Daftar Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Diexplore

Siapa yang kalo libur lebaran kerjaannya tidur-tiduran aja di rumah? Asik sih, seharian doing nothing dan kangen-kangenan sama kasur. Tapi jangan kelamaan di kasur dong. Coba explore tempat wisata di kampung halaman saat liburan supaya liburmu lebih produktif.

Advertisement

Salah satu kampung halaman yang wajib di-explore adalah Kabupaten Pekalongan. Buat sebagian besar orang, wisata Pekalongan identik dengan wisata belanja batik. Ternyata Pekalongan juga menyimpan banyak hal asik, mulai dari wisata kuliner sampai alamnya yang cantik. Yuk simak ulasan Hipwee Travel tentang wisata di Pekalongan.

1. Pantai Pasir Kencana

Wisata di Pekalongan

Pantai Pasir Kencono via www.harianpost.co.id

Lokasi Kabupaten Pekalongan yang ada di jalur Pantura membuat Pekalongan punya garis pantai, salah satunya adalah Pantai Pasir Kencana Pekalongan. Lokasinya cuma berjarak 4 km dari pusat Kota Pekalongan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Pasir Kencana Pekalongan adalah saat sunset. Kamu juga bias melihat akuarium raksasa dan hunting seafood di pelelangan ikan di Pantai Pasir Kencana.

Advertisement

2. Taman bernama Nursery Horticultura

Wisata di Pekalongan

nursery horticultura via www.instagram.com

Kota Pekalongan mempunyai sebuah taman baru yang kece bernama Nursery Horticultura di bekas lahan kuburan Tionghoa di Kuripan Pekalongan Selatan. Selain untuk rekreasi, taman ini juga diharapkan bisa jadi penyedia tanaman nursery.

3. Curug Muncar Pekalongan

Wisata di Pekalongan

Curug Muncar Pekalongan via www.mytrip123.com

Meskipun lokasi Pekalongan ada di Pantura, tapi Pekalongan juga punya area pegunungan. Di ketinggian 1200 mdpl terdapat tempat wisata Curug Muncar Pekalongan. Curug artinya air terjun. Lokasi Curug Muncar berada di hutan milik perhutani. Perjalanan menuju Curug Muncar jadi lebih menantang karena melewati hutan.

4. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Wisata di Pekalongan

Puncak Hanoman via www.wisatalogi.com

Pekalongan juga punya gunung lho, namanya Gunung Kendalisodo. Kamu bias mendaki ke puncaknya yang bernama Puncak Hanoman. Ketinggiannya 1697 mdpl. Jalur pendakiannya terbilang mudah dan sangat cocok untuk pendaki pemula. Pemandangan dari atas Puncak Hanoman di Gunung Kendalisodo ini sayang untuk di-skip.

Advertisement

5. Kebun Teh Pagaliran

Wisata di Pekalongan

Kebun Teh Pagilaran via mytrip123.com

Sekitar 40 km dari Kota Pekalongan ada Kebun Teh Pagilaran. Sebenarnya Kebun Teh Pagilaran sudah masuk ke area Batang yang memang berbatasan langsung dengan Pekalongan, jadi ya masih bias dikategorikan dalam wisata Pekalongan ya. Karena letaknya di ketinggian, hawa sejuk bias kita nikmati di Kebun Teh Pagiliran. Mata juga adem bias lihat hamparan tanaman teh yang hijau dan langit biru yang cerah.

6. Desa Wisata Lolong Pekalongan

Wisata di Pekalongan

Desa Wisata Lolong via ohelterskelter.com

Desa Wisata Lolong ini terkenal dengan duriannya, dengan kata lain tempat ini adalah surga bagi pecinta durian. Desa ini menyediakan berbagai jenis durian dengan kualitas unggulan. Ada juga permainan arung jeram di Desa Wisata Lolong buat yang nggak doyan durian.

7. Watu Ireng

Wisata di Pekalongan

Watu Ireng via mytrip123.com

Watu Ireng ini ya batu berwarna hitam. Batunya besar dan punya cerita mistis. Konon di batu tersebut ada rongga besar, tapi asal muasal rongga besar tersebut nggak tahu dari mana. Biarpun ceritanya mistis, tapi pemandangan di Watu Ireng ini cakep banget dan layak masuk dalam tempat wisata yang bias kita datangi ketika berada di Pekalongan.

8. Bukit Pawuluhan

Wisata di Pekalongan

Bukit Pawuluhan Pekalongan via www.cintapekalongan.com

Bukit Pawuluhan punya pemandangan cantik khas perbukitan dengan dominasi warna hijau dan biru dari langit cerah. Untuk naik ke atas kamu butuh waktu sekitar 2 jam dengan berjalan kaki yang worthed it dengan pemandangan yang kamu dapat dan hasil foto yang cakep. Lumayan kan untuk nambahin stok foto di feed Instagram.

9. Makan kuliner khas Pekalongan: sego megono dan soto tauto

Wisata di Pekalongan

Limun oriental via www.cintapekalongan.com

Ke Pekalongan nggak lengkap kalua belum nyicipin kuliner khas Pekalongan. Makan sego megono, nasi dan gori (nangka muda) dengan bumbu yang khas wajib hukumnya. Kamu juga mesti makan soto tauto, soto dengan bumbu tauto yang cuma ada di Pekalongan. Cari juga limun oriental, softdrink jadul dari Pekalongan yang masih ada sampai sekarang.

10. Museum Batik Pekalongan

Wisata di Pekalongan

Museum Batik Pekalongan via www.cintapekalongan.com

Kunjungan ke Museum Batik Pekalongan ini wajib! Mumpung udah di kota batik, jadi nggak ada salahnya memperkaya wawasan tentang batik. Di Museum Batik Pekalongan kamu bias melihat 1149 koleksi batik. Batik yang dimiliki Museum Batik Pekalongan nggak cuma batik dari Pekalongan aja, tapi ada batik dari area pesisir Jawa, area pedalaman, dan juga batik dari Sumatra, Kalimantan, hingga Papua.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Pekalongan yang bisa kamu jadikan referensi. Jadi, udah ada ide pas di Pekalongan mau main ke mana aja? Sayang kan kalo liburannya cuma mentok di kasur aja. Yuk jalan!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE