Kalo kamu pengen menyelami kebudayaan dan sejarah suatu daerah, museum bisa jadi tempat yang tepat untuk kamu tuju. Mungkin kamu langsung mikir: tapi wisata museum kan membosankan? Eit, Tepis dulu anggapanmu itu. Sebaliknya, kamu justru bisa mempelajari banyak hal dan mendapatkan pengalaman nggak terlupakan dengan mengunjungi museum.

Museum adalah hal yang mudah ditemui di setiap kota yang kamu kunjungi. Tapi ternyata, beberapa museum punya konsep unik yang sama sekali berbeda dengan museum-museum lain. Tentu ini sayang banget kalo dilewatkan bila kamu kebetulan sedang mengunjungi kota tempat museum itu berada. Museum-museum apa aja sih yang dimaksud?

1. Museum Bawah Air Cancun, Meksiko

Museum Bawah Air Cancun via travel.ie.msn.com

Museum Seni Bawah Air Cancun (MUSA – Museo Subacuatico de Arte) yang terletak di Meksiko ini terasa magis dengan lebih dari 500 seni patung yang menyatu dengan biota laut. MUSA sebenarnya adalah organisasi nonprofit yang bekerja melakukan konservasi kelautan. Melihat patung-patung yang membisu di bawah laut ini kayak bersentuhan langsung dengan peradaban yang telah lama tenggelam.

2. Museum Gorong-gorong Paris, Prancis

Museum Gorong-Gorong Paris via paris.cityseekr.com

Advertisement

Sebagai kota besar yang punya sejarah panjang, wajar kalo Paris punya tata kota yang luar biasa. Gak cuma di permukaan, Paris juga punya pesona tersendiri di gorong-gorongnya yang rumit dan berliku seperti labirin.

Dengan jaringan terowongan bawah tanah yang luas, wajar kalo sistem gorong-gorong Paris dibuka untuk wisatawan sebagai museum. Kamu bisa menjelajahi museum ini dengan pemandu khusus. Tempatnya juga gak bau seperti yang kamu bayangkan lho.

3. Museum Franz Kafka di Praha, Republik Ceko

Museum Franz Kafka via www.travelfeedback.com

Franz Kafka merupakan salah satu penulis paling berpengaruh pada Sastra Eropa Modern, dengan visinya yang gelap dan surealis tentang kehidupan manusia. Museum Franz Kafka di Ceko merefleksikan sebagian tema utama dari hasil kerja sang penulis, dilengkapi dengan dokumen-dokumen surat menyurat Kafka, nukilan diarinya, serta foto-foto pribadinya — yang dikurasi dengan pencahayaan, musik, dan dekorasi yang unik. Kalau kamu pembaca karya Kafka seperti The Trial atau The Metamorphosis, museum ini akan membantumu memvisualisasikan adegan-adegan penting dalam karya-karya itu dengan kota Praha yang indah sebagai setting-nya.

4. Leila’s Hair Museum — Museum Rambut Leila di Independence, Missouri, AS

Leila’s Hair Museum via mojotraveler.com

Seni memang gak kenal batas: medium apapun bisa digunakan untuk membuat karya seni yang unik. Museum Rambut Leila mengoleksi ribuan wreath (rangkaian bunga yang berbentuk lingkaran) dan perhiasan yang terbuat dari rambut manusia, yang konon populer pada Era Victoria (1837 – 1901). Di sini kamu juga bisa melihat rangkaian rambut yang dibuat dari rambut orang terkenal, misalnya rambut Ratu Victoria.

5. Peter the Great Museum of Anthropology and Ethnography di Saint Petersburg, Rusia

Peter the Great Museum of Anthropology and Ethnography via www.lifehack.org

Peter the Great Museum of Anthropology and Ethnography merupakan bagian dari Kunstkamera, yang merupakan museum tertua di Rusia. Museum ini mempunyai sekitar dua juta koleksi yang dipamerkan, yang sebagian besar ajaib dan mengerikan. Terdapat koleksi-koleksi tengkorak yang cacat, janin awetan di dalam toples dan koleksi yang unik dan langka seperti hewan berkepala dua.

6. Iceland Phallological Museum di Reykjavík, Islandia

Iceland Phallological Museum via psitsglobal.blogspot.com

Phallologi adalah ilmu sains kuno yang mempelajari tentang penis. Di museum ini, dipamerkan awetan penis dari berbagai spesies hewan, termasuk ujung penis paus biru sepanjang 67 inci atau 170 cm, serta spesimen yang dianggap milik makhluk-makhluk mitologi seperti troll dan elf. Bisa melihat berbagai bentuk penis milik berbagai spesies dari dekat pastinya bisa jadi pengalaman seru dan unik.

7. Museum Parasit Meguro di Tokyo

Museum Parasit Meguro via www.lifehack.org

Banyak museum yang memamerkan binatang, mulai dari belulang dinosaurus, hewan awetan, sampai serangga, tapi museum yang satu ini beda, ia mengkhususkan pada hewan-hewan parasit. Di sini kamu bisa melihat spesimen makhluk-makhluk parasit dari dekat dan mengetahui informasi masing-masing spesimen, termasuk mana yang jadi parasit manusia. Museum unik ini akan memberimu banyak wawasan tentang parasit.

8. Museum Ninja Iga di Mie, Jepang

Museum Ninja Iga via www.japantimes.co.jp

Kamu mungkin nggak asing lagi sama Iga, nama salah satu klan ninja di jepang. Kalo kamu suka ninja, Museum Ninja Iga adalah tempat yang tepat buat mengetahui sejarah dan seluk beluk ninja di Jepang. Di sini kamu bisa melihat sejumlah peralatan yang digunakan oleh pasukan elit ini, seperti shuriken, serta menonton praktek teknik dan taktik tradisionalnya. Tapi, jangan dibayangin kayak Naruto dan Sasuke ya!

9. Kastil Bran, Transylvania, Rumania

Kastil Bran via www.getintravel.com

Kalo kamu menebak bahwa Kastil Bran adalah kastil Drakula, tebakanmu tepat. Kastil ini dulunya adalah milik Vlad III alias Vlad The Impaler, Count Dracula dari novel legendaris karya Bram Stoker. Kastil Bran merupakan satu-satunya kastil di Transylvania yang sesuai deskripsi Bram Stoker dalam novelnya. Kastil ini lalu dijadikan museum yang pas buat para penggemar horor dan mitologi.

10. Enduring Beauty Museum, Malaka, Malaysia

Museum of Enduring Beauty via www.couchdown.com

Kecantikan adalah topik yang gak habis-habis diperbincangkan. Setiap daerah dan setiap masa punya standar kecantikan yang berbeda-beda, seiring dengan perkembangan fashion manusia pun bertransformasi untuk mencapai kecantikan yang ideal.

Museum of Enduring Beauty menampilkan tradisi, perhiasan, peralatan, serta praktek yang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk membuat diri mereka secantik mungkin sesuai standar masing-masing. Praktek-praktek seperti mengikat kaki, memanjangkan leher, serta memasukkan piringan ke bibir pun dijelaskan dengan cukup detil.

11. Museum Penyakit Manusia di Sydney, Australia

Museum Penyakit Manusia via www.abc.net.au

Museum Penyakit Manusia mempertontonkan beragam penyakit yang bisa menyerang kita, mulai dari yang ringan sampai yang menyebabkan kematian. Beberapa bahkan berupa wabah yang mengerikan, tapi sangat menarik jika dipandang dari segi ilmu pengetahuan. Yang jelas, kamu bakal mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan dari sini.

12. Museum Alat Penyiksaan Abad Pertengahan di Amsterdam, Belanda

Museum Alat Penyiksaan via all-that-is-interesting.com

Kalo masuk ke museum ini, kita seolah dibawa ke kekejaman abad pertengahan kayak di serial Game of Thrones. Banyak peralatan untuk menyiksa yang bikin kita bergidik karena membayangkan seseorang pernah disiksa menggunakan alat-alat itu.

Museum ini nggak sekadar menampilkan alat-alat penyiksaan. Sebagian juga dilengkapi dengan patung-patung yang mengilustrasikan bagaimana alat-alat tersebut digunakan. Ngeri, tapi bikin penasaran.

13. Museum Kereta Jenazah di Barcelona, Spanyol

Museum Kereta Jenazah via spainattractions.es

Membaca kata “kereta jenazah”, jangan membayangkan ambulans atau keranda yang suram. Di Funeral Carriage Museum di Barcelona, kamu akan menemukan belasan kereta megah yang digunakan untuk ritual pemakaman, kereta-kereta yang membawa mereka ke tempat peristirahatan terakhir.

14. Museum Medis Siriraj di Bangkok, Thailand

Museum Medis Siriraj via www.panoramio.com

Kata “medis” pada nama museum ini mungkin bakal bikin kamu kecele, karena di sini kamu akan menemukan hal yang seram dan gak biasa. Disebut juga dengan “Museum Kematian”, di sini kamu bisa melihat pembunuh berantai dan kanibal yang udah dimumikan, serta beragam tengkorak manusia dan bagian tubuh yang diawetkan.

Ada juga bermacam contoh luka fatal yang ngeri sekaligus menarik pada bagian Sayap Forensik, serta berbagai material yang bisa memuaskan rasa penasaranmu.

15. Museum Anak Kolong Tangga, Taman Budaya Yogyakarta

Mseum Anak Kolong Tangga | Foto: Hendra Wardhana via wisata.kompasiana.com

Dari tadi kok kayaknya suram melulu ya, nih Hipwee kasih museum unik yang ada di Taman Budaya Yogyakarta: namanya Museum Anak Kolong Tangga. Museum yang didirikan oleh seniman Belgia ini menyimpan koleksi mainan anak-anak dan permainan tradisional.

Museum ini ingin mengangkat dan memperkenalkan fungsi dari mainan dan permainan tradisional sebagai bagian dari kehidupan anak sehari-hari, agar gak ditinggalkan oleh anak-anak Indonesia yang kini dicekoki dengan permainan modern yang mengandalkan teknologi.

Ternyata wisata museum sama sekali gak membosankan kan? Museum justru bisa menambah wawasan kamu tentang budaya dan sejarah. Gak ada salahnya kamu mengunjungi museum yang ada di kotamu. Daripada ke mal terus? Adakah museum unik di kotamu? Ceritain di kolom komentar dong!