Puasa sudah hampir berakhir nih. Sudahkah kamu merasakan buka puasa bersama yang berkesan? Terkhusus untuk kamu yang tinggal di Jakarta, Hipwee Travel kali ini akan mengulas 8 tempat makan unik di Jakarta. Mumpung ramadhannya masih bersisa, sok buruan ajak kawan, kerabat, keluarga kamu kesana. Tenang, yang ini nggak se-ngeri cafe jamban di Semarang yang hits belakangan kok, hihihiii…

Yuk disimak!

1. Hospitalis namanya. Nggak salah kalau kamu mengira ini Rumah Sakit, ya memang tema ini yang mereka angkat

berasa lagi konsultasi sama dokter yak? via s.kaskus.id

Sekilas eksterior dan interior restoran ini memang nampak seperti bangunan klinik atau rumah sakit. Bahkan, petugas valet di depan resto ini pun mengenakan pakaian operasi. Lampu-lampu yang menghiasi teras restoran juga serupa dengan lampu operasi. Akan tetapi, percayalah, Hospitalis ini memang 100 % restoran. Jangan kaget, kamu nanti akan disambut dengan pelayan yang berpakaian ala perawat. Yang paling unik, menu makanan disini disajikan dengan alat-alat rumah sakit lho.

Tempat duduk dan mejanya menyerupai kursi roda dan meja makan di rumah sakit. Minuman yang kamu pesan akan hadir dalam bentuk alat infus, suntikan, dan tempat obat lainnya. Asal kamu bukan phobia rumah sakit, restoran ini bisa jadi rekomendasi tepat untuk makan dengan suasana berbeda dan fun. Kalau nggak berkenan ya nggak usah mampir, nggak usah ngebully juga. Resto ini terletak di Jalan Ahmad Dahlan No.31, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. Kalau penjara beneran kaya gini, ya semua orang mau jadi maling biar makan enak di penjara. Buktiin deh di Bong Kopitown!

Advertisement

karena nggak perlu jadi napi buat makan dalam jeruji besi via jktgo.com

Kamu yang pernah punya pertanyaan, bagaimana ya rasanya makan dalam sel penjara? Sekarang kamu bisa menjawabnya dengan mengunjungi resto yang memiliki cabang di Kelapa Gading dan Citywalk Sudirman ini. Satu-satunya resto di Jakarta yang bertema penjara.

Setiap ruangan dibagi dalam jeruji berisi sejumlah kursi dan meja. Jadi tenang saja, kamu nggak dituntut untuk makan sendirian kok disini. Kamu tetap bisa makan beramai-ramai bersama kawan dalam “satu sel.” Keunikan lainnya, para pelayan juga mengenakan kostum seragam tahanan. Harga makanan dan minumannya pun terjangkau. Kamu bisa menikmati bubur ayam, kopi panas, nasi goreng. Duh, kapan lagi makan enak dalam penjara coba? Kamu nggak beneran pengen jadi narapidana kan?

3. Kalau nggak setuju Junkyard Cafe & Bar kami nobatkan sebagai salah satu tempat makan unik di Jakarta, sini bilang. Yakali kamu bisa lebih kreatif dari ownernya…

ini lho Junkyard via qraved-live.s3.amazonaws.com

Ya, Junkyard ialah sebuah resto dan bar yang semua furniturnya dibuat dari barang bekas. Sebagian kursinya terbuat dari kursi bekas dalam pesawat, mejanya dibuat dari tong, dan lampu gantung yang terbuat dari botol bir. Betapa kreatifnya!

Nampaknya si pemilik cafe ingin membuat cafe ini terlihat seperti rumah tua atau rumah kosong yang sedikit kurang terawat. Tenanglah, itu hanya interiornya saja. Untuk menu makanannya, ada western dan italian food yang mereka tawarkan.Porsinya juga cukup banyak kok. Harganya juga lumayan terjangkau. Kamu bisa menemukan Junkyard ini di Jalan Birah Raya No.10 Blok S, Senopati, Jakarta Selatan.

4. Kamu yang punya cita-cita jadi ilmuwan tapi nggak kesampaian. Bisalah menghibur diri dengan sering-sering makan di The Lab Cafe ini..

makan sambil belajaar via jakarta.panduanwisata.id

The Lab Cafe merupakan cafe bertema laboratorium yang terletak di Jalan Pantai Indah Kapuk. Interiornya akan membawa kamu merindukan masa-masa sekolah. Kapan lagi bisa pura-pura jadi ilmuwan sambil makan enak? Suasana ruang penelitian sudah nampak dari luar, apalagi sejak memasuki ruang bersantap ini. Papan namanya dihiasi tabung-tabung reaksi. Benda-benda lain yang biasa dijumpai di laboratorium juga tampak menghiasi cafe. Desain interiornya didominasi warna hijau dan biru. Sedangkan furniturnya menggunakan warna-warna cerah.

Disini, kamu nggak akan menjumpai barista atau peracik minuman. Kamu justru akan bertemu profesor ScienTEAs. Ya, pelayan dengan jas lab itu bertugas menyiapkan minuman yang kamu pesan. Kamu juga bisa bersantap sambil belajar, karena meja makan disini dihiasi tabel periodik kimia. Menu yang ditawarkan disini pun memiliki nama unik. Ada wildberry tea, hazelnut with big bubble, passion fruit popping, dan sebagainya.

5. Kamu yang menyesal pernah ingin cepat-cepat dewasa, dan merindukan masa kanak-kanak, sangat disarankan bermain bersantap di The Playground

mainan banget kaan? via www.qraved.com

Restoran ini menawarkan suasana yang semarak dan ceria khas anak-anak. Semua interior bertema taman bermain. Ada kursi ayunan, meja yang bisa diputar, mobil-mobilan, banyak juga miniatur vespa-vespa miniatur yang cukup unik untuk dilihat, dan lain sebagainya. Percayalah, berada disini akan membuat kamu merasa seperti kembali ke masa kanak-kanak yang menyenangkan. Bertempat di Jalan Metro Pondok Indah, menu andalan resto ini adalah honey grilled salmon dan martabak marshmallow.

6. Yang doyan hal-hal berbau aneh, belum lengkap hidupmu kalau kamu belum makan di Namaaz Dining

ini bisa dimakan lho~ via statik.tempo.co

Memang nggak ada yang unik dari suasana dan dekorasi dari restoran yang satu ini. Tapi, keunikannya ternyata terletak pada makanan yang disajikan. Ya, Namaaz Dining diklaim sebagai salah satu restoran unik di Jakarta, karena menyajikan menu fine dining yang sangat unik. Bayangin deh, kamu akan disuguhkan dengan gulai ayam yang dikemas dalam bentuk pensil kayu dan kertas note yang nampak usang. Selain itu, ada pula dodol yang dikemas dalam bungkus pasta gigi buatan.

Bagi kamu yang belum tahu, inilah yang dinamakan teknik memasak molecular gastronomy. Cara memasaknya dengan menggunakan teknologi tinggi dan pencampuran kimia macam nitrogen cair, karbondioksida, dan banyak yang lainnya. Dengan teknik seperti ini, chef akan melebur makanan ke bentuk molekulnya, sehingga bisa diubah ke bentuk baru yang sama sekali berbeda. Resto ini terletak di Jalan Gunawaran No.42, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

7. Kamu yang mendambakan makan di bawah laut, segeralah luangkan waktu dan ajak orang terdekat menuju ke Samudra Laut 73

kaya di kapal via www.facebook.com

Tempat nongkrong yang satu ini memang menyajikan nuansa yang sangat berbeda. Makan disini, kamu akan merasa makan di bawah laut dengan lampu biru yang membuat kamu merasa seperti berada di dalam kapal selam. Tempatnya memang nggak terlalu besar, tetapi Samudra Laut 73 sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat kongkow dan makan bersama orang-orang terdekat. Menunya apa aja? Jangan ditanya, ya jelas aneka olahan makanan laut. Meja-meja pengunjung pun terlihat unik karena diisi dengan pasir dan batu-batuan laut. Resto ini bertempat di Jalan Raya Boulevard Blok QA. 1 No.2.

Jadi gimana nih? Sisa beberapa hari, kamu mau berencana mengujungi yang mana dulu? Ini juga berlaku buat kamu yang mau mudik ke Jakarta. Atau malah yang kerja di Jakarta dan nggak bisa mudik. Hibur dirimu dengan makan di tempat-tempat ini ya guys 🙂