Panduan Backpacking ke Siem Reap, Kamboja. Jelajahi Angkor Wat, Kompleks Candi Terbesar di Dunia!

Panduan Backpacking ke Siem Reap, Kamboja

Kamu pernah dengan tentang Angkor Wat dan kompleks candi Angkor? Angkor World Heritage ini adalah kompleks candi terluas di dunia dan masuk dalam daftar UNESCO World Heritge Site. Salah satu candi di Angkor World Heritage, Ta Phrom, bahkan jadi lokasi syuting film Tomb Rider: Lara Croft yang dibintangi si cantik Angelina Jolie.

Advertisement

Tahu nggak kalian kalau lokasi Angkor World Heritage ini masih di Asia Tenggara, tepatnya di Kamboja. Kamboja yang masuk dalam negara ASEAN membuat kita, WNI, bebas visa untuk masuk ke sana. Yuk jalan-jalan ke Kamboja. Untuk explore Angkor World Heritage, kamu harus datang ke Siem Reap. Nih, Hipwee Travel kasih panduan backpacking untuk explore Siem Reap. Simak ya!

Naik pesawat ke Siem Reap dari KL dengan maskapai merah kesayangan backpacker. Naik bus dari Bangkok dan HCMC juga bisa.

Udah ada budget airlines yang melayani direct flight ke Siem Reap via www.dinilint.com

Cara paling nyaman ke Siem Reap adalah dengan naik pesawat. Maskapai kesayangan backpacker, si merah punya penerbangan langsung dari KL ke Siem Reap dan harganya terjangkau. Lama penerbangannya sekitar 2 jam. Nggak terlalu capek ‘kan?

Kamu juga bias mencapai Siem Reap dengan naik bus dari Pnom Penh, Kamboja sekitar semalaman. Naik bus dari Bangkok, Thailand maupun dari Ho Chi Minh City, Vietnam menuju Siem Reap juga sangat memungkinkan. Ini bisa jadi alternatif rute kalau kamu sedang merencanakan backpacking keliling beberapa negara di Indochina.

Advertisement

Best time untuk backpacking ke Siem Reap adalah di bulan November – Februari. Cuaca di bulan ini cenderung lebih adem.

Datang ke Siem Reap saat wet season supaya cuaca nggak terlalu panas via www.dinilint.com

Siem Reap, Kamboja punya 2 musim; wet season dan dry season. Ketika dry season Udara di Siem Reap panasnya luar biasa dan debunya banyak banget. Waktu paling asik untuk explore Siem Reap adalah saat wet season di bulan November – Februari. Tapi berhubung itu adalah puncak kunjungan ke sana, pada bulan-bulan tersebut Siem Reap juga bakal rame banget sama turis.

Bawa recehan USD untuk transaksi di Siem Reap, Kamboja. Pedagang kaki lima dan sopir tuktuk menerima uang USD juga lho.

Bawa USD kalau ke Kamboja via www.dinilint.com

Meskipun mata uang Kamboja adalah riel, tapi dolar US berlaku untuk transaksi di Siem Reap, Kamboja. Bahkan para pedagang kaki lima dan sopir tuktuk menerima dolar US. Sebaiknya kamu bawa recahan dolar US seperti pecahan 1 USD, 5 USD, atau 10 USD. Kalau ada kembalian, kamu akan menerima riel. Oya, untuk Tarik ATM pun ada pilihan untuk tarik USD atau riel.

Topi, sunblock, kacamata hitam wajib dibawa saat explore Siem Reap. Pakai baju yang menutup lutut dan lengan saat main ke Angkor World Heritage.

Topi dan kacamata hitam wajib dibawa kalau ke Siem Reap via www.dinilint.com

Siem Reap punya cuaca yang super panas. Sebaiknya kamu membawa topi, sunblock, kacamata hitam, payung untuk menangkal panasnya Siem Reap. Kamu juga sebaiknya bawa money belt, tempat uang yang dipakainya di bawah baju, untuk menghindari copet. Ingat juga untuk bawa pakaian yang menutup lutut dan lengan untuk dipakai saat berkunjung ke candi-candi di Angkor World Heritage.

Advertisement

Angkor Wat adalah tempat wajib explore kalau kamu backpacking ke Siem Reap. Keliling Angkor World Heritage juga wajib!

Angkor Wat via www.dinilint.com

Kalau datang ke Siem Riep wajib explore Angkor World Heritage Park. Candi yang paling terkenal adalah Angkor Wat. Orang-orang dari seluruh dunia datang ke Angkor Wat saat sunrise dan lanjut explore Angkor Wat sekitar 3 jam-an.

Ada juga Bayon dan Angkor Thom, candi dengan bentuk kepala manusia bermuka empat dengan senyum misteriusnya. Nah, kalau candi yang dijadikan lokasi syutingnya Angelina Jolie namanya Ta Phrom. Lokasinya di tengah hutan.

Angkor Thom via www.dinilint.com

Untuk masuk ke Angkor World Heritage kamu wajib beli day pass; one day pass 37 USD, 3 day pass 62 USD, 7 day pass 72 USD. Untuk keliling Angkor World Heritage paling asik pake tuktuk, untuk rute Angkor Wat, Bayon, Angkor Thom, Ta Phrom cuma 20 USD dan bonus air minum. Bisa juga ikutan tur lok al 13 USD per orang.

Keliling downtown Siem Reap pakai tuktuk atau sepeda. Bisa pesen tuktuk online dengan aplikasi.

Tuktuk atau remork di Kamboja via www.dinilint.com

Untuk explore kota Siem Reap, kamu bisa manfaatin tuktuk. Ada aplikasi online lokal bernama PassApp untuk pesan tuktuk online dan harganya jauh lebih murah daripada tawar-menawar langsung dengan sopir tuktuk. Kamu juga bisa sewa sepeda dengan harga sekitar 2-3 USD untuk seharian.

Siem Reap punya aneka jenis pilihan makanan. Makanan kaki lima mulai dari 1 USD, junk food sekitar 3-5 USD.

Street food di Siem Reap via www.dinilint.com

Siem Reap punya banyak pilihan makanan, mulai dari makanan lokal di pinggir jalan, makanan India, makanan Korea, sampe junk food seperti KFC dan Burger King. Harga makanan paling murah adalah 1 USD, harga junk food sekitar 3-5 USD, harga makanan di resto sekitar 6-9 USD.

Exploer Siem Reap paling enak sekitar 3-4 hari aja. Siapin satu hari penuh mulai dari sunrise sampe sore untuk explore Angkor Wat dan teman-temannya. Penginapan di Siem Reap murah dan bagus-bagus banget. Bawa 200 USD cukup banget lah untuk explore Siem Reap dengan nyaman. Yuk!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE