlak mengikat. Selama kamu bisa memastikan protokol kesehatan dijalani dengan baik, maka perjalanan-perjalanan penting seharusnya dapat dilakukan.

Nah, dalam halnya liburan, jika memang aktivitas tersebut bertujuan untuk menjauh sejenak dari kompleksitas rutinitas pemicu stres, maka liburan seharusnya juga dapat dilakukan dengan catatan menaati protokol kesehatan serta bijak memilih destinasi tujuan.

Memilih destinasi domestik yang telah menjalankan protokol kesehatan sesuai ketetapan pemerintah

Menyambangi destinasi domestik adalah pilihan paling bijak jika memang ingin melaksanakan liburan di masa pandemi. Apalagi pemerintah Indonesia saat ini tengah menggencarkan beberapa program pemulihan industri pariwisata di beberapa destinasi prioritas tanah air, berikut penerapan protokol kesehatan yang mantap.

Seperti contoh, Bali adalah salah satu destinasi yang termasuk dalam program CHS (Cleanliness, Health, and Safety) milik pemerintah dan bisa jadi pilihan kunjungan di tengah pandemi, karena program tersebut memastikan protokol kesehatan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan serta konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan berjalan dengan baik.

Selain itu, Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo yang merupakan lima destinasi super prioritas, juga tengah difokuskan pemerintah untuk dapat bangkit mendorong pemulihan industri pariwisata pasca pandemi, lewat penerapan protokol kesehatan dan ketersediaan fasilitas penunjang.

Liburan ke destinasi domestik lebih mudah, murah dan dapat membantu pemulihan industri pariwisata dalam negeri

Ada alasan lain mengapa destinasi domestik merupakan pilihan bijak liburan di tengah pandemi. Satu di antaranya karena kocek yang harus dirogoh relatif enteng, tapi berdampak besar bagi keberlanjutan industri pariwisata dalam negeri. Seperti diketahui, krisis kesehatan yang diakibatkan Covid-19 sangat berdampak pada sektor ekonomi. Karenanya, kondisi finansial jadi pertimbangan penting jika ingin liburan.

Selain itu, berbagai pihak juga banyak yang menawarkan kemudahan untuk perjalanan domestik. Salah satunya Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia. Kartu kredit dari BRI hasil kerja sama dengan Kementerian Pariwisata ini dihadirkan khusus untuk kamu yang ingin menikmati keindahan bentang alam dan budaya Indonesia, dengan limit mulai Rp15.000.000 sampai Rp999.000.000 dengan berbagai benefit.

Tak hanya itu, dengan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia kamu juga bisa memanfaatkan Traveloka Paylater Card, kartu kredit co-branding khusus untuk pengguna Traveloka yang ingin mewujudkan liburan sekalipun dadakan, dengan skema pesan sekarang bayar nanti menggunakan metode cicilan. Kartu kredit ini juga terintegrasi dengan aplikasi Traveloka untuk semakin memudahkan.

Memahami lebih lanjut wisata domestik di masa pandemi dalam webinar #TerusBukaJalan Pariwisata Lokal dari Perspektif Generasi Muda

Nah, bagaimana, kamu sudah punya gambaran yang cukup mengenai liburan di masa pandemi? Kalau belum, kebetulan banget, nih. BRI bekerjasama dengan Hipwee akan menggelar webinar bertajuk #TerusBukaJalan Pariwisata Lokal dari Kacamata Generasi Muda pada Jumat, 19 Maret 2021 pukul 15.30 WIB. 

Dalam webinar tersebut, kamu bisa mengumpulkan informasi terkait liburan ke destinasi domestik di masa pandemi dari  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak Sandiaga Uno dan Travel Influencer, Yuki Anggia. Kamu juga bisa kepoin keuntungan dan fitur unggulan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia bersama Direktur Konsumer BRI, Ibu Handayani.

Akan ada dua sesi Zoom webinar dengan topik “#TerusBukaJalan Pariwisata Lokal dari Perspektif Generasi Muda: Teknologi dan Kemudahan”, dan “Generasi Muda dalam Perspektif Pariwisata: Potensi dan Usaha dalam Menarik Minat”. Rangkaian webinar ini juga bisa kamu saksikan melalui Instagram, Facebook, dan YouTube secara live.

Yuk, ikutan webinarnya untuk tambah pengetahuan mengenai salah satu kebutuhan penting generasi muda dalam berwisata dengan klik link registrasinya di sini!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

I know I glow up