Merasa Dicurangi, Air Asia Putuskan Tarik Penjualan di Traveloka. Tiketnya Hilang Secara Misterius Lho!

Tiket Hilang, Air Asia dan Traveloka Putus

Ada masalah serius yang dialami maskapai bujet asal Malaysia, Air Asia. Tiket Air Asia secara misterius hilang dalam situs booking tiket online terkemuka di Indonesia, Traveloka. Tak cuma sekali, tiket Air Asia dikeluhkan oleh para pelanggan ketika tidak muncul di kolom pencarian maskapai penerbangan Traveloka. Apa yang sebenarnya terjadi?

Advertisement

Pihak Air Asia kemudian menghubungi Traveloka untuk menjelaskan kondisi tersebut. Namun pihak Traveloka enggan memberikan penjelasan dengan baik kepada Air Asia. Merasa diperlakukan tidak adil, Air Asia mencabut seluruh penjualannya di situs booking online terbesar di Indonesia tersebut. Sebuah masalah serius yang bisa merugikan traveler pelanggan Air Asia.

Pangkal masalahnya, pada 14-17 Februari lalu, tiket Air Asia hilang misterius di Traveloka. Pada tanggal 2 Maret lalu, Air Asia kembali hilang di Traveloka. Ada apa sih?

Pelanggan Air Asia dalam beberapa kali kesempatan mengalami kesulitan untuk melakukan pemesanan tiket di Traveloka. Pasalnya maskapai Air Asia tiba-tiba menghilang secara misterius di situs booking online terbesar di Indonesia tersebut. Kejadian ini sudah terjadi 2 kali, pertama pada tanggal 14-17 Februari lalu. Kebetulan waktu itu Traveloka beralasan di tanggal 16 Februari bertepatan dengan upgrade sistem di Traveloka. Namun maskapai lain seperti Garuda Group dan Lion Group tetap ada di sana.

Nah, masalah muncul kembali pada tanggal 2 Maret lalu. Tiket Air Asia kembali hilang. Ketika ada pelanggan bertanya ke @traveloka, justru dijawab adminnya agar memilih maskapai yang lain saja. Aneh banget ‘kan Traveloka ini? Apakah ada pihak yang berkepentingan sehingga Air Asia harus dicurangi seperti ini?

Advertisement

Dalam berita pers yang dikeluarkan oleh Air Asia, mulai Senin (4 Maret 2019) Air Asia sudah menarik secara permanen penjualan tiket Air Asia di Traveloka

“Hilangnya penerbangan kami tentunya mencederai kerja sama antara Air Asia dan Traveloka. Pihak Traveloka seperti tidak menunjukkan itikad baik. Traveloka menolak memberikan penjelasan resmi meskipun sebelumnya kami telah beberapa kali meminta klarifikasi,” ujar Dendy Kurniawan, Direktur Utama Air Asia Indonesia.

Air Asia mengeluarkan berita pers pada hari Senin, 4 Maret 2019. Maskapai asal Malaysia menarik secara permanen tiketnya dari situs penjualan Traveloka. Air Asia merasa diperlakukan tidak adil karena hanya maskapai Air Asia yang dihilangkan, sementara Lion dan Garuda Grup masih ada. Perlakuan tidak adil tersebut bikin Air Asia makin kecewa karena tidak ada klarifikasi yang jelas dari Traveloka.

Memang banyak terjadi masalah dalam dunia penerbangan Indonesia semenjak terjadi oligopoli di bisnis maskapai. Diakuisisinya Sriwijaya dan NAM Air ke Garuda Grup jadi bikin ada dua super grup (satunya Lion Grup) yang bebas menentukan semuanya sendiri, termasuk harga dan bagasi. Apalagi ketika mereka ramai-ramai menaikkan harga, Air Asia harganya tetap sama. Pun ketika ramai-ramai menghilangkan bagasi gratis, Air Asia konsisten dengan free 15 kg. Harga murah dan fasilitas bagasi tentu bikin banyak orang memilih Air Asia ketimbang Lion yang seringkali bermasalah atau Citilink. Dari sini saja sudah terlihat Air Asia ingin ‘disingkirkan’ secara halus mengingat market share dari Traveloka cukup besar, yakni 10 % dari total penjualan Air Asia.

Advertisement

Buat kamu yang pengen beli tiket Air Asia bisa langsung ke websitenya secara langsung di www.airasia.com. Harganya lebih murah malahan

crew air asia via www.klia2.info

“Peniadaan beberapa penerbangan AirAsia Indonesia oleh Traveloka menunjukkan dengan jelas sikap diskriminatif dan berat sebelah. Kami mengamati pesan-pesan di media sosial yang disampaikan pelanggan tentang ketidaktersediaan tiket AirAsia justru direspons dengan rekomendasi dari Traveloka untuk memesan tiket maskapai lain. Oleh karena itu, sebagai bentuk solidaritas, AirAsia secara grup menarik penjualan seluruh tiket AirAsia dari Traveloka efektif mulai saat ini,” tambah Dendy.

Sikap tegas Air Asia tidak diimbangi oleh Traveloka yang tak kunjung memberi pernyataan yang solutif, selain hanya menyayangkan sikap Air Asia tersebut. Seharusnya Traveloka fair dalam urusan bisnis maskapai ini dan hanya jadi sarana penjualan tiket, bukan bersikap tidak adil kepada salah satu maskapai. Selanjutnya, permintaan maaf resmi dan evaluasi sistem Traveloka akan lebih baik agar kerja sama bisa terjalin kembali. Tentu salah satu yang dirugikan adalah traveler ‘kan?

Pihak Air Asia menghimbau agar traveler sekarang membeli tiket Air Asia di situs website www.airasia.com dan bisa dapat harga murah di sana, bagasi 15 kg dan tentu dapat berbagai macam promo dan diskon hotel. Menarik bukan? Jadi kamu pelanggan setia Air Asia, sekarang rajin-rajin buka websitenya aja ya.

“Kompetisi seharusnya bebas dan adil sehingga konsumen dapat diuntungkan dengan adanya penawaran yang lebih baik. Jangan sampai monopoli membunuh kompetisi dan membuat para traveler menjadi dirugikan,” tutup Dendy di rilis resmi Air Asia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE