Berlibur ke luar negeri kini sudah jadi tren traveling. Tiket pesawat yang lebih murah, kemudahan berbelanja, serta pengalaman berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda kulit, suku dan bahasa jadi beberapa alasan traveler Indonesia liburan ke luar negeri. Alasan yang paling penting tentu feed Instagram. Hehehe.

Salah satu negara tujuan wisata yang paling gampang diakses dari Indonesia adalah Singapura dan Malaysia. Kedua negara tetangga ini selain aksesnya cukup mudah, kita juga masuk ke sana bebas visa. Kali ini Hipwee Travel bakal kasih panduan liburan ke Singapura dalam sehari aja. Yap, kamu bisa banget berangkat pagi pulang malam dari dan ke Jakarta. Wah asik banget dong ya. Nggak perlu nginep. Bahkan budgetnya nggak sampai 500 ribu rupiah. Pasti kamu nggak percaya kan? Nih kita buktikan.

Advertisement

NB : Budget ini tidak menghitung tiket pesawat dari dan ke Singapura ya.

Berangkat pagi dari Jakarta, destinasi pertama yang bisa kamu tuju adalah Jewel Changi Airport. Ini destinasi spektakuler abis sih!

Jewel Changi Airport

Berangkat pagi pukul 7 dari Jakarta kamu akan sampai di Singapura 2 jam kemudian. Karena perbedaan waktu +1 jam, jadi jam 10 kamu sudah sampai di bandara Changi. Oke, perjalanan sehari keliling Singapura dimulai dari jam 10. Destinasi pertama adalah Jewel Changi Airport, destinasi wisata baru dengan taman-taman buatan dan air terjun buatan setinggi 80 meter. Masuknya gratis kok.

Kemudian, beli tiket MRT ke Orchard Road. Cari makan siang di sana aja

orchard road via www.booking.com

Untuk menuju ke Orchard, kamu perlu beli tiket MRT di Stasiun Changi. Turun di Orchard, lalu pesen tiket Singapore Pass untuk satu hari. Harganya cuma 10 dolar untuk satu hari bebas ke mana saja. Pake deposit 10 dolar juga. Kalau udah punya tiketnya lalu jalan-jalan dan cari makan siang di Orchard Road. Beli es krim 1 dolar yang terkenal di Orchard. Lalu makan siang di sana, fastfood aja. Rata-rata fastfood harganya berkisar 6-10 dolar. Oke anggap saja makan dan jajan 10 dolar Singapore ya.

Chinese and Japanese Garden cocok buat menunggu sore. Agak jauh sih lokasinya, tapi tetep gratisan tiket masuknya

chinese and japanese garden via www.digitalkaleidoscope.in

Advertisement

Udah capek sama rutinitas kota, mending melipir dulu ke Chinese and Japanese Garden. Agak jauh lokasinya, tapi nggak masalah selama kamu pegang Singapore Pass tadi. Kamu bisa menunggu sore di sana sampai sekitar jam 5-an, kemudian menuju ke Merlion Park.

Setelah beranjak sore segera main ke Garden by The Bay lalu ke Merlion Park. Jam 7 malam segera balik ke Changi Airport ya.

merlion park via blog.traveloka.com

Nggak lengkap kalau nggak mampir ke Garden by The Bay karena gratisan juga. Sore-sore jam 4-an gitu bakalan asik banget sih foto-foto di sana. Setelah itu pindah lagi ke Merlion Park, icon wisata Singapura. Nggak usah lama-lama di sana ya karena flight kamu jam 10, setidaknya jam 8 udah sampai di Changi. Jangan lupa beli makanan juga, atau makan di bandara juga nggak apa-apa (tapi mahal). Anggap aja 10 dolar juga.

Kalau sempet mampir ke Changi City Center, ada toko murah buat beli oleh-oleh seperti coklat seharga 1 dolar. Beli 5 dolar udah lumayan tuh oleh-olehnya.

Total biaya sehari di Singapura :

  • Singapore Pass : 10 SGD
  • Makan siang : 10 SGD
  • Makan malam : 10 SGD
  • Tiket MRT dari dan ke Changi : 5 SGD
  • Oleh-oleh : 5 SGD
  • Total : 40 SGD atau sekitar 350 ribuan saja

Gimana nih, murah banget kan liburan ke Singapura dalam sehari?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya