Jika ditanya destinasi hits dan kekinian di Jakarta, mungkin dulunya kamu akan mengernyitkan dahi. Memang harus diakui tidak banyak destinasi wisata yang ada di Jakarta, apalagi yang kekinian seperti di Bandung atau Jogja. Biasanya sih ya kalau nggak ke Monas ya Kota Tua. Lebih ke wisata sejarah sih. Tapi itu dulu, sekarang Jakarta sudah punya tempat nongkrong dan liburan yang hits. Namanya Museum Macan.

Museum Macan adalah singkatan Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum yang dibuka pada November 2017 ini langsung jadi destinasi hits yang populer di Instagram. Tak seperti museum biasanya yang memajang peninggalan sejarah, museum ini lebih ke museum seni. Museum ini memajang koleksi seni modern dan kontemporer dan kekinian banget. Yuk kita simak serunya liburan ke sana!

Buat kamu yang di Jakarta, kamu harus datang ke Museum Macan. Museum ini berisi karya seni modern dan kontemporer yang instagramable banget

instagenic via www.instagram.com

Sejatinya Museum MACAN bukanlah tempat selfie-selfie doang sih, melainkan tempat membaca dan menikmati buah pemikiran para seniman modern dan kontemporer sejak pertengahan abad 19 hingga awal abad 20.

lucu kan? via www.instagram.com

Terletak di AKR Tower Level MM, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, museum ini dibangun oleh seorang kolektor seni dan pebisnis asal Indonesia yakni Haryanto Adikoesoemo. Kurang lebih selama 25 tahun ia kumpulkan sekitar 800 karya seni, baik itu yang asalnya dari Indonesia ataupun luar negeri.

unik banget via ohayo.co.id

Salah satu karya seni yang bisa dibilang paling diminati di tempat wisata Jakarta ini adalah infinity mirrored room karya Yayoi Kusama yang asalnya dari Jepang. Karya ini paling epik sih memang…

salah satu spot favorit via www.instagram.com

Seni kontemporer juga terpajang dengan indah di sana. Ada lukisan abstrak, karya pop-art, dan berbagai instalasi instagrammable yang bisa kamu foto. Nama-nama seniman macam Arahmaiani, Andy Warhol, Karel Appel, Willem de Kooning, Heri Dono, hingga I Nyoman Masriadi terpampang di kertas-kertas penjelasan.

instagramable abis ya via www.instagram.com

The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau biasa dikenal dengan singkatan Museum Macan masuk dalam daftar World’s 100 Greatest Places 2018 yang dirilis oleh majalah Time pada bulan Agustus ini. Wah bangga ya, Indonesia masuk dalam daftar lewat Museum Macan!

kece banget via www.instagram.com

“Museum yang populer dengan koleksi seni modernnya ini akhirnya mendapatkan sesuatu yang berhak ia dapatkan,” ucap Suyin Haynes selaku editor dari majalah Time.

cakep kan buat foto-foto via www.instagram.com

Tiket masuk museum macan Jakarta ini dibagi jadi beberapa kategori, mulai dari tiket orang dewasa sebesar Rp 50.000,00, tiket lansia dan pelajar sebesar Rp 40.000,00 dan tiket anak-anak sebesar Rp 30.000,00. Buka tiap hari Selasa sampai Minggu dan buka dari jam 10 pagi sampai 8 malam

tiket masuknya terjangkau kok via www.instagram.com

Advertisement

Seru banget ‘kan liburan di Museum Macan? Nah, kalau kamu lagi ada kesempatan liburan ke Jakarta, jangan lupa mampir ke sana ya. Nggak gaul sih kalau belum ke Museum Macan. Hehehe…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya