Ngobrol selama travelling itu sudah semacam kebutuhan ya. Entah ngobrol sama travelmate atau sama orang asing yang baru kita temui selama perjalanan. Kalo ngobrol sama travelmate, yang emang jadi temen jalan kita dari awal perjalanan bahkan sampe akhir, tentu bukan perkara yang susah. Nah, kalo ngobrol sama orang asing berani nggak? Berani nggak ngajak ngobrol bule? Hehehe.

Kali ini Hipwee Travel mau berbagi tutorial tentang cara ngobrol sama orang asing. Oh ya, di sini orang asing-nya beneran orang asing ya, orang luar Indonesia. Atau sering kita sebut dengan bule. Kenapa yang dibahas cuma bule doang sih? Ya karena kalo ngobrol sama bule bahasa ibunya jelas beda sama kita, budayanya beda, dan cara berpikirnya mungkin juga beda. Hal itu merupakan suatu pengalaman yang menantang. Jadi gini nih step by step-nya. Simak dan praktekkan ya!

Advertisement

1.Senyum dan tatap matanya. Pastikan si bule tahu kalo ada kamu di dekatnya.

Senyum yang lebar via www.visitingnewengland.com

Hal pertama yang harus kami pastikan sebelum ngobrol dengan bule adalah, pastikan si bule itu ngelihat kamu. Takutnya ntar kamu ngobrol sendiri, sedangkan si bule nggak tahu bahwa kamu lagi ngajak ngobrol kamu. Cara tahunya kalo si bule sadar ada kamu ya dengan melihat tatapan mata si bule. Kalo dia lihat kamu, berarti si bule sadar ada kamu di dekatnya. Jadi balesin dengan senyum dan tatap matanya balik ya.

2.Memulai pembicaraan dengan say “Hello. How do you do?”. Jangan takut say “Hello” duluan.

Advertisement

Kalo udah saling sadar akan kehadiran satu sama lain, ada baiknya kamu say hello. Kalo si bule bales hello atau minimal senyum, kamu kasih sapaan selanjutnya, “How do you do?”. Atau kalo keduluan si bule yang say hello duluan kamu jawab aja, I’m fine thank you. Ini kalo bule-nya bisa bahasa Inggris ya. Untuk kasus bule yang nggak bisa bahasa Inggris, dia biasanya cuma senyum aja dan melambaikan tangan, atau ngomong dalam bahasanya sendiri. Boleh dilanjutin ngobrolnya pake bahasa tarzan, atau bahasa tulisan pake google translate.

3. Tanyain, lagi liburan atau lainnya? Bahan obrolan lanjutan setelah say hello.

Are on holiday? via www.dinilint.com

Kamu bisa lanjutin pembicaraan dengan menanyakan bahwa dia lagi liburan atau nggak. FYI, nggak semua bule yang kelihatannya sedang travelling, sedang benar-benar travelling atau backpacking. Ada beberapa dari mereka yang sedang melaksanakan tugas volunteer atau bekerja di negara asing. Biasanya di waktu luangnya, mereka manfaatin buat main ke tempat-tempat wisata. Hal ini bisa jadi bahan obrolan selanjutnya.

4. Kunci utama ngobrol sama bule adalah PD. Anggap ngobrol sama temen sendiri jadi dibawa santai aja

Anggap ngobrol sama temen sendiri via www.kadekarini.com

Ngobrol sama bule itu sebenernya sama seperti ngobrol sama temen sendiri sih. Bedanya di bahasa dan jenis guyonan yang dipake. Budaya kita sebagai orang Indonesia juga beda dengan budaya bule. Pola pikirnya juga beda. Hal ini bisa jadi bahan obrolan seru sih. Karena sesuatu yang beda itu malah bikin kita tambah kaya dan wawasan kita semakin terbuka. Satu hal yang patut dicatat, yang penting pede. Anggap aja temen sendiri. Kalau nggak pede pasti susah.

5. Nggak usah minder gara-gara grammar kamu kacau. Nggak terlalu penting kok, yang penting dia paham maksud kamu

bule itu artinya apa sih? via cdn.brilio.net

Kadang kita khawatir ngomong pake bahasa Inggris itu karena takut grammarnya nggak benar. Padahal orang bule juga nggak semua kok grammarnya benar. Nggak terlalu penting itu dalam percakapan sehari-hari. Yang penting lawan bicara paham maksudmu dan kamu paham maksudnya. Nggak usah dibikin repot. Hehehe.

6. Kalo dia nggak suka, jangan maksa. Masih banyak bule lain yang mau diajak ngobrol.

Nggak perlu maksa ngobrol, kalo mereka lagi nggak pengen ngobrol via www.dinilint.com

Kalo kamu mau ngobrol sama bule, pastikan kamu punya pikiran yang terbuka. Termasuk kamu harus legowo kalo ternyata si bule lagi males ngobrol dengan orang asing dan memilih untuk nggak melanjutkan bahan obrolan. Atau mungkin si bule nggak suka dengan bahan obrolan basa-basi. Jadi kalo emang si bule nggak suka, jangan maksa ya. Cari aja bule lain, masih banyak kok orang asing yang suka ngobrol, bahkan butuh ngobrol dengan orang lain saat liburan.

Gampang kan cara ngobrol sama bule. Kamu cobain deh step by step-nya di liburan selanjutnya. Yang jelas tetep sopan dan punya pikiran terbuka ya.  PD aja dan nggak usah mikirin grammar. Oke, selamat traveling dan mencoba ngobrol sama bule. Siapa tahu dia jodoh kamu. Eeeaa

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya