Film diyakini sebagai media paling ampuh untuk memopulerkan seorang aktor atau aktris yang ingin naik daun. Tapi ternyata bukan cuma aktor dan aktris lho, berbagai macam jenis hantu di dunia juga terkenal lewat film. Contoh sederhananya, baru-baru ini nama Valak jadi bahan perbincangan dimana-mana. Buat yang belum tahu, Valak sosok hantu yang muncul dalam film The Conjuring 2.

Bicara soal hantu dan film, sebetulnya ada banyak hantu yang populer lewat film sebelum kehadiran Valak. Nah, lewat artikel kali ini, Hipwee mau coba menjabarkan beberapa hantu dari berbagai belahan dunia itu. Sebelum baca, pastikan kamu punya nyali yang besar ya. Jangan sampai baca sambil tutup mata. Yuk dimulai!

Semua pasti tau soal hantu vampir yang legendaris ini. Kalau di Cina, vampir lebih dikenal dengan sebutan Jiang Shi.

Vampir Cina bergentayangan dengan melompat-lompat via filemisteridunia.blogspot.com

Vampir adalah salah satu hantu paling legendaris di dunia. Kalau di Cina, vampir dikenal dengan istilah jiang shi yang berarti mayat kaku. Jiang shi adalah mayat hidup yang bergentayangan dengan melompat-lompat dan membunuh makhkluk hidup yang ditemuinya. Menurut keyakinan masyarakat Cina, jiang shi tercipta ketika jiwa seseorang gagal meninggalkan tubuhnya yang telah mati. Salah satu ciri khas hantu ini adalah kulitnya yang berwanya putih kehijauan karena ditumbuhi jamur yang menempel di tubuh mereka.

Banyak perdebatan apakah drakula hantu atau bukan. Makhluk penghisap darah ini dikenal berasal dari Rumania.

Drakula dikenal sebagai hantu penghisap darah via chitchatandbeyond.wordpress.com

Advertisement

Nama hantu drakula pertama kali muncul dalam novel karya Bram Stoker. Menurut mitos yang berkembang, drakula berasal dari Kota Transylvania, sebuah kota di Rumania yang dikenal angker. Drakula digambarkan dalam bentuk manusia kelelawar yang memiliki taring dan sayap. Sampai saat ini masih banyak yang memperdebatkan, apakah drakula itu hantu atau bukan. Sebab, jauh sebelum novel karya Bram Stoker itu muncul, drakula sudah dikenal sebagai salah satu tokoh penting yang terlibat dalam Perang Salib.

Zombi juga mengundang perdebatan. Banyak yang bilang sosok yang populer di Amerika ini monster, bukan hantu.

Zombie hidup untuk menyebarkan virus kepada mangsanya via www.forbes.com

Zombie sering digambarkan dalam wujud yang mengerikan. Meskipun tubuhnya tidak utuh lagi, mereka masih bisa berjalan untuk mencari mangsa. Cara zombie membunuh mangsanya juga sangat mengerikan. Mereka menggigit daging, merobek lapisan kulit, dan menarik keluar isi perut mangsanya. Satu gigitan zombie bisa membuat mangsanya berubah menjadi zombie seperti mereka. Tapi, banyak juga yang tidak setuju kalau zombie disebut hantu. Mereka menyakini zombie adalah monster yang terlahir karena kegagalan rekayasa genetik.

Berbeda dari hantu-hantu lainnya, hantu yang satu ini berbentuk kapal bajak laut bernama Flying Dutchman.

Flying dutchman, hantu paling menakutkan di lautan via megser.deviantart.com

Berbeda dari hantu-hantu populer lainnya, hantu yang satu ini tidak berwujud sosok manusia yang menyeramkan, tapi kapal raksasa yang mengarungi lautan. Menurut mitos yang berkembang, flying dutchman adalah kapal hantu yang selalu menghantui para pelaut. Menurut beberapa sumber, legenda flying dutchman berasal dari Belanda. Kapal hantu itu dikemudikan oleh kapten Bernard Fokke yang mengarungi lautan untuk mengelilingi dunia. Tapi, dalam pelayarannya kapal itu diterjang badai dan tenggelam.

Bentuknya memang boneka, tapi semua pasti merinding kalau melihat sosok Anabelle di malam hari.

Anabelle boneka imut yang berisi makhluk gaib via indianexpress.com

Nama hantu Annabelle terkenal lewat film yang terinspirasi dari kisah nyata. Boneka porselen bergaun pengantin putih itu sebetulnya bernama Raggedy Ann. Menurut cerita yang beredar, boneka itu bisa bergerak sendiri karena dirasuki makluk gaib penghuni sebuah apartemen di Amerika. Makhluk gaib itu diketahui bernama Annabelle. Annabelle adalah seorang gadis yang terbunuh di sebuah apartemen di Amerika. Rohnya bergentayangan dalam wujud boneka yang bisa bergerak sendiri dan menghantui semua penghuni apartemen.

Ada banyak jenis hantu di Indonesia. Tapi setuju nggak setuju, Pocong adalah hantu endemik dari negara kita.

Pocong cuma ada di Indonesia via cermistips.blogspot.com

Ada banyak jenis hantu di Indonesia. Tapi setuju nggak setuju, pocong adalah hantu paling legendaris di negeri ini. Menurut cerita masyarakat, kisah pocong bermula dari meninggalnya seseorang yang dimakamkan tanpa melepas tali pengikat kain kafannya. Sejak saat itu, muncul keyakinan bahwa mayat yang tidak dilepas tali pengikatnnya sewaktu dimakamkan akan membuatnya bergentayangan. Saking tenarnya, pocong hampir selalu ada di film-film Indonesia bergenre horor. Sama seperti vampir, pocong gentayangan sambil melompat-lompat.

Jepang terkenal sebagai negara asal hantu Sadako. Sosoknya mirip dengan kuntilanak di Indonesia.

Sadako mirip dengan kuntilanak di Indonesia via blogforbusinessonline.com

Sadako adalah sosok hantu legendaris asal Jepang yang digambarkan dalam wujud wanita berkulit pucat, berambut panjang acak-acakan, memakai baju berwarna putih, dan berjalan melayang.  Menurut cerita yang beredar, sadako bergentayangan untuk menuntut balas dendam atas kematiannya. Tapi ada juga yang bilang bahwa sadako mati bunuh diri dengan terjun ke dalam sumur. Sosok sadako mirip dengan kuntilanak yang tenar di Indonesia. Seperti hantu-hantu lainnya, nama sadako mendunia karena sering muncul dalam film horor.

Orang-orang Meksiko dan negara Amerika Latin lainnya paling takut sama hantu wanita tua bernama La Llorona.

Hantu La llorona bergentayangan di Amerika Latin via livescifi.tv

Di Amerika Latin sana, ada sesosok hantu wanita bernama La Llorona. Sosok ini sering diceritakan sebagai arwah penasaran yang ditolak ke surga sehingga bergentayangan. Sesuai namanya, la llorona (hantu menangis) selalu bergentayangan sambil menangis mencari anak-anaknya. Menurut cerita lokal di Meksiko, la llorona membunuh anak-anaknya dengan menenggelamkan mereka ke dalam danau. Saat menghadap tuhan, la llorona ditanyai keberadaan anak-anaknya. Tapi dia tidak tau, jadi disuruh kembali ke dunia untuk mencarinya.

Mungkin nama Aswang nggak banyak dikenal. Padahal hantu ini sangat populer di Thailand dan Filipina.

Aswang terkenal di negara tetangga kita Filipina via chitchatandbeyond.wordpress.com

Meskipun berasal dari negara tetangga kita Filipina, hantu Aswang mungkin tidak teralu terkenal di Indonesia. Aswang adalah hantu tradisional yang digambarkan dalam wujud seperti beruang berwajah manusia. Menurut mitos yang beredar, Aswang punya taring dan cakar yang tajam. Pada siang hari, Aswang menampakkan diri dalam wujud seorang manusia yang misterius dan pendiam. Dia akan berubah menjadi hantu yang kejam dan menyeramkan saat malam datang. Sosok ini mirip dengan genderuwo di Indonesia.

Kalau melihat hantu yang satu ini, mungkin semua akan ketawa. Ya, Casper adalah hantu baik dalam wujud kartun.

Casper si hantu lucu yang digemari anak-anak via christmas-specials.wikia.com

Berbeda dari hantu-hantu sebelumnya, hantu yang terakhir ini unik dan lucu. Semua pasti tau hantu Casper. Meskipun nggak menyeramkan, nama casper juga melegenda di dunia. Menuru sejarah, tokoh casper pertama dibuat oleh Seymour Reeit dan Joe Oriolo sekitar tahun 1930-an dalam buku cerita anak-anak. Hantu imut berkepala plontos ini digambarkan sebagai hantu yang baik hati. Nggak kayak hantu-hantu lainnya yang hobi mengganggu, casper justru suka berteman dengan manusia.

Itulah tadi 10 hantu paling legendaris di berbagai negara. Memang menyeramkan sih, tapi itu semua cuma mitos ya teman-teman. Kamu bebas mau percaya atau tidak, yang penting jangan sampai hal-hal gaib semacam itu mengganggu keyakinanmu. Kalau kamu punya rekomendasi hantu legendaris lainnya, jangan segan untuk menulisnya di kolom komentar ya, guys! Semoga terhibur.

Kalau masih penasaran juga dengan per-hantu-an, kamu bisa tanya langsung ke Sara Wijayanto lho!