Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Untuk destinasi bulan ini pilihan kami jatuh ke Belitung, pulau Laskar Pelangi yang begitu mempesona. Simak artikel ketiga kali ini tentang panduan wisata ke Belitung buat solo traveler. Murah meriah lho nggak nyampai 700 ribuan!

Liburan ke Belitung sendirian, siapa takut? Yap, kamu yang suka traveling sendirian harus cobain ke Belitung. Aman, nyaman dan harganya terjangkau kok. Di negeri Laskar Pelangi ini, kamu bisa banget solo traveling. Jalanan mulus, lokasi wisata bisa ditemukan dengan mudah, dan orang-orangnya ramah. Spesialnya lagi, kuliner Belitung lezat banget dong. Nggak percaya, cobain sendiri deh.

Advertisement

Kali ini Hipwee Travel mau kasih panduan singkat buat solo traveler yang mau liburan ke Belitung selama 3 hari. Cukup dengan uang 700 ribu saja, kamu sudah bisa mengeksplore Negeri Laskar Pelangi. Total budget di artikel ini belum termasuk tiket pesawat ya. Yuk simak deh ulasannya!

Hari pertama, pesawat mendarat di Bandara Tanjungpandan. Hari pertama gunain deh buat menikmati pantai-pantai indah di Belitung

Tanjung Kelayang, Belitung. via www.asherwisatabangka.com

Ambil penerbangan paling pagi dari Jakarta biar nyampai Tanjungpandan masih pagi juga. Tiket pesawat ke Belitung dari Jakarta relatif murah, sekitar 300-500 ribuan aja. Sampai di bandara, kamu bisa naik bus Damri warna biru di depan bandara Tanjungpandan. Spesialnya, bus ini gratis lho dan bakal mengantarkanmu di depan hotel yang kamu inapin di Belitung. Baik banget ‘kan bisnya? Lumayan ngirit biaya dari bandara ke kota. Kalau kamu sewa motor, kadang bisa juga lho dianterin ke bandara motornya. Baik banget ‘kan? Emang Belitung banyak orang baik.

Untuk penginapan sendiri banyak banget kok yang bisa kamu tinggali. Cari aja lewat aplikasi Airy Rooms atau Reddoorz. Kamu bisa dapat penginapan seharga 150 ribuan aja.

Advertisement

– Hotel 2 malam : 300.000,-

Agenda pertama, menelusuri pantai-pantai indah di Belitung. Mulai dari Pantai Tanjung Kelayang sampai Pantai Tanjung Tinggi, pantainya Laskar Pelangi

pantai tanjung tinggi via www.hipwee.com

Buat kamu yang traveling sendiri, tampaknya ide untuk island hopping di sekitar Belitung bukan ide yang bagus. Selain sewa kapal lumayan mahal, waktu yang dibutuhkan pun cukup lama. Lebih baik kamu santai di pantai Tanjung Kelayang dan pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Tinggi punya batu-batu besar yang instagramable dan jadi syuting film Laskar Pelangi. Tiket masuk ke pantai ini pun gratis lho. Untuk menuju ke sana, kamu cuma butuh waktu berkendara selama kurang lebih 1 jam dari Kota Tanjungpandan.

– Sewa Motor 2 hari : 200.000,-

– Makan siang dan malam : 50.000,-

Hari kedua, saatnya melaju motor ke Belitung Timur. Ada replika sekolah Laskar Pelangi, Museum Kata dan Kampung Ahok

replika sekolah laskar pelangi via www.hipwee.com

Hari kedua saatnya memacu motor menuju ke Belitung Timur. Di sana kamu bakal menemukan replika sekolah Laskar Pelangi. Sekolah ini dulu jadi lokasi syuting film yang menceritakan tentang anak-anak sekolah di Gantong tersebut. Tiket masuknya cuma 5 ribu aja.

Setelah itu kamu bisa datang ke Museum Kata Andrea Hirata yang lokasinya tidak jauh dari situ. Tiket masuknya lumayan mahal sih, 50 ribu rupiah. Selanjutnya ada Kampung Ahok yang bisa kamu datangi di Belitung Timur. Kalau di Kampung Ahok tidak dipungut biaya alias gratis. Nah, jangan lupa kamu harus balik ke Tanjungpandan sebelum malam ya. Soalnya sepi banget jalannya.

– Makan siang dan malam : 50.000,-

– Replika sekolah : 5.000,-

– Museum Kata : 50.000,-

– Bensin selama 2 hari : 60.000,-

Hari terakhir, saatnya kembali ke kota asal. Jangan lupa mampir ke Danau Kaolin. Balikin motornya cukup taruh di bandara aja

danau kaolin via www.hipwee.com

Danau Kaolin ini sebenarnya bukan tempat wisata ya, melainkan lokasi pertambangan di Belitung. Jadi kamu nggak boleh turun ke bawah, hanya boleh liat dari tepi jalan. Pernah ada lho yang mengalami kecelakaan dan terjatuh ke dalam danau. Tapi sebelum balik ke bandara, mending kamu mampir dulu deh. Lewat ke danau ini kok kalau mau ke bandara.

Total pengeluaran :

– Hotel 2 malam : 300.000,-

– Sewa Motor 2 hari : 200.000,-

– Makan siang dan malam : 50.000,-

– Makan siang dan malam : 50.000,-

– Replika sekolah : 5.000,-

– Museum Kata : 50.000,-

– Bensin selama 2 hari : 60.000,-

– Sarapan hari ketiga : 20.000,-


Total : 735.000,- untuk 3 hari

Gimana murah banget ‘kan? Yuk segera liburan ke Belitung!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya