Punya impian untuk jalan-jalan ke luar negeri? Mulai dari jalan-jalan ke negara-negara ASEAN aja. Letak negara-negara ASEAN yang lebih dekat dengan Indonesia, khususnya Indonesia bagian barat, membuat jarak tempuh perjalanan lebih pendek dan harga tiket cenderung lebih murah. Serunya sih karena sering ada tiket promo. Biaya hidup di negara-negara ASEAN juga hampir sama dengan biaya hidup di Indonesia, kecuali Singapura ya.

Ada juga lho negara di ASEAN yang biaya hidupnya lebih murah dari Indonesia, yaitu Vietnam. Salah satu destinasi wajib kalau jalan-jalan ke Vietnam adalah Halong Bay. Keindahan panorama Halong Bay nggak perlu diragukan lagi. UNESCO aja menyebut Halong Bay sebagai World Heritage Site. Jalan-jalan ke Halong Bay juga cenderung gampang dan biayanya relatif terjangkau.

Ikut paket tur dari Hanoi, atau estafet naik kendaraan umum dulu dari Hanoi ke Halong Bay dan cari operator tur di Halong Bay. Pilih sesuai kebutuhan.

Ikut paket tur dari Hanoi atau nyari aja di Halong Bay? via www.twitter.com

Advertisement

Kalau kamu mau jalan-jalan ke Halong Bay, kamu harus datang ke Kota Hanoi dulu. Jarak Hanoi ke Halong Bay sekitar 3-4 jam perjalanan naik bus. Di Hanoi ada banyak operator tur yang menawarkan tur ke Halong Bay sesuai kebutuhan, bisa one day tur atau one night tur yang artinya menginap di kapal.

Kamu juga bisa naik bus sendiri dari Hanoi ke Halong Bay. Ada banyak pilihan mulai dari bus biasa, shuttle bus, sewa mobil sendiri, bahkan kereta api. Di Halong Bay nanti ada banyak agen tur yang menawarkan jasa keliling Halong Bay naik kapal sesuai kebutuhan dan tentunya sesuai budget.

Halong Bay punya berbagai pilihan akomodasi dan tur. Dari mulai gaya backpacker sampai gaya crazy rich asia ada semua.

Mau explore Halong Bay gaya backpacker atau crazy rich asia? via www.travelfish.org

Ada banyak sekali agen tur yang menawarkan paket tur di Halong Bay. Ada one day tur tanpa menginap, one night tur dengan menginap satu hari, hingga paket tur yang menginap beberapa hari di kapal. Jenis kapal yang dipakai juga banyak pilihan. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi, mulai dari yang kelas backpacker dengan budget terbatas hingga tur mewah ala Crazy Rich Asia, semua ada di Halong Bay.

Mau menjelajah Halong Bay seharian atau nginep di kapal sekalian? Pilih sesuai kebutuhan kamu aja.

Pilih nginep di kapal atau cukup sehari aja. via hikmahua.wordpress.com

Advertisement

Paket one day tour biasanya dimulai dari Hanoi. Tur dimulai pagi hari dari Hanoi, lanjut naik shuttle bus ke Halong Bay. Siangnya kamu langsung diajak naik kapal dan makan siang di kapal. Aktivitas yang bisa dilakukan kalau ikut one day tur selain makan siang dan melihat pemandangan Halong Bay adalah masuk ke gua dengan naik kano.

Kalau kamu ikut paket one night tour, tentu saja ada tambahan aktivitas menginap di kapal. Kamu juga bisa menikmati makan malam romantis dengan latar belakang panorama pulau-pulau kapur yang indah di Halong Bay. Ketika pagi, usahakan untuk bangun pagi. Sunrise di Halong Bay bagus banget.

Kayaking dan masuk gua ada must do things di Halong Bay. Pulau-pulau kapur di Halong Bay punya goa-goa yang spektakuler.

Naik kayak, kegiatan wajib di Halong Bay. via www.rheinfathia.com

Salah satu kegiatan wajib kalo kamu jalan-jalan ke Halong Bay adalah masuk ke goa di pulau-pulau kapurnya. Goa-goa di Halong Bay ini emang bagus banget, dan cuma bisa dijangkau dengan kapal super kecil. Paling seru sih naik kayak, satu kayak untuk dua orang. Tapi kalo takut, ada juga perahu kecil berkapasitas 4 orang.

Best spot view di Halong Bay bisa dicapai dengan naik motor. Ini nih tempat para fotografer dan instagramer dapat foto kece dari Halong Bay.

The best spot of Halong Bay via www.exploreronabudget.com

Ada juga spot seru untuk melihat Halong Bay dari atas. Para fotografer menyebutnya the best spot of Halong Bay. Kalo yang ini nggak perlu naik kapal, tapi mesti sewa motor, atau naik bus ke arah kota. Nama lokasinya disebut Poem Mountain. Ntar di sana tinggal nanya ke warga lokal.

Kamu akan ditunjukkan gang sempit di antara toko-toko. Gang tersebut berisi tangga-tangga kecil yang mengarah ke atas. Kamu tinggal ngikutin jalan itu aja. Jalannya ya cuma tangga kecil dan naik terus ke atas. Jalan aja sampe pegel. Pemandangan dari Poem Mountain ini keren banget dan belum banyak yang tahu. Mungkin mereka males juga mesti lewat gang kecil dan tangga yang begitu banyak.

Untuk bisa menjelajah Halong Bay biayanya mulai dari 24 USD untuk one day trip naik kapal. Ada juga tur seharga 52-150 USD untuk one night budget tour. Kamu juga bisa sewa kapal sendiri sesuai budget. Operator tur yang terkenal di Vietnam adalah Sinh Tourist. Uang yang dipakai di Vietnam adalah Vietnam Dong (VND), tapi untuk tarif tur biasanya menggunakan USD yang kemudian dikonversikan ke mata uang VND. Budget untuk ke Halong Bay fleksibel banget kan? Yuk, jalan-jalan ke Halong Bay.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya