Panduan Packing Praktis Sebelum Liburan. Dijamin Nggak Rempong Lagi Deh!

Cara packing praktis

Buat aku pribadi, hal paling nyebelin dari sebuah perjalanan adalah saat packing. Packing barang bawaan ini seperti memasukkan hidupmu selama beberapa hari ke dalam satu tas. Pengennya semua barang dimasukkin ke dalam tas dan dibawa travelling. Siapa tahu butuh ‘kan? Tapi ‘kan nggak bisa dibawa semua.

Advertisement

Tapi di sisi lain, bawa terlalu banyak barang bawaan saat travelling juga sangat merepotkan. Kalo bisa sih bawa satu tas ukuran sedang aja kalo travelling. Emang bisa? Asal tahu caranya bisa dong. Nih aku mau kasih panduan packing anti ribet di dalam satu tas saja. Yuk simak biar packing nggak jadi masalah lagi saat mau traveling.

Hal pertama, perhatikan kamu bakal pergi ke mana. Destinasimu menentukan barang bawaanmu.

Sebelum travelling kamu harus perhatiin kamu bakal pergi ke tempat seperti apa, bagaimana cuacanya, bagaimana adat budaya di daerah sekitar sana. Misal, travelling ke Aceh tapi bawanya hot pants, ya nggak bakalan bisa kepake. Atau travelling ke Dieng tapi nggak bawa jaket. Barang bawaan ditentukan dari destinasi tujuannya.

Tentukan jumlah barang bawaan yang tepat. Bawa secukupnya aja biar nggak kebanyakan barang bawaan.

Packing | Photo by Ketut Subiyanto via www.pexels.com

Biasanya yang suka dibawa berlebih sih baju. Kalo aku biasanya punya formula tertentu untuk nentuin mau bawa baju berapa; 3 bawahan, maksimal 7 atasan, 1 outter atau jaket, ditambah beberapa underwear, baju renang kalo ke pantai, coat kalo ke negara dingin.

Advertisement

Pilih baju dengan tone warna yang sama. Main mix n match baju biar barang bawaannya dikit.

Paling aman sih bawa baju polos atau baju-baju dengan warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu yang pasti masuk kalo di-mix n match dengan motif apa aja. Tapi kalo warna netral terlalu ngebosenin dan baju polos terlalu boring, bisa juga nentuin satu tone warna baju. Misal, berhubung mau pergi ke pantai jadi pengennya baju-bajunya yang punya tone warna cerah, jadi bawa aja baju dengan tone warna kuning. Jadi aku bisa main mix and match baju saat travelling. Tahu dong, salah satu kebutuhan travelling adalah foto yang bagus dengan outfit yang chic.

Pilih baju berbahan ringan, supaya bawaannya enteng. Pilih baju yang gampang kering, biar cepet kering kalo dicuci.

Pilih baju yang mudah kering | Photo by Liza Summer via www.pexels.com

Aku juga milih bahan baju yang ringan supaya bawaan nggak berat, baju yang nggak mudah kusut jadi nggak ribet nyari setrikaan dan mesti menjalani ritual setrika baju di tempat tujuan, dan baju yang gampang kering karena kalo sempat aku pasti bakal nyuci baju. Nyuci satu baju yang dipake tiap hari saat mandi nggak berat kok.

Bajunya jangan dilipat. Tapi digulung sedemikian rupa sehingga ngirit ruang.

Bajunya digulung | Photo by Francesco Paggiaro via www.pexels.com

Advertisement

Baju-baju ini jangan dilipet, tapi digulung. Baju dilipat jadi tiga kemudian digulung sampe jadi volume terkecil. Cara gulung-menggulung ini bisa dilakukan ke semua baju. Coba deh cek video Youtube-nya Marie Kondo untuk ditiru cara lipat bajunya.

Pilah barang bawaanmu ke dalam pouch-pouch terpisah. Barang bawaan lebih rapi dan lebih ringkas.

Pastikan kamu punya travel pouch, semacam kantong-kantong ajaib yang membuat barang bawaan nggak berantakan dan lebih ringkas. Pouch-pouch ini dipilah sesuai dengan isinya, misal pouch untuk baju, pouch untuk underwear dan baju renang, pouch untuk peralatan mandi, pouch untuk make up, pouch untuk barang elektronik, dan pouch untuk sepatu/sandal. Untuk peralatan mandi dan make up, pastikan kamu cuma bawa botol kemasan kurang dari 100 ml. Selain lebih ringkas dan ringan, ada peraturan penerbangan yang melarang membawa cairan dalam botol kemasan lebih dari 100 ml ke dalam cabin pesawat.

Perhatikan teknik memasukkan barang ke dalam koper/ransel. Barang-barang besar duluan ya.

Perhatikan urutan memasukkan barang ya | Photo by Gabby K via www.pexels.com

Kalo semua barang udah dimasukkin satu persatu ke dalam travel pouch, sekarang ditata aja. Mulai masukin barang yang paling berat dan volumenya paling besar. Barang-barang yang lebih kecil bisa diselipin di antaranya. Hal ini berlaku sama baik untuk koper maupun ransel.

Bawa tas kecil yang berisi barang-barang penting yang nggak boleh ilang. Pilih yang gampang dibawa biar nggak ribet dan pasti nggak ketinggalan.

Bawa tas kecil untuk barang penting | Photo by Daria Shevtsova via www.pexels.com

Inget juga untuk membawa tas kecil atau bahasa kerennya carry on bag. Kamu masukin benda-benda yang nggak boleh ilang seperti dompet, HP, paspor dan benda-benda yang kamu selalu butuhin selama perjalanan seperti pembersih tangan, obat-obatan, charger HP, dll.

Gimana? Gampang kan jalan-jalan tanpa bawa banyak gembolan. Kalo kamu belum ada rencana untuk travelling dan belum butuh packing, simpen dulu ya cara-caranya. Suatu hari pasti berguna lho.

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE