Menengok 6 Negara Tertua di Dunia yang Sudah Memulai Peradaban Bahkan Sejak 3100 SM!

Negara tertua di dunia

Sebagaimana manusia memiliki usia, sebuah negara juga demikian. Ada negara yang muda, dan ada juga yang tua. Saat ini, terdapat sebanyak 193 negara yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Beberapa di antaranya dikategorikan sebagai negara tertua di dunia.

Advertisement

Predikat negara tertua di dunia ini tentunya nggak dibuktikan dengan akta kelahiran sebagaimana pada manusia, melainkan dengan peninggalan sejarah yang dapat ditemukan. Melansir Oldest, berikut adalah 6 negara tertua di dunia yang bahkan sudah memulai peradaban sejak 3200 sebelum masehi (SM).

1. Iran yang dulunya dikenal sebagai Persia berdiri sekitar tahun 550 SM

Iran | Gambar oleh mostafa meraji dari Pixabay via pixabay.com

Iran merupakan negara termuda dalam kelompok negara tertua di dunia. Diperkirakan negara yang dulu dikenal sebagai Persia hingga tahun 1935 ini berdiri sekitar tahun 550 SM di bawah Kekaisaran Achaemenid. Kendati demikan, jauh sebelum tahun tersebut peradaban di Iran sudah dimulai oleh beberapa kelompok. Seperti kelompok Elam yang menetap di wilayah barat serta barat daya, dan orang Media yang menguasai sebagian besar Iran hingga Persia masuk di tahun 550 SM. Iran modern berdiri pada 1979 setelah Revolusi Iran.

2. Negeri Matahari Terbit, Jepang dipercaya berdiri pada tahun 660 SM

Jepang | Photo by David Edelstein on Unsplash via unsplash.com

Jepang sering mengutip tahun 660 SM sebagai tahun berdirinya negara mereka. Hal ini merujuk pada Kaisar Jimmu yang memulai dinasti kekaisaran Jepang pada tahun tersebut. Hingga saat ini, Kaisar Jimmu dianggap legendaris dan diyakini sebagai keturunan Dewi Matahari Amaterasu. Ia juga tercatat sebagai kaisar pertama dalam dua kronik awal Jepang: Kojiki dan Nihon Shoki. Selama berkuasa, Kaisar Jimmu naik tahta setiap tanggal 11 Februari. Hingga kini, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pembentukan Negara di Jepang.

Advertisement

3. Yunani dengan periode Archaic sebagai dasar peradaban modern dimulai sekitar tahun 800 SM

Yunani | Photo by Arthur Yeti on Unsplash via unsplash.com

Periode Yunani Klasik sebagaimana dikenal sebagai dasar peradaban modern dimulai sekitar 800 SM. Tapi untuk awal peradaban, Yunani telah eksis sejak Abad Kegelapan. Tahun 800 SM di Yunani dikenal sebagai periode Archaic, di mana pada periode tersebut orang Yunani telah membuat banyak kemajuan, seperti dalam hal seni, teknologi, dan yang terpenting adalah penemuan konsep kota-negara serta demokrasi. Cikal bakal negara-negara Eropa lainnya bermula di sini.

4. Perjalanan India sebagai sebuah bangsa dimulai tahun 1500 SM

India | Photo by Sylwia Bartyzel on Unsplash via unsplash.com

Sejatinya orang-orang sudah bermukim di India sejak sekitar tahun 3300 SM. Tetapi baru pada periode 1500 SM hingga 600 SM perjalanan India sebagai sebuah bangsa dimulai. Periode tersebut dikenal dengan Periode Weda, yang dinamai berdasarkan teks-teks Weda yang secara lisan disusun dalam bahasa Sanskerta Weda dan memberikan rincian tentang budaya Veda. Sementara India modern baru didirikan pada 1947 setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris.

5. Dinasti Xia yang berlangsung sekitar tahun 2070 dipercaya sebagai awal mula negara Cina

Cina | Photo by Hanson Lu on Unsplash via unsplash.com

Meski nggak pernah ditemukan catatan sejarah dari Dinasti Xia yang berlangsung sekitar tahun 2070 SM – 1600 SM, dinasti ini dipercaya sebagai titik mula negara Cina. Catatan sejarah tertulis pertama di Cina yang ditemukan berasal dari Dinasti Shang yang berlangsung sekitar 1600 SM – 1046 SM. Kendati demikian, Dinasti Xia banyak disebut dalam kronik sejarah seperti Bamboo Annals, the Classic of History, dan the Records of the Grand Historian. Era dinasti Tiongkok sendiri berakhir bersamaan dengan Dinasti Qing di tahun 1912, dan Republik Rakyat China didirikan pada 1949.

Advertisement

6. Mesir sebagai negara diyakini terbentuk pada tahun 3100 SM

Mesir | Photo by Fynn schmidt on Unsplash via unsplash.com

Meski peradaban Mesir Kuno dapat ditelusuri hingga 6000 SM, Mesir sebagai negara diyakini terbentuk pada 3100 SM. Pada periode tersebut, Mesir Hulu dan Hilir disatukan menjadi sebuah kerajaan oleh Raja Menes, atau dalam versi sejarawan, pendiri negara Mesir adalah seorang pengusaha bernama Narmer. Di bawah kekuasaannya, Raja Menes membangun kendali di atas Sungai Nil agar dapat dilayari, dan mendirikan ibu kota di Memphis (sebuah kota dekat Kairo saat ini). Sementara itu Mesir modern baru didirikan pada tahun 1953, setahun setelah Revolusi Mesir tahun 1952.

Itu dia 6 negara tertua di dunia yang sudah berdiri dan memulai peradabannya jauh sebelum konsep-konsep negara modern dikenal. Kamu punya versi lain? Share yuk!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE