Panduan Budget Berlibur ke Pulau Komodo. Begini Trik Biar Kamu Bisa Hemat Banyak!

Reportase Jelajah Wisata Labuan Bajo Bagian 2

Hipwee Travel mulai bulan ini akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia. Kami menamainya Reportase Jelajah Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Untuk destinasi pertama pilihan kami jatuh ke Labuan Bajo, tempat wisata hits yang sering disebut surga yang tertinggal di dunia. Ada 4 tulisan di Reportase Jelajah Wisata Labuan Bajo. Simak tulisan kedua yang akan berisi panduan budget untuk liburan ke Pulau Komodo. Yuk simak!

Artikel Pertama : Pulau Padar, Salah Satu Pulau Paling Instagramable di Indonesia. Begini Potret Pesonanya yang Tiada Tara!
Artikel Ketiga : Kisah Misteri yang Dialami Kapten Kapal di Lautan Pulau Komodo. Cukup Serem Juga Sih!
Artikel Keempat : Dampak Turisme Massal di Pulau Komodo: Sampah yang Menumpuk dan Pergaulan Bebas ala Barat!

Pulau Komodo adalah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi di Indonesia. Gugusan pulau-pulaunya yang indah, komodo hewan purba yang masih tersisa, hingga bawah lautnya yang luar biasa, adalah sederet alasan mengapa kamu harus datang ke sana. Minimal seumur hidup sekali. Memang sih, pulau ini cukup jauh dari Jakarta atau bahkan Medan. Berada di Indonesia bagian timur, biaya liburan ke sana tentu bakalan menguras kantong kamu hingga kering. Benarkah demikian?

Advertisement

Harus diakui sih, liburan ke Indonesia timur lebih mahal dibanding ke Asia Tenggara. Tapi sebagai warga negara Indonesia, masa nggak mau sih datangin ‘surga yang tersisa’ di nusantara ini? Padahal, turis asing saja banyak yang datang, berlibur dan bahkan ada yang menetap di sana. Hal itu dikarenakan Taman Nasional Komodo memang sangat layak jadi tujuan traveling bagi turis mancanegara. Bagaimana dengan kamu?

Oke, biar kamu nggak khawatir masalah biaya, kali ini Hipwee Travel bakal memberikan panduan biaya berlibur ke Labuan Bajo dengan hemat. Bisa lah ya tahun depan ke sana. Nih simak ulasannya!

Advertisement

Biaya yang paling mendasar tentunya biaya pesawat. Mulai sekarang sudah ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Labuan Bajo lho!

bandara komodo via www.vistabeoge.com

Tiket pesawat dari Jakarta ke Labuan Bajo sudah bisa langsung lho. Memang sih harganya nggak murah, mulai dari 1,5-2 jutaan sekali jalan. Kalau PP sih bisa 3-4 juta ya tiket pesawat doang. Ya kalau harga udah nggak bisa diotak-atik sih. Solusinya sih ya pesan jauh-jauh hari dan cari promo tiket ke Bali. Sering banget kok ada promo Jakarta-Bali. Kalau beruntung bisa sih dapat ke Bali PP 600 dari Jakarta. Dari Bali sambung Labuan Bajo sekitar 1,4 PP. Kalau promo dapat deh 2 juta PP dari Jakarta tuh. Hehe. Asal transit Bali.

Setidaknya luangkan 1 hari sebelum dan sesudah sailing trip. Ya biar kamu bisa menikmati Labuan Bajo dengan puas. Menginap di hostel oke juga kok (sama bule lagi). Hehehe…

hostel backpacker aja via www.booking.com

Ketika ingin berlibur di Labuan Bajo, setidaknya kamu harus meluangkan 2 hari sebelum dan sesudah trip. Nggak usah nginep di hotel mahal (standar Labuan Bajo 400-500 ribuan). Usahakan nginep di hostel yang harganya 150 ribu aja per malam. Toh paginya biasanya dapat sarapan berupa roti dan teh/ kopi. Total 2 malam biayanya 300 ribu. Malah asyik bisa tidur sekamar sama bule (karena sekamar biasanya ada 4 atau 6 bed). Lumayan lah biar nambah skill bahasa asing. Hehehe.

Nah, hati-hati soal makan ya. Harga makanan Padang dan juga ayam cukup mahal. Mending cari aja tempat makan lesehan di pinggir jalan yang biasanya make gerobak

makan ikan via kk-tour.com

Hindarilah warung makan Padang di Labuan Bajo karena magal banget. Saya sendiri pernah makan nasi padang dengan lauk paru saja harganya 70 ribuan. Ayam dan daging-dagingan sangat mahal di bajo, lebih dari 30 ribuan. Sementara itu, harga ikan lebih murah. Karena pas sailing trip udah disediakan makan selama 3 hari, kamu tinggal mikir makan di hostel aja. Carilah tempat makan pinggir jalan yang biasanya jual nasi campur. Cukup 15 ribu rupiah kamu sudah kenyang banget. Empat kali makan cukup 60 ribu saja.

Advertisement

Sailing Trip emang nggak bisa ditawar lagi. Harganya sih biasanya memang untuk trip sekitar 8-10 orang. Makanya kalau ke sana barengan sama temen atau ikut trip aja

sailing trip komodo via kk-tour.com

Nah, mari kita bahas tripnya. Sailing trip Komodo adalah berlayar dengan kapal selama beberapa hari (umumnya 3 hari 2 malam) di sekitar Taman Nasional Komodo. Destinasi yang dituju adalah Pulau Kelor, Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Komodo, Pink Beach, Manta Point, Taka Makassar, Gili Lawa, Pulau Kanawa dst. Namanya sailing trip ya semua aktivitas dilakukan di kapal, mulai dari makan, toilet, mandi, termasuk tidur juga di kapal.

Harganya bervariasi tergantung kualitas kapal dan jumlah penumpang. Normalnya sih harga berkisar antara 2 juta-3 juta per orang. Harga 2 jutaan nggak pakai AC, sementara di atas 2,5 biasanya sudah pakai AC. Pegang aja standar harga ini. Nggak usah tergiur yang jauh lebih murah misal 1,7 atau 1,8. Ikut aja harga normal karena pelayanannya standar sesuai harga. Kamu pilih aja yang 2 juta aja, yang nggak pakai AC. Asal batasnya nggak sampai 2,5 juta sih ambil aja. Karena jumlah penumpang juga mempengaruhi, semakin sedikit makin mahal.

Begini perhitungan total biaya yang kamu keluarkan ketika liburan ke Labuan Bajo. Bisa sih lebih ngirit lagi, asal kamu datang dengan banyak orang

tota biaya via www.instagram.com

Dari penjabaran di atas, yuk kita jumlahkan biaya yang mesti kamu keluarkan untuk sailing trip ke Labuan Bajo.

Pesawat : 2.000.000

Hostel : 300.000

Makan : 60.000

Sailing trip : 2.000.000

_____________________ +

Total : 4.360.000

Ini berlaku untuk kamu yang tinggal di Jawa terutama Jakarta, Bandung atau Jogja. Kalau kamu tinggal di Bali atau Lombok ya harganya lebih murah lagi.

Gimana, menurut kamu? Mahal atau murah? Labuan Bajo memang cukup berbeda dengan yang lain karena harus sailing trip. Kalau kamu rajin menabung, tahun depan bisa lah liburan ke sana. Yuk deh, kita nabung!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE