Museum Sumpah Pemuda Hadir Kembali Dengan Wajah Baru

Setelah ditutup sementara waktu guna melakukan revitalisasi, kini Museum Sumpah Pemuda yang berlokasi di Jakarta Pusat resmi dibuka kembali pada Senin (21/03/2022) lalu. Melansir dari Kompas, peresmian kembali Museum Sumpah Pemuda dilakukan oleh Drs. Fitra Arda, M. Hum. selaku Sekretaris Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Advertisement

Revitalisasi Museum Sumpah Pemuda dilakukan untuk mengemas informasi mengenai momen sejarah Indonesia secara menarik, interaktif, atraktis, serta dinamis guna menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri seseorang. Penasaran dengan kelanjutan ‘wajah baru’ Museum Sumpah Pemuda beserta informasi lainnya? Yuk, simak ulasan berikut.

Wajah baru Museum Sumpah Pemuda yang lebih atraktif

Setelah beberapa waktu melakukan revitalisasi, kini Museum Sumpah Pemuda hadir dengan wajah baru yang lebih atraktif dengan dilengkapi oleh teknologi yang tersentralisasi pengendaliannya menggunakan aplikasi Museum Management System.

Ketika tiba di Museum Sumpah Pemuda, kamu akan dituntun untuk memasuki ruang pengenalan terlebih dahulu. Disana tersedia monitor interaktif yang menampilkan informasi umum seperti denah, video profil, dan time-laps revitalisasi.

Advertisement

Kemudian setelah menyusuri ruang pengenalan, kamu akan dibawa pada Ruang Pemuda Berjuang dalam Organisasi. Di ruang tersebut, disajikan buku interaktif berisi informasi ketika kamu menyentuh foto-foto dan lembaran buku tersebut.

Ruang utama pada museum ini terletak pada ruang 4 atau yang dinamakan Ruang Pemuda Bersatu dalam Sumpah Pemuda. Di ruang ini, kamu dan pengunjung lainnya disuguhkan layar immersive yang menampilkan video peristiwa kejadian di dalam ruang kongres pemuda.

Advertisement

Selain itu, kamu juga bisa mendengar lagu Indonesia Raya dari berbagai versi, mulai dari keroncong hingga aransemen yang dibuat oleh Addie MS melalui halobox interaktif. Tidak hanya mengenal sejarah Sumpah Pemuda saja, kamu juga bisa bermain orkesta secara virtual di Ruang Indonesia Raya.

Setelah puas berkeliling museum, kamu bisa menulis kesan dan pesan melalui monitor interaktif yang tersedia di ruang harapan sebelum kamu meninggalkan Museum Sumpah Pemuda.

Jam opersional Museum Sumpah Pemuda

Buat SoHip yang mau traveling tipis-tipis di hari weekend, wajib banget mengunjungi Museum Sumpah Pemuda~

Museum Sumpah Pemuda memiliki jam opersional setiap hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. Buka selama enam hari, Museum Sumpah Pemuda mematok harga tiket masuk yang sangat murah, mulai dari Rp 2.000 untuk orang dewasa dan mulai dari Rp 1.000 untuk anak-anak.

Jika kamu datang secara rombongan, maka akan ada tarif yang berbeda. Untuk rombongan dewasa akan dipatok harga mulai dari Rp 1.000, sedangkan untuk rombongan anak-anak dipatok harga mulai dari Rp 500 per orang. Tetapi untuk wisawatan mancanegara, harga tiket masuk disamakan yakni mulai dari Rp 10.000 bagi pengunjung dewasa maupun anak-anak.

Rute menuju Museum Sumpah Pemuda

Ke Museum Sumpah Pemuda bisa naik Trans Jakarta

Ke Museum Sumpah Pemuda bisa naik Trans Jakarta | Foto: Wikimedia Commons via commons.wikimedia.org

Buat SoHip yang ingin pergi melihat wajah baru Museum Sumpah Pemuda, kamu bisa menuju lokasi yang terletak di Jl. Kramat Raya Nomor 106, RT 02/RW 09, Kwitang, Senen, Kota Jakarta Pusat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jika kamu ingin pergi dengan menggunakan Busway, Mikrolet, maupun MRT, kamu harus tahu terlebih dahulu tempat pemberhentian, nomor koridor, dan jurusan kendaraan umum yang akan kamu tumpangi. Jangan panik, Hipwee akan bagikan informasi mengenai rute menuju Museum Sumpah Pemuda dengan menggunakan kendaraan umum.

  1. Busway Koridor 5 dengan jurusan Kampung Melayu-Ancol. Kemudian berhenti dan turun di Halte Pal Putih.
  2. Busway Koridor 5C dengan trayek Harmoni Sentral-PGC 1. Kemudian berhenti di Pal Putih.
  3. Busway Koridor 5D dengan trayek PGC 1-Ancol. Berhenti di Halte Pal Putih.
  4. Busway Koridor 5E dengan trayek Kampung Rambutan-Ancol dan berhenti di Halte Pal Putih.
  5. Busway Koridor B22 dengan trayek Bekasi Timur-Pasar Baru kemudian berhenti di Halte Pal Putih.
  6. Busway Koridor 1R dengan trayek Stasiun Senen-Tanah Abang dan berhenti di Halte STIE YAI Senin.
  7. Bus Mayasari Bhakti P9A dengan trayek Pasar Senen-Bekasi. Berhenti di depan Museum Sumpah Pemuda.
  8. Mikrolet 01 dengan jurusan Kampung Melayu-Pasar Senen. Kamu bisa naik dari Pasar Senen dan langsung turun di depan Museum Sumpah Pemuda.
  9. Mikrolet 12 dengan jurusan Pasar Senen-Kota. Untuk sampai ke Museum Sumpah Pemuda kamu bisa naik mikrolet nomor 12 dari Pasar Senen.
  10. Stasiun KRL Commuter Line Cikini/ Gondangdia/ Pasar Senen/ Gang Sentiong/ Kramat kemudian dilanjut dengan ojek online menuju Museum Sumpah Pemuda
  11. Stasiun MRT Bundaran HI, kemudian naik ojek online menuju lokasi Museum Sumpah Pemuda

Dengan wajah baru yang lebih atraktif diharapkan banyak masyarakat khususnya generasi muda yang datang dan berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda. Kalau SoHip sendiri kapan nih terakhir main ke museum? Yuk segera jadwalkan!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE