Panduan Liburan Tahun 2020, Mulai Januari-Desember. Tempatnya Romantis, Budgetnya Minimalis!

Panduan Liburan Tahun 2020

Tahun 2020 sudah datang, saatnya kamu merencanakan liburan. Mumpung masih awal tahun, ada baiknya kamu sudah merancang jadwal liburan tahun ini. Biar bisa siapin tiket liburan segera, mending kamu list dulu deh destinasi yang akan kamu datangi tahun ini. Kalau kamu siapin dari sekarang bakalan lebih murah mewujudkannya.

Advertisement

Hipwee Travel akan memberikan panduan liburan di Indonesia selama setahun, mulai dari Januari sampai Desember 2020. Destinasi ini pada prinsipnya murah-murah sih, pinter-pinter aja kamu berhemat. Asal kamu pinter aturnya, tiap bulan kamu cukup menyisihkan minimal 500 ribu sampai 2 jutaan untuk liburan tiap bulan. Tapi ya nggak perlu tiap bulan juga sih. Setahun 3-4 kali udah cukup banget kok.

Langsung simak aja deh ulasan Hipwee Travel berikut.

Bulan Januari: Menikmati akhir pekan di Batu dan Malang

florawisata san terra via www.instagram.com

Batu Malang punya banyak wisata modern dan alami. Di musim hujan begini, kamu bisa banget liburan ke destinasi berkonsep indoor seperti Jatim Park di Batu atau ke taman-taman bunga di Pujon. Salah satunya Florawisata San Terra yang baru saja dibuka akhir tahun.

Bulan Februari: Hirup segarnya udara dan alam hijau di Ciwidey Bandung

driam riverside via www.instagram.com

Ciwidey punya banyak sekali destinasi wisata kekinian yang bisa kamu nikmati untuk liburan. Sebut saja Barusen Hills, D’riam Riverside, Palalangon Park, Teras Bintang dan lain sebagainya. Penginapan lucu dan glamping juga banyak banget. Meski masih musim hujan, staycation di Ciwidey masih asyik kok. Seger banget suasananya.

Bulan Maret: Liburan hemat di Ubud Bali nan romantis

Maret adalah musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Jadi cuaca sudah bagus dan langit cerah. Cocok banget kalau kamu liburan ke Ubud, Bali. Berada di tengah sawah dan hutan Ubud yang permai setelah musim hujan bakalan indah banget sih. Kata siapa mahal? Banyak kok hostel dan makanan murah di sana.

Bulan April: Berburu golden sunrise di Gunung Prau

gunung prau via travel.detik.com

Bulan April saatnya mendaki gunung. Gunung Prau di Wonosobo sudah dibuka di bulan April dan pas banget buat trekking ke sana. Meski ada banyak pilihan mendaki gunung di pulau Jawa, gunung Prau tetap jadi primadona karena punya keindahan alam yang luar biasa.

Advertisement

Bulan Mei: Menikmati pantai Laskar Pelangi di Belitung

selamat datang di Belitung! via anekatempatwisata.com

Libur lebaran mending datang ke pulau Belitung karena mengeksplore pulau ini cuma butuh 2-3 hari saja. Pemandangan pantai dengan batu-batu granit khas Laskar Pelangi ini memang cantik banget. Kalau belum pernah ke sana, yuk cobain tahun ini.

Bulan Juni: Menyelami indahnya bawah laut Karimunjawa

Musim kemarau paling enak nyemplung laut snorkeling di Kepulauan Karimunjawa. Pasir putih, pantai biru tosca, dan pulau pulau indah jadi garansi liburan yang menyenangkan. Meskipun tidak di pulau Jawa, toh jaraknya masih lebih dekat ketimbang Nusa Tenggara atau Kalimantan.

Bulan Juli: Menjelajahi keindahan lekuk pulau Lombok

Lombok merupakan surga wisata yang dimiliki Indonesia dengan keindahan alam yang luar biasa. Liburan ke Lombok murah meriah lho, bahkan lebih mahal berlibur ke Bali. Main ke Gili Trawangan, pantai Kuta dan Gunung Rinjani bakal jadi pengalaman yang menyenangkan.

Bulan Agustus: Dieng Culture Festival adalah festival paling romantis

dieng culture festival via www.instagram.com

Bulan Agustus bulannya Dieng Culture Festival. Kamu bisa menyaksikan event yang romantis ini di tengah dinginnya Dataran Tinggi Dieng. Event ini berlangsung tiap tahun dan selalu diadakan di saat Dieng lagi dingin-dinginnya.

Bulan September: Mendaki Ranu Kumbolo nan cantik jelita

Ranu Kumbolo via www.youtube.com

Mendaki ke Gunung Semeru di musim kemarau tentu adalah waktu terbaik. Nggak perlu jauh-jauh ke puncak Mahameru, cukup ke Ranu Kumbolo aja udah cukup. Pemandangannya indah, perjalanannya juga relatif mudah.

Bulan Oktober: Pahawang, Maldives dari Indonesia

pulau pahawang via www.instagram.com

Bulan Oktober saatnya nyemplung laut di Pahawang, Lampung. Bawah lautnya cantik banget dan terumbu karangnya bagus. Jika kamu dari Jakarta, liburan ke Pahawang deket banget kok.

Bulan November: Liburan murah meriah di Jogja

destinasi hits di jogja via www.instagram.com

Jelang akhir tahun, liburan santai di akhir pekan ke Jogja bisa jadi liburan singkat yang menarik. Ada berbagai destinasi wisata hits di Jogja yang harus kamu datangi mulai dari Sleman di utara sampai Gunungkidul di pojok selatan sana. Lagipula liburan ke Jogja ngirit banget.

Bulan Desember: Tahun Baruan di Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi via www.nativeindonesia.com

Tahun baruan ke Banyuwangi menarik juga nih. Mendaki Ijen sembari menikmati keindahan Blue Fire patut kamu coba. Kamu bisa menyaksikan matahari terbit di tahun baru dari balik pulau Bali. Seru banget!

Jadi tahun 2020 mau ke mana nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE