Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Untuk destinasi bulan ini pilihan kami jatuh ke Belitung, pulau Laskar Pelangi yang begitu mempesona. Simak artikel kedua kali ini tentang kuliner khas Belitung yang legendaris yakni Mie Atep. Yuk icip-icip mie kuning yang lezat ini.

Belitung terkenal bukan hanya karena Laskar Pelangi dan pantai-pantainya yang indah. Kuliner Belitung juga dikenal sangat lezat dan menggoyang lidah. Salah satu ikon kuliner Belitung adalah Mie Atep yang terletak di pusat kota Tanjungpandan, Belitung.

Advertisement

Mie Atep adalah mie kuah legendaris yang khas dari Belitung. Rasanya yang lezat dan lokasinya yang strategis membuat wisatawan wajib berkunjung ke sana saat liburan ke Belitung. Buat kamu yang penasaran dengan mie kuning yang satu ini, Hipwee Travel sudah menyiapkan ulasannya. Yuk simak!

Mie Atep sudah berdiri di Kota Tanjungpandan sejak tahun 1973. Warung mie ini didirikan oleh Bu Atep, yang kini telah berusia 72 tahun

mie atep yang lezat via www.hipwee.com

Terletak di Jl Sriwijaya No 27, Tanjungpandan, Mie Atep memang jadi makanan paling dicari saat wisatawan datang ke Belitung. Mie kuah dengan isian mie kuning, irisan kentang, ketimun, potongan tahu dan udang, telur separuh dan emping melinjo ini memang terasa spesial. Hipwee Travel ngicipin mie Belitung ini dengan ekspektasi rasa yang tinggi. Hal ini wajar karena pamornya sudah begitu melambung. Dan benar saja, rasanya sangat lezat karena kuah kentalnya begitu maknyuss. Aroma seafood begitu kental karena kuahnya terbuat dari rebusan udang ditambah dengan bumbu-bumbu yang memanjakan lidah. Wah pokoknya ketagihan deh makan mie di warung yang sudah berusia 46 tahun ini. Segar dan begitu nikmat.

Sebagai pelengkap, es jeruk kunci jadi minuman yang sangat menyegarkan. Cocok banget dengan Mie Atep yang berkuah

es jeruk kunci via www.hipwee.com

Kulineran di Mie Atep ini nggak lengkap tanpa minuman yang khas Belitung pula. Sebagai pendamping Mie Atep yang gurih dan manis, ada es jeruk kunci yang begitu menyegarkan. Minum es jeruk setelah makan mie kuning ini adalah perpaduan yang lengkap. Pokoknya lezatnya double deh. Untuk sajian ini, kamu harus merogoh kocek 24 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan? Kayanya kurang sih kalau 1 porsi. Hehehehe.

Dijuluki mie artis, Mie Atep memang jadi langganan para artis yang sedang ke Belitung. Mulai dari Tukul, Deddy Corbuzier, Cinta Laura, sampai Megawati Soekarno Putri

banyak artis di sana via www.hipwee.com

Advertisement

Mie Atep sering disebut mie artis karena banyak artis yang mampir ke sini. Di warungnya yang masih sederhana di Jalan Sriwijaya tersebut, foto-foto artis dipigura dengan rapi di dindingnya. Artis maupun tokoh beken macam Tukul Arwana, Deddy Corbuzier, Cinta Laura, Andy F Noya, Andrea Hirata, hingga alm Bondan Winarno. Tak ketinggalan mantan Presiden RI ke 4, Megawati Soekarno Putri pernah makan mie kuning khas Belitung ini. Wah luar biasa ya pamor Mie Atep ini. Kuliner ini memang jadi ikon Belitung sih ya.

Hipwee Travel udah cobain sendiri dan puas banget dengan sajian mie kuning khas Belitung di warung Mie Atep. Kalau kamu sendiri kapan mau coba?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya